Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Pasang Google Analytics Terbaru, Blogger Wajib Tau!





Assalaamu'alaikum, Teman Fillaah! Buat kamu yang sedang belajar ngeblog, saya akan berbagi insight tentang Cara Pasang Google Analytics Terbaru. Materi ini adalah materi lanjutan atau bonus dari kelas Blogspedia Coaching yang saya ikuti. Masih ingat kan tentang kelas ngeblog super keren yang pernah saya ceritakan kemaren?


Materi Cara memasang google analytics GA 4 bisa dibilang materi yang teknis ya dalam dunia ngeblog. Prosesnya melibatkan utak-atik kode html juga. Sebenarnya saya enggan banget berurusan lagi dengan kode html yang selalu bikin deg-degan. Tapi gimana lagi, kalau Coach udah kasih materi, berarti memang materi ini penting buat pekerjaan ngeblog kita.

Untuk menghalau rasa malas mengerjakan hal teknis seperti ini, yang paling ampuh adalah dengan mengingat kembali pekerjaan teknis yang telah berhasil saya taklukkan. Misalnya memasang domain dan memasang template SEO Friendly, yang saat mengerjakannya saat itu beneran bikin nggak enak makan nggak enak tidur. Dan keberhasilan itulah yang jadi penguat keyakinan bahwa kali akan berhasil juga, dan hasilnya akan membuat kita hepi dan makin antusias ngeblog.

Jadi, buat kamu yang juga sempat ngerasa ogah-ogahan kayak saya, semangat lagi yuk! Untuk Teman Fillaah yang masih belajar memasang Google Analytics, boleh banget menyimak tutorial hasil belajar saya di kelas Blogspedia Coaching berikut ini.

Mengenal Google Analytics

Sebelum memasang Google Analytics, kita kenal lebih dekat dulu yuk dengan tools satu ini.

Mengutip dari web glints.com, Google Analytics merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google secara untuk mendapatkan report dalam bentuk data metrics. GA dirilis pada tahun 2006 dan menjadi salah satu layanan terbesar yang dapat diakses secara gratis.

GA dapat dikatakan menjadi salah satu tools yang powerful untuk pekerjaan di dunia digital. Dengan adanya GA, pekerjaan membuat report pun lebih mudah dan juga data yang diberikan pun sangat lengkap.

Report yang dimaksud adalah seperti data pengunjung secara mendetail berdasarkan demografisnya. Nanti kita bahas lagi.

Fungsi Google Analytics

GA berfungsi untuk mengetahui pertumbuhan followers, pertambahan visitor website, atau jumlah readers dalam sebuah blog ataupun social networks yang terhubung dengan Google. Google Analytics dapat digunakan atau disambungkan dengan Google Adwords, Blogger ataupun YouTube.

Dengan Google Analytics, pengguna bisa mengetahui growth platform (blog/website/aplikasi) yang dikelolanya sehingga bisa membuat analisa dan perencanaan yang lebih baik untuk bisnisnya.

Data dari Google Analytics

Data-data apa saja sih yang dapat ditampilkan dan dihasilkan oleh Google Analytics?
1. Sumber traffic
GA dapat menampilkan sumber dari traffic pengunjung website/blog. Dengan klik “Acquisitions” di sidebar sebelah kiri maka kamu akan melihat berbagai sumber dari pengunjung blogmu. Data yang ditampilkan oleh GA cukup akurat dan lengkap karena memindai dari lebih 20 search engine

2. Custom reports
Dalam custom reports, kamu dapat mengatur tampilan laporan apa yang sesuai dengan kebutuhanmu berdasarkan variabel bisnismu.

3. Social settings
Dengan menggunakan GA semua dapat ditelusuri secara terperinci visitors dari sisi sosialnya.

4. Add users
Pada tampilannya, Google Analytics dapat menambahkan user atau pengguna. Hal ini berguna untuk tim yang ingin bersama-sama mengelola blog.

5. Average time on the page
Merupakan sebuah metrics Google Analytics yang menampilkan informasi mengenai waktu. Waktu yang dimaksud adalah rata-rata waktu dari pengunjung yang mengunjungi blogmu. Ini bisa untuk mengukur tingkat ketertarikan pengunjung ke blog.

6. Interest
Laporan interest ini bisa memahami apa saja hal-hal yang disukai oleh pengunjung. Dengan begitu bisa digunakan untuk perencanaan membuat konten yang lebih terarah demi traffic yang semakin tinggi.
“If you want to connect with customers, it is necessary to have information about them (customer data).” (Antevenio on glints.com)
Sekarang lebih jelas kan, bahwa kehadiran Google Analytics ini memang sangat membantu para pekerja di dunia digital. Walaupun dapat diakses secara gratis, traffic atau report yang ditampilkan sangat lengkap.

Nah, makanya ayo semangat pasang segera!

Cara Pasang Google Analytics Terbaru

Berikut ini adalah tutorial Cara Memasang Google Analytics GA 4 untuk platform blogspot ya, teman. Karena di kelas Blogspedia Coaching saya belajarnya tentang blogspot, maka berbagi ya saya batasi khusus blogspot saja.
Sebelum memasang GA 4 ini yang harus dilakukan adalah simak dengan fokus penuh tutorialnya (sebaiknya versi teks dan video). Ingat-ingat istilah baru dan tampilan halaman. Ulang tutorial hingga paham sambil praktek. Jangan lupa baca bismillah dan berdo'a ya.
Pada pemasangan GA 4 ini, Coach Blogspedia Coaching mengintegrasikan GA 4 dengan Google Tag Manager (GTM). Jadi, akan ada 2 langkah pemasangan yang melibatkan pembuatan akun di website Google Analytics dan di Google Tag Manager.

Membuat akun Google Analytics

Silahkan masuk ke https://analytics.google.com
Google analytics GA 4
Home Page Google Analytics
1. Masuk ke admin, Create Account
Isi kolom yang tersedia dengan:
Account name, isi dengan namamu atau nama blogmu.
Centang opsi yg disediakan
Klik Next

2. Property Details
Isi:
Property Name, saya mengisinya dengan judul
Pilih Time zone Indonesia
Currency pilih Rupiah
Klik Next
Untuk account option kita lupakan saja karena kita nggak butuh lagi universal Analytics

3. Bussiness Details
Isi kolom sesuai niche blog kita
Bussiness size, isi juga sesuai kapasitas bisnis kita. Saya tentu pilih size paling kecil.
Klik Next

4. Business Objective
Langkah selanjutnya adalah melakukan setting business objective. Sebagai blogger kita cukup memilih Generate Leads saja.

Tapi kadang ada yang nggak berhasil ngecek page screennya, nanti seperti apa page viewnya. Nah teman2 pilih juga/klik Raise Brand Awareness
Klik Create

Pilih sesuai negara kita
Centang pojok kiri bawah
Save

5. Data Collection
Pada bagian Data Collection, kita pilih platform web (gambar icon bola dunia)


Blogspedia coaching


6. Create Data Stream
Selanjutnya kita lakukan pembuatan Data Stream dengan mengisikan url blog kita dan stream name
Klik create stream

Setelah membuat data stream kita akan mendapatkan informasi detail data meliputi Stream Name, stream url, Stream ID dan ID Measurenment.

ID Measurement ini akan kita perlukan saat mengisi data di Google Tag Manager nanti. Kamu bisa langsung copy dan paste di tempat yang mudah dijangkau ya.

7. Tag Installation
Pemasangan tag ini bertujuan mengumpulkan data pada blog kita untuk kemudian disajikan dalam grafik pada Google Analytics.

Pada tampilan Web Data Stream, silakan scroll ke bawah, maka akan ditemukan Menu Google Tag, pilih Configure Tag Setting, maka kita akan dibawa ke menu Google Tag. Selanjutnya pilih Installation Instruction
Untuk pemasangan tag ada 2 opsi. Untuk pengguna blogspot bisa memilih Tab Install Manually

Selanjutnya akan tampil script/kode html untuk dipasang pada blogspot.

8. Copy dan Parsing Script Kode Html
Sebelum memasangkan kode pada template blogspot, lakukan Parsing terlebih dahulu. Caranya, copy kode pada Script Tag Installation, buka halaman Parsing Tools lalu paste Script pada halaman kosong. Klik Parse. Setelah itu muncul kode html baru, silakan copy kode yang sudah di parse.
Parse HTML adalah mengubah suatu kode-kode HTML tertentu menjadi suatu kode dengan identitas unik. Tidak semua kode-kode HTML dapat di parse, hanya kode-kode tertentu saja yang dapat diparse. Tujuan parse kode adalah supaya web tidak error saat dibuka melalui browser. Selain itu parse html dilakukan dengan tujuan supaya kode html lebih SEO Friendly dan juga valid HTML5
Berikut beberapa kode yang di parse :
< berubah menjadi &lt;> berubah menjadi &gt;” berubah menjadi &quot;‘ berubah menjadi &#309;& berubah menjadi &amp;

9. Pasang Script Pada Template Blog
Langkah selanjutnya setelah kita copy script yang sudah di parsing, buka dashboard blog dan masuk ke theme/tema blog. 
Klik Customize
Klik Backup
Klik Edit html
Control F lalu ketik  <head>. 
Lanjutkan dengan paste script tag yang sudah di-copy tadi sesuai dengan petunjuk pada Tag Installation yaitu setelah  <head>. Lalu Save. FINISH

Kembali ke Home Google Analytics
Data masih menunggu untuk collecting setidaknya 1x24 jam
Yang kita pasang tadi direport bisa kita lihat
Cek sudah ada

Gererale Leads dan Raise Brand

Raise Brands untuk melihat page view pada artikel kita.
Untuk melihat apa sudah connect atau belum, kita lihat ke Admin
Pilih Debug View
Masih Waiting for Debug Events 
Masih butuh waktu ya untuk bisa connect

Untuk memastikan benar-benar terkoneksi dan berfungsi dengan benar, kita bisa juga melakukan pengecekan dengan menghubungkan Google Analytics GA 4 dengan Google Tag Manager (GTM). Caranya adalah dengan membuat akun GTM terlebih dahulu

Memasang Google Analytics 4  Menggunakan GTM

Google Tag Manager (GTM) sangat mempermudah proses integrasi sehingga membantu untuk kalibrasi google analytics. Untuk Memasang Google Analytics 4 (GA4) di Blogspot Menggunakan GTM, bisa mengikuti langkah berikut:

1. Create Account GTM
Untuk membuat akun Google Tag Manager kit abisa mengikuti langkah-langkah berikut:
Buka link https://tagmanager.google.com/ , lalu pilih Create Account
Selanjutnya lakukan pengisian data yang dibutuhkan dengan mengisi Account Set Up yang meliputi Account Name dan Country. Isikan sesuai dengan nama blog yang kita kelola.Setelah melakukan pengisian Set Up Account, 

Isikan Container Setup. Pada Container Name isikan blog kita, dan pada Target Platform, pilih Web. 

Klik Create, maka kita akan dibawa masuk ke GTM Term of Service Agreement. Silakan scroll ke bawah, lalu pilih I also Accept the Data Processing Terms….

Pada bagian kanan atas silakan pilih Yes.

Setelah klik Yes akan muncul pop up window dengan judul Install Google Tag Manager.

Pop up wondow ini memuat script kode html GTM yang perlu dipasang di blog kita. Ada 2 kode, yang satu dipasang di bawah <head>, dan satunya dipasang di bawah <body>,

2. Memasang Kode GTM di Blogspot

Setelah membuat akun, kita akan mendapatkan 2 kode GTM masing-masing untuk dipasang di bagian atas tag html </head> dan di atas bagian </body>.

Saatnya memasang script html GTM di blogspot. Langkah pertama, copy kode html. Pada tab lain, buka halaman parse untuk melakukan parse script Kode GTM yang kita dapatkan. Setelah di parse, copy kode GTM, lalu paste pada bagian sesuai dengan petuntuk

Silakan login ke dashboard Blogspot dan masuk ke Theme.
Pilihlah pilihan Edit HTML, maka kita akan dibawa masuk ke halaman kode HTML Blogspot milik kita.

Jika semua kode sudah dipasang pada blogspot template, klik save.

3. Membuat Tag untuk Google Analytics

Setelah selesai membuat akun GTM, kita kembali ke halaman depan GTM. Proses selanjutnya adalah membuat tag untuk google analytics

Klik Add new tag
Beri judul tag
Masukkan Tag Configuration
Pada sisi kanan kita pilih Google Analytics

Ada field measurement ID yang harus diisi (Copy ID yang tadi sudah disimpan di tempat aman. Jika tidak menyimpannya bisa langsung masuk akun GA, admin, data stream, measurement ID, copy, kembali ke GTM, paste)

Pada Field to Set pilih Add Row dan masukkan Field Name isi dengan Page View. Klik Ok
Pada bagian Triggering pilih All Pages (Page View), lalu pilih Save pada sisi kanan atas untuk menyimpan Tag yang sudah dibuat.

4. Cek Google Analytics GA 4
Untuk menguji apakah GA sudah connect atau belum, 
Caranya klik Preview di pojok kanan atas
Tunggu google Tag assistennya masuk 
Masukkan domain blog kita lengkap dr https
Klik Connect
Ketika connect akan dibawa masuk ke tag assistant kita ke blog kita
GTM

Biarkan ini aktif
Masuk lagi ke Google Analytics bagian admin
Klik Debug View
Sebelah kanan akan muncul garis seperti timeline vertikal 
Biasanya akan menunggu dengan adanya keterangan waiting for debug event

Untuk ngecek eventnya sudah jalan apa belum
Kita masuk ke tag assistant blog kita yang tadi
Klak-Klik di blog kita sendiri. Lakukan seperti blog walking. Misal akses menu home dan artikel.

Kembali lagi ke GTM.  Jika sudah muncul timeline vertikal baru yang ada penanda bullets biru, tandsnya event sudah berjalan. Itu menunjukkan hasil akses blogwalking kita tadi.
Cara Memasang Google Tag Manager
Tanda Event Google Analytics berjalan dan terhubung dengan blog

Ini tandanya GA kita sudah bisa connect dg blog


Jika sudah berhasil kembali ke GTM Workspace untuk langkah terakhir.

Klik Submit di bagian pojok kanan atas

Isi nama

Klik publish di pojok kanan atas

FINISH
GA 4

Mantap Melangkah dengan Google Analytics

Setelah berhasil memasang dan membuat tutorial  Cara Pasang Google Analytics Terbaru ini, saya merasa punya alat tempur baru sebagai blogger. GA 4 bisa diandalkan untuk mengetahui data aktivitas blog kita yang variatif secara akurat. Bagaimana denganmu, Teman Fillaah?
Apakah kamu juga bersemangat mengintepretasi data blog melalui Google Analytics? Semoga makin antusias ya ngeblognys. Sampai jumpa di tutorial ngeblog lainnya!

1 comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Alhamdulillah sudah terpasang, tinggal optimalisasi penggunaannya ya, Mbak 😁

    ReplyDelete