Ganti Judul dan ALt sendiri

Belajar Ngeblog Bersama Blogspedia Coaching, Kelas Blogger Super Keren

Belajar Ngeblog gratis

Kalau Teman Fillaah mengikuti Instagram saya selama 3 bulan terakhir, akan menemukan postingan-postingan dengan hashtag #blogspediacoaching4 dan mention akun @blogspedia. Ya, saya sedang mengikuti kelas intensif BlogspediaCoaching Batch 4. Kelas ini adalah kelas kursus untuk menjadi seorang blogger.

Saya sungguh merasa beruntung berada di kelas ini. Mimpi lama menjadi blogger yang telah terkubur seolah bangkit dan menemukan jalannya. Tidak disangka, hari ini saya sudah mengantongi pengetahuan dan teknik berharga untuk menjadi sebagai blogger pemula.

Cerita Kenal dengan Blogspedia

Perkenalan saya dengan Blogspedia berawal dari postingan di salah satu akun Instagram yang saya ikuti. Seingat saya akun personal yang membahas parenting. Akun tersebut menyebutkan tentang pengalaman mengikuti Blogspedia Coaching. Dari situ saya kepoin akun Blogspedia dan bertanya ke kak adminnya, kapan membuka Blogspedia Coaching lagi.

Admin menjawab kalau akan segera diadakan dan saya diminta untuk memantau pengumumannya di Ig Blogspedia. Akhirnya saya jadi suka cek di Blogspedia apa ada pengumuman pembukaan kelas baru.

Tak berapa lama kemudian, ada pengumuman akan dibuka kelas Blogspedia Coaching Batch 4. Kelas ini full gratis. Namun untuk bisa diterima di kelas itu harus mengikuti Blogspedia Challenge 4, yaitu event ODOP atau One Day One Post selama 15 hari.

Saya sempat maju mundur. Wow, harus nulis postingan blog selama 15 hari berturut-turut? Mana sanggup saya? Wong nulis aja jaraaang. Pernah ikut nulis untuk buku antologi, tapi berbulan-bulan baru bisa menyelesaikan naskahnya. Itu pun setelah jadi rasanya saya kapok nggak mau nulis lagi. Proyek menulis itu bikin kepikiran terus, pusing, nggak tenang.

Tapi entah apa yang membuat saya nekat, saya memantapkan hati untuk mengikuti challenge tersebut. Sepertinya hadiahnya yang berupa Golden Ticket ke Blogspedia Coaching 4 itu yang menjadi motivasi kuat saya. Saya sungguh-sungguh penasaran dengan yang namanya kelas ngeblog gratis itu.

Saat tahun 2010an pernah ngeblog. Dan blognya akhirnya mati karena tidak punya visi dan misi mau dikemanain. Mungkin karena inilah yang melecut semangat saya untuk belajar ngeblog lagi demi mencari tahu bagaimana cara menjadi blogger pemula yang benar.

Alhamdulillah masa begadang selama 2 pekan karena mengikuti Blogspedia Challenge berhasil saya lewati. Lega banget, tinggal menunggu panggilan kelas ngeblog gratis nih, pikir saya kepedean. Ah pokoknya harus diterima, kan udah ikut semua persyaratannya.

Blogspedia
Pengumuman Blogspedia Challenge 4 

Saat tiba waktunya pengumuman, alhamdulilah nama saya tertera sebagai salah satu penerima Golden Ticket Blogspedia Coaching Batch 4.

Tentang Blogspedia

Apa sih Blogspedia? Nama Blogspedia menjadi akrab di hari-hari saya saat ini. Blogspedia menjadi tempat saya kenal lebih dalam dunia blogging. Blogspedia memberikan pelatihan blogging khusus bagi pemula.

Blogspedia awalnya adalah personal blog yang dibuat oleh mom blogger bernama Marita Ningtyas. Mbak Marita inilah yang menjadi coach utama di Blogspedia Coaching. Beliau berdomisili di Semarang.

Pemilihan nama Blogspedia didasari pada kata penyusunnya yang singkat, mudah diingat, dan langsung memberikan makna yang jelas, yaitu ensiklopedia blog.

Tujuan awal mbak Marita Ningtyas membuat Blogspedia adalah untuk mencatat hasil belajar ngeblog dan ingin membaginya kepada teman-teman lain yang berminat belajar ngeblog dan para blogger pemula.

Sebagai blogger, mbak Marita sering mendapatkan pertanyaan tentang cara atau teknik berkaitan dengan utak-atik blog. Awalnya setiap pertanyaan tentang ngeblog dijawab melalui chat. Sampai akhirnya galeri hapenya dipenuhi dengan skrinshut tutorial ngeblog.

Dari latar belakang itu, mbak Marita berinisiatif membuat blog khusus dengan niche tutorial ngeblog. Akhirnya lahirlah Blogspedia.

Apa beda Blogspedia dengan tutorial blog lain yang tersebar di internet dan dikelola oleh para mastah blog? Blogspedia mengkhususkan target pada para blogger pemula atau newbie. Dalam keluarga Blogspedia, para newbie blogger ini kemudian disebut dengan Cupuers atau blogger cupu. Maksudnya tidak lain adalah blogger yang masih lugu dan awam tentang dunia blog.

Sementara itu, mbak Marita juga mengkhususkan panggilan untuk dirinya sebagai MomBlogger Cupu. Dengan panggilan khusus ini, makin mengerucutkan target audiencenya yaitu kalangan perempuan dan mommy-mommy.

Cara menjadi blogger pemula
Sosok MomBlogger Cupu di blog Blogspedia 

Lha kok coachnya Cupu? Berarti ga profesional dong? Tenang aja...meski coach Marita ini menjuluki dirinya sebagai MomBlogger Cupu, tapi kemampuan bloggingnya menurut penilaian kami, anak-anak blog asuhannya sudah profesional. Di salah satu blog yang saya baca, beliau  termasuk salah satu blogger perempuan inspiratif loh.

Tidak berlebihan jika menobatkan mbak Marita Ningtyas sebagai blogger perempuan inspiratif. Kalau dilihat dari blog pribadinya, setiap postingannya selalu all out, totalitas. Pembahasannya nggak setengah-setengah, selalu disertai Infografis, video, dan link yang berkaitan. Beliau aktif juga di komunitas blogger dan ringan berbagi seputar dunia blog. Achievement dalam bidang kepenulisan dan sebagai pemenang berbagai blog competition menguatkan branding nya sebagai blogger profesional.

Saya sendiri masih sering mbatin waah hebat ya coach ini, ditanyain kebuntuan apa aja, ya soal tips nulis, teknis ngeblog, dan kode-kode html, selalu bisa bantu dengan jawaban dan solusinya. Sebutan MomBlogger Cupu menurut kami hanya sebagai bentuk kerendahan hati beliau saja.

Apabila dalam hal coding misal beliau ada kendala, ada suaminya yang seorang programmer yang siap bantu istri tercinta. Jadi kami merasa aman dan bisa mengandalkannya untuk belajar ngeblog dari basic.

Saat membaca artikel tutorial di Blogspedia, pembaca akan disuguhi bacaan dengan bahasa yang ringan ala emak-emak. Jadi, bagi para ibu dan perempuan yang berminat belajar blog, Blogspedia  sangat recommended sebagai tempat yang nyaman buat bertanya dan sharing progress ngeblog. Tidak perlu spaneng dengan keruwetan dunia blog, karena akan dilayani dengan pengertian sesama perempuan.

Berkat kebaikan hati mbak Marita Ningtyas berbagi ilmu ngeblog secara gratis, saat ini Blogspedia telah meluluskan banyak blogger pemula yang memiliki kualitas bagus siap kerja. Dan Blogspedia menjadi lebih berkembang juga dengan kolaborasi bersama alumni Blogspedia Coaching menjadi keluarga Blogspedia yang makin solid.

Keluarga Blogspedia mayoritas dari kalangan muslimah. Ada Bapak-bapak juga, tapi masih belum banyak.

Bagi Teman Fillaah yang sedang mencari tempat belajar ngeblog gratis yang circlenya nyaman, tulus, dan memahami keterbatasan kita sebagai ibu-ibu rada gaptek, Blogspedia bisa menjadi pilihan yang tepat. Ingin bergabung juga? Siapkan dirimu dari sekarang!

Jasa Blogspedia

Tadi di awal saya menjelaskan bahwa Blogspedia adalah tempat belajar ngeblog gratis untuk pemula. Nah, ternyata Blogspedia juga menawarkan jasa lain selain coaching.

Jasa content writer
Cek Jasa Blogspedia 

Jasa yang ditawarkan Blogspedia masih berkaitan dengan dunia internet dan blogging /kepenulisan. Apa saja jasa yang bisa dipesan melalui Blogspedia? Simak ya!

Jasa Pembuatan Toko Online Murah

Bagi kamu yang ingin mempunyai toko online dengan tampilan kece seperti etalase marketplace, bisa pesan di Blogspedia loh. Dengan memiliki toko online yang displaynya cakep dan terlihat profesional, maka akan meningkatkan trust ke toko kamu.

Jasa Memasang Template Untuk Personal Blog

Ada blogger yang ingin punya tampilan blog yang unyu dan templatenya SEO friendly, tapi masih takut-takut buat utak-atik template sendiri. Jangan bingung, Blogspedia bisa membantu. Di sini menyediakan jasa membantu blogger memasang template blog impiannya.

Jasa Penulisan Artikel

Saat nyemplung ke dunia blog, saya jadi mengenal apa itu yang namanya ternak blog. Bagi blogger pro yang sudah mengelola beberapa blog atau sering disebut ternak blog, biasanya akan kesulitan untuk mengisi konten blognya secara rutin. Blogger seperti ini memerlukan jasa content writer atau penulis artikel blog. Tenang saja, Blogspedia bisa membantu menyediakan artikel berkualitas sesuai dengan pesanan klien.

Artikel yang dibuat di Blogspedia adalah artikel berkualitas karena ditulis oleh content writer yang sudah terlatih dalam menulis blog. Artikel blog berkualitas adalah yang sudah menerapkan kaidah SEO On Page dan telah menggunakan keyword yang relevan dan dicari.

Blogspedia Coaching

Ini adalah kelas ngeblog gratis yang mengajarkan cara menjadi blogger pemula. Di kelas ini peserta belajar ngeblog mulai dari nol hingga bisa mengerjakan konten blog untuk kerjasama pekerjaan dan mengikuti lomba blog. Blogspedia Coaching diselenggarakan setahun sekali. Tahun 2023 ini sudah memasuki tahun ke-4. Tiap batch diadakan selama 3 bulan berturut-turut.

Webinar Melalui Zoom Meeting 

Ada lagi persembahan Blogspedia untuk Cupuers yang ingin lebih produktif. Blogspedia menyelenggarakan webinar gratis seperti fotografi, kesehatan anak, parenting, dan lainnya. Untuk event ini diadakan secara insidental. Informasinya bisa dipantau melalui Instagram Blogspedia.

Challenge 

Blogspedia juga mengadakan challenge berhadiah untuk menstimulus para blogger berkarya. Ada event besar berupa ODOP (One Day One Post) yaitu challenge menulis konten blog setiap hari selama 15 hari. ODOP Challenge diadakan juga sebagai proses seleksi peserta Blogspedia Coaching. 

Ada juga Mini Challenge seperti pada peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia dan yang lainnya.

Bagi Teman Fillaah yang tertarik bekerja sama dalam memanfaatkan jasa Blogspedia, bisa langsung klik tautan Jasa Blogspedia ya. Di sana akan jelas rincian dan biayanya masing-masing.

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching

Teman Fillaah sudah punya gambaran kan tentang Blogspedia dari penjelasan saya di atas?

Saatnya saya berbagi pengalaman selama mengikuti kelas ngeblog gratis Blogspedia Coaching.

Kelas Blogging Pemula yang saya ikuti ini telah memberikan pengalaman luar biasa yang sungguh-sungguh berharga. Bukan saja tentang segala sesuatu seputar blog, tapi juga tentang manajemen diri.

Pengalaman mengikuti Blogspedia Coaching Batch 4 yang saya tulis ini adalah sebagai wujud terima kasih kepada keluarga Blogspedia yang telah memberikan bimbingan cara menjadi blogger pemula. Selain itu juga sebagai kenang-kenangan saya pribadi, untuk nostalgia keseruan belajar di sini, dan memberikan gambaran tentang Blogspedia Coaching kepada Teman Fillaah yang berminat belajar ngeblog.

Untuk lebih mudahnya, saya tuliskan poin per poin saja ya:

Kelas ngeblog gratis

1. Blogspedia Coaching disampaikan dengan materi yang runut dari yang paling dasar. Pemberian materi setiap hari Senin dan Kamis pagi. Senin dan Kamis malam adalah saat diskusi tentang materi. Setiap materi selalu ada tugas yang harus dikumpulkan pada batas waktu yang ditentukan, yaitu Rabu dan Sabtu tengah malam.

2. Demi mengerjakan tugas-tugas itu, hampir tiap malam selama 3 bulan ini saya begadang. Ini karena saya punya waktu yang benar-benar flow itu ketika anak sudah tidur malam. Jadi ya bela-belain nahan kantuk tiap hari. Waktu free adalah hari Ahad. Hanya di hari ini saya bisa tidur nyenyak.

3. Materi di Blogspedia itu komplit banget. Sangat terlihat totalitas dari para coach ketika menyajikan materi. Di materi-materi awal selain materi berupa artikel, juga ada video YouTube dan ringkasan berupa slide PPt dengan Infografis colorful yang enak dilihat. Ini memudahkan kami untuk lebih paham materi dan mempraktekkannya.

4. Pada awal kelas ada materi tentang adab seorang blogger. Ga nyangka banget di kelas ngeblog dikasih materi tentang adab, saya langsung merasa berada di circle yang tepat.

5. Di kelas ini banyak banget materi dan tugas menulisnya. Saya yang nggak pernah ikut kelas menulis merasa sangat terbantu. Sebelumnya saya punya keyakinan bahwa saya bukan orang yang bisa nulis. Nulis itu pekerjaan berat. Mereka bisa nulis tapi aku nggak akan bisa. Kalimat negatif itu yang tertancap di benak saya. Padahal di hati saya pernah punya cita-cita jadi penulis. Tapi saya selalu menjauh dari kelas-kelas menulis, merasa tidak mampu. Di Blogspedia Coaching yang saya pikir lebih belajar utak-atik blog, malah nyebur ke dunia menulis. Jadilah, ya sudah...mungkin memang waktunya saya ditatar buat nulis. Yang saya suka ternyata di sini diajari kalau nulis blog itu dibikin mengalir saja, nggak harus kayak artikel portal berita. Menulis pake gaya story telling lebih asik. Ini mungkin yang membuat saya akhirnya bisa menikmati proses menulis dan nggak tegang lagi kalau diberi tugas menulis.

6. Masih soal menulis. Saya sering bingung bagaimana harus memulai kalimat awal artikel dan bagaimana mengakhirinya. Trus bagaimana juga cara mengembangkan suatu tema tulisan. Setelah ketemu materi SEO On Page dan menulis outline, permasalahan itu benar-benar teratasi. Ternyata menulis itu pake rumus ya.

7. Tentang menulis lagi. Maaf ya saya bahas ini terus. Soalnya saya tu kagum pada proses diri saya sendiri, ternyata setelah dicoachingin kok ya bisa mengeluarkan kata-kata. Target minimal kata setiap bikin artikel di setiap tugas adalah 800 kata. Tapi saya malah sering turah-turah. Jadi kalo udah nulis malah susah nyetopnya gimana. Artikel saya selalu di atas 1200 kata. Ini saya perlu belajar lagi gimana biar bisa nulis yang lebih efektif dan nggak bikin bosan yang baca.

8. Menulis artikel blog tidak semudah nulis artikel media cetak. Kalau artikel sudah jadi masih harus menambahkan gambar, infografis, video, dan quote. Selain itu juga harus setting permalink, label, dan search description. Masih ada lagi, melengkapi gambar dengan title dan alt title. Padahal untuk menghasilkan artikelnya saja, butuh ide, riset keyword, riset materi, merangkai ide, menulisnya, dan editing. Jadi, untuk sebuah artikel blog, waktu 3 jam masih belum cukup kalau bagi saya yang newbie ini.

8. Menjadi seorang blogger harus bisa disiplin, bisa menentukan prioritas, dan bisa manajemen waktu dengan baik. 3 bulan ini saya mendidik diri untuk tegas dalam 3 hal tersebut.

9. Materi riset keyword yang semula saya sepelekan malah membuka mata saya ternyata menjadi blogger itu harus siap bertarung dengan ribuan atau bahkan jutaan penulis media online. Seorang blogger cupu ini berada di tengah pusaran bisnis media yang sangat besar dan saling berebut views dan pengaruh.

10. Selama ikut kelas Blogspedia Coaching, saya mengerjakan tugas hanya mengandalkan smartphone jadul. Ga modal laptop atau komputer desktop. Why? Laptopnya lagi rusak. Meski sekarang sudah oke, saya masih enjoy pake hape karena bisa mlipir dengan mudah dan dalam pandangan anak-anak nggak kelihatan terlalu kerja banget gitu. Jadi ngedit canva dan rapiin tulisan di post editor ya ngandalin si gepeng ini. Sempat frustasi pas ngerjain riset keyword. Alhamdulillah diajarin coach Yunniww gimana riset keyword pake kiwi browser di hp dan gimana ngintipin resultnya. Waktu tugas ganti template SEO friendly, saya sudah siap dengan bantuan warnet gaming. Dengan diantar anak lanang saya, malam-malam setelah balita bobok, langsung melipir ke warnet. Bener-bener ngerasa perjuangan banget. Pasalnya warnetnya isinya gamer yang suka teriak-teriak ga jelas, pake bahasa Suroboyoan yang aduhai bikin kuping sakit. Astaghfirullah terus yang terucap, sambil ngelus dada.

11. Tugas di Blogspedia Coaching tu menantang semua ya. Sak bingung-bingungnya kami, eeh ternyata setelah masa deadline ya udah, ga dipikirin lagi. Karena sudah fokus sama tugas baru lagi. Yang lalu berlalu lah, beneran lupa kemaren mumet tu karena disuruh apa ya? Saya merasa bisa kuat melalui tiap tantangan adalah karena iklim kelas yang saling support, saling bantu kalau ada teman yang buntu atau ada masalah.

12. Kami juga ada tugas blogwalking (bw). Jadi kami saling mengenal satu sama lain. Kami lebih mengenal teman sekelas melalui karakter tulisannya dan gaya bahasanya. Perlahan kami semakin akrab dan beberapa teman menjadi tempat curhat via personal chat saat menghadapi tugas yang bikin pusing. Teman sekelas saya alhamdulilah bermental pejuang semua. Semua orang sibuk di dunianya masing-masing. Setiap jam setor jelang jam Cinderella, para pejuang last minuts masih on meski sudah lelah dan mengantuk.

13. Oh ya, di kelas ini kalau tidak setor tugas tepat waktu beberapa kali bakal dikeluarkan. Itu sudah kesepakatan dari awal. Bisa dimaklumi ya, karena menurut saya ini kelas yang menuntut komitmen tinggi. Peserta harus siap terkuras energi dan pikirannya setiap hari. Ga boleh sambat alias berkeluh kesah. Kalau dipikir kenapa se-streng itu? Blogspedia mentargetkan lulusan Blogspedia Coaching sebagai blogger pemula yang siap bekerja dengan skill dasar yang dimilikinya itu. Jadi ini memang kelas kursus kerja beneran, bukan sekedar mainan curhat-curhatan di blog saja.

14. Salah satu materi yang menjerumuskan kami ke dunia nyata mencari cuan melalui blog adalah materi menaklukkan lomba blog. Ga tanggung-tanggung, semua peserta diwajibkan apply artikel ke panitia lomba dengan ketentuan persis ketentuan lomba. Bedanya kalau peserta lomba diberi waktu 1 bulan, kami dikasih waktu 1 minggu. Apalah daya, ya setor seadanya lah. Ga obsesi menangin lomba. Tapi buat teman-teman yang tulisannya dah oke, ini kesempatan buat menang lomba juga loh. Enak nggak tuh, ikut coaching udah gratis, berpeluang dapet hadiah uang tunai juga jika menang lomba.

15. Beberapa petuah dari para coach yang saya ingat adalah: 

setialah pada the big why -mu menjadi blogger. Satu lagi, seorang blogger harus memiliki  kemampuan literasi yang lebih baik daripada yang bukan blogger.

16. Tuntas 3 bulan program Blogspedia Coaching, blog saya yang awalnya kosong sekarang sudah berisi belasan artikel. Blog yang dulu tampilannya seadanya, sekarang sudah lebih betah buat dilihat. Dan dulu masih nggak tau mau dibawa kemana blog ini, sekarang sudah lebih punya tujuan karena sudah belajar tentang Personal Branding dan Blog Plan

17. Dulu nggak bisa pasang domain sendiri, sekarang sudah bisa beli dan pasang domain sendiri. Dulu cukup puas dengan template blog seadanya yang penting pretty good secara tampilan, sekarang sudah bisa nggaya hanya mau pasang template blog yang kategori ijo-ijo club di mata meta SEO Inspector. Alhamdulillah.

18. Kesimpulannya dari mengikuti kelas Blogspedia Coaching ini adalah: Ngeblog itu pekerjaan yang berat. Saya bisa memutuskan untuk tetap maju ngeblog karena sudah belajar basic blog dari suhunya blogger cupu, mengenal teman-teman seperjuangan yang kuat dan keren abis, dan mengenal para senior blog yang kita bisa belajar dari blognya, dan satu lagi yang masih menjadi harapan adalah bisa diterima di komunitas blogger cupu. 

Begitulah Teman Fillaah pengalaman saya selama menempuh perjalanan belajar bersama Blogspedia Coaching Batch 4 tahun 2023 ini. Seru nggak menurut kalian?

Jadi Blogger Keren Bersama Blogspedia

Setelah kelas 3 bulan selesai, peserta yang sudah dinyatakan lulus akan diperkenankan untuk menjadi keluarga Blogspedia dengan dimasukkan ke WAG Cupuers. Ingat ya, 3 bulan perjuangan meletihkan itu kita baru resmi menjadi blogger cupu.

Trus mau jadi blogger profesional kapan? Itu butuh proses panjang, teman. Setelah masuk grup Cupuers, nanti tetap ada target setoran postingan minimal sebulan 4 artikel. Bagus sih menurut saya idenya. Agar pelatihan selama 3 bulan itu tidak berhenti dan dilupakan begitu saja, jadi program saling support ngeblog harus dilanjutkan.

Dengan demikian para Cupuers tetap berproses memperbaiki karya dan kinerjanya. Kalau makin terasah dan mau upgrade ilmu dan skill kelas blogger advance, insya Allah seiring meningkatnya skill ngeblog, jam terbang dan pengalamannya, akan tiba saatnya menjadi blogger profesional.

Gimana Teman Fillaah, apa kamu juga tertarik untuk bergabung bersama Cupuers Blogspedia? Kalau punya minat belajar ngeblog, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk mendaftar di kelas Blogspedia Coaching Batch berikutnya ya. Kamu pantengin aja terus postingan di Ig Blogspedia untuk update informasi event lain dan seputar dunia ngeblog. Siapa tahu kita berjodoh dan bisa sama-sama jadi Cupuers. Ingat ya, Cupuers is blogger keren yang tahan gemblengan fisik mental dari coach yang baik hati dan keren juga. Salam sukses dan produktif selalu!

Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!