Ganti Judul dan ALt sendiri

Review Xiaomi Mi A1, Smartphone Yang Dulu Kubeli Setengah Hati, Ternyata HP Legend



Jualan online terus qodarullah hp yang biasa digunakan sehari-hari rusak, sedih tentunya. Apalagi hp lama kalau diperbaiki butuh biaya banyak juga karena kerusakannya fatal. Solusinya ya lem biru alias lempar yang lama beli yang baru haha. Ada-ada saja saran temanku itu. Tapi bener juga ya, enaknya memang beli baru meski yang lama tidak harus dilempar juga kali.

Saat akhirnya memutuskan untuk membeli hp baru, aku masih bimbang harus beli hp merk apa tipe yang mana. Selama ini kami sekeluarga tidak beralih dari hp buatan Korea. Tapi hp Korea kenapa aku selalu masalah dengan penyimpanannya yang cepat penuh, jadi harus rajin membersihkannya. Tapi aku tak punya keberanian untuk mencoba hp Cina yang sepertinya sedang trend saat ini, taku cepet panas dan cepet rusak.

Meski begitu aku penasaran dengan hp Cina terutama Xiaomi. Ini gara-gara adekku hp nya selalu Xiaomi. Aku pernah tanya ke dia kenapa pake Xiaomi dan ga pilih hp Korea saja? Katanya yg Korea itu mahal, Xiaomi sudah bagus kok. Heran juga aku dengan komentar dia seperti itu. Tapi ya udah deh percaya saja, anak IT mungkin memang lebih paham. Lalu aku minta rekomendasi hp Xiaomi yang bisa jadi pilihan. Dia merekomendasikan Xiaomi Mi A1, harga secondnya sekitar 1,5 juta. Loh kenapa second? Adekku memang selalu beli second. Katanya kondisinya masih bagus dan harganya turun banyak kalau Xiaomi dari harga barunya. Dan speknya lebih tinggi dari hp Korea.

Saat itu aku memang benar-benar bingung menentukan. Budgetku hanya 1,5 juta tapi maunya yang RAM gede dan dual SIM. Akhirnya saran adekku aku ikuti. Meski untuk dual SIM ini tidak terpenuhi karena mi A1 tergolong hp hybrid.

Aku mencari hp tersebut di marketplace, cari toko yang lokasinya Surabaya. Dan yes dapet. Pas lokasinya di WTC yang memang pusat jual beli gadget. Jadi kami memutuskan untuk langsung ke tokonya. Harga di sini 1,3 juta. Transaksi berjalan dengan baik meski aku deg-degan terus terang karena membeli barang elektronik second. Takut kenapa-kenapa nantinya. Garansi toko 3 hari, kalau selama 3 hari ada apa-apa bisa diklaimkan ke tokonya. Alhamdulillah selama 3 hari baik-baik saja, jadi aku mulai beradaptasi dengan gadget baru ini dan berusaha menepis kekhawatiranku.

Ternyata aku mulai enjoy dengan perangkat baruku. Kapasitas penyimpanan internal 64 GB membuatku leluasa download banyak aplikasi. Untuk slot kartu yang hybrid ini artinya ada 2 slot kartu dan SD card. Jadi bisa pilih diisi card semua atau card dan SD card. Aku pilih isi card Operator seluler dan SD card.

Daripada hp koreaku sebelumnya yang RAM hanya 2 GB, tentu aku lebih leluasa dengan hp baruku yang second ini dengan RAM 4 GB. Aplikasi yang mendukung untuk aktivitas onlineku seperti shopee, Instagram, canva, pixellab, WA, telegram, zoom, pinterest, Snapseed, foodie, dan masih banyak lagi aplikasi kesayangan berhasil kuintal.

Pengalaman berfoto untuk foto produk dan foto dokumentasi kebun semakin menyenangkan dengan Xiaomi Mi A1 ini. Hasilnya lebih tajam dan fokus.

Sebagai ibu-ibu yang segala aktivitasnya diikuti krucil, tentu apa yang kupegang tak lepas dari incaran mereka. Seperti hp ini dalam keseharian dipakai gantian oleh setidaknya 4 orang. Dan dalam dinamika pergantian pinjam-pinjaman hp itu kadang urusan jatuh, dilempar di atas kasur adalah hal yang biasa. Aku bersyukur si Mi A1 ini masih tangguh hingga saat ini.

Hp ini cukup banyak membantuku dalam urusan sehari-hari aktivitas onlineku. Mulai dari edit foto, membuat desain, hingga saat ini blogging pun aku memakai Mi A1. Tak terasa sudah 2 tahun hp ini bersamaku. Saat pandemi yang lalu hp ini juga berjasa menemani putra-putriku belajar secara daring. Berarti awet juga kan? Btw hp ini sudah pernah ganti LCD, karena jatuh sepertinya waktu itu. Tapi untuk mesin dalamnya masih fit.

Untuk aku yang inginnya aman saja dalam hal urusan gadget, dengan pengalaman kami selama ini bersama Xiaomi Mi A1, inginnya nanti kalau membelikan anak hp pake seperti ini saja. Sudah sangat mencukupi kebutuhan akan manfaat sebuah gadget. Pemikiran ibuk-ibuk banget ya. Bukankah anak-anak biasanya maunya yang terbaru?

Well, ibuk-ibuk satu ini punya alasan yang bisa dipertimbangkan juga loh untuk purchase lagi si Xiaomi Mi A1 ini. Jika Xiaomi Mi A1 ini pertama kali rilis tahun 2017, berarti saat aku membelinya 2020 lalu umurnya kan sudah 3 tahun. Jadi kalau sekarang 2023 berarti kan sudah 6 tahun. Waktu yang lama itu kalau menurutku untuk usia pakai hp bersama anak-anak. Dan kondisi sekarang masih oke pula.

Dan hasil penelusuranku tentang hp tangguh ini, membuatku semakin yakin dengan kualitas Xiaomi Mi A1 ini. Beberapa tulisan di blog seluler memberikan gambaran kalau mi A1 ini adalah hp Xiaomi yang masih banyak dicari hingga tahun 2023 ini. Bahkan ada yang menyebutnya sebagai salah satu hp legendnya Xiaomi. Mengapa demikian?

Salah satu alasan mengapa mi A1 ini dianggap sebagai hp Legend adalah karena ini adalah hp pertama dari Xiaomi yang sistem operasinya memakai Android milik google. Karena sebelum-sebelumnya semua hp Xiaomi menggunakan OS MIUI sebagai tampilan antar mukanya. Karena itu buat yang sudah terbiasa memakai Android tentunya akan sangat memudahkan beradaptasi.

Untuk spesifikasinya, mari kita simak ulasan dari salah satu web yang membahas detail Xiaomi Mi A1 berikut ini.

 Untuk pilihan warna yang tersedia adalah gold, rose gold, dan hitam.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi A1

Ukuran Layar:

5,5 inci, 1.920 x 1.080 piksel, IPS LCD, kaca anti gores Gorilla Glass

Ketebalan 7mm

Bobot 165 gram

Prosesor: Snapdragon 625, octa-core Cortex-A53 2 GHz, GPU Adreno 506

RAM: 4 GB

Media Internal: 64 GB

Slot micro-SD Hingga 128 GB

Kamera Belakang (1): 12 megapiksel wide-angle (Omnivision OV12A10), lensa f/2.2, dual-tone flash, PDAF

Kamera Belakang (2): 12 megapiksel telephoto (Omnivision OV13880), lensa f/2.6

Kamera Depan: 5 megapiksel

Kapasitas Baterai 3.080 mAh

Jaringan Seluler GSM/ 3G HSPA/ 4G LTE

Konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, IR Blaster, Bluetooth 4.2, jack audio 3,5 mm, GPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou

Konektor USB Type-C

Fitur lain Pemindai sidik jari di punggung, dual-SIM card (hybrid slot), dedicated audio amplifier

Sistem Operasi Android 7.1.2 Nougat

Berikut ini rangkuman kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A1 :

Kelebihan Xiaomi Mi A1

Memiliki dual kamera 12 MP + 12 MP yang satu wide dan satunya tele dengan Fitur stereoscopic imaging dan algoritma berbasis deep learning yang mampu menghasilkan efek bokeh lebih dalam ketika mengambil foto portrait. Selain itu, juga memiliki optical zoom hingga 2 kali dan digital zoom sampai 10 kali. Fitur lainnya yang tidak kalah menarik adalah Phase detection autofocus, dan Dual-LED flash

Kamera depan Mi A1 juga tidak kalah menarik dengan kemampuan Beautify 3.0. dengan kemampuan 100 titik algoritma yang bisa mengidentifikasi dan mengoreksi warna terbaik pada wajah sehingga wajah terlihat lebih cerah dan cantik dari aslinya

Sudah support perekaman video 4K (Ultra HD) yang memiliki resolusi 2160p (3840×2160 piksel) dengan frame rate 30fps

Spesifikasi cukup gahar dengan prosesor Snapdragon 625 Octa Core 2.0 GHz, dan GPU Adreno 506 yang membuat kinerja ponsel jadi lebih bisa diandalakan

Ukuran RAM sangat besar 4 GB, cukup untuk kebutuhan penggunaan aplikasi saat ini

Ukuran memori internal juga lumayan besar 64 GB, sehingga cukup untuk menginstall banyak aplikasi tanpa khawatir kehabisan memori internal untuk sistem

Memiliki kapasitas penyimpanan eksternal sampai 128 GB. Jadi saat dirasa memori internal kita masih kurang bisa menambahkan micro SD yang slotnya jadi satu dengan SIM 2.

Xiaomi A1 sudah memakai USB-C atau USB 3.1 yang lebih cepat dari teknologi sebelumnya (USB 2.0 atau USB 3.0) dan memiliki kecepatan transfer hingga 10 Gbps

Memiliki desain yang elegan dengan dibalut material Full metal, bezel tipis sehingga nyaman digenggaman dan memiliki layar full HD 5,5 inchi sehingga tampilan lebih jelas, cocok bagi kamu yang suka bermain game dan menonton film

Memiliki layar dengan teknologi IPS LCD dan resolusi 1080 x 1920 pixels ( Full HD ), sehingga gambar pada layar terlihat tajam serta bening. Selain itu juga dilapisi proteksi Cornning Gorilla Glass 4 yang membuar layar lebih tahan dari benturan atau goresan.

Ukuran kapasitas baterai lumayan besar 3080 mAh dan memiliki fitur fast charging sehingga bisa mengisi lebih cepat saat baterai habis.

Sudah support jaringan 4G LTE Cat6 sehingga koneksi internet bisa lebih cepat.

Merupakan ponsel Android One pertama dari xiaomi dengan tampilan OS Android murni dari google sehingga lebih cepat update untuk versi android terbaru. Saat ini Xiaomi Mi A1 sudah menggunakan Android v7.0 Nougat yang memberikan kinerja lebih stabil dan tampilan antarmuka menawan serta memberikan kinerja smooth seperti saat melakukan Dual-Window

Memiliki fitur Fingerprint Scanner di bagian belakang untuk memudahkan kita saat membuka tampilan ponsel yang terkunci dan tentunya lebih kuat untuk keamanan pengguna

Kekurangan Xiaomi Mi A1

Tidak ada lampu flash pada kamera depan sehingga kurang mumpuni saat digunakan selfi di ruangan minim cahaya

Slot Memori masih jadi satu dengan SIM 2 (hybrid) sehingga harus memilih salah satu antara SIM 2 atau micro SD

Menggunakan baterai tanam sehingga agak sulit jika harus mengganti baterai dan biasanya baterai tanam harganya agak lebih mahal

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi A1 sepertinya lebih banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Dengan harga yang lumayan terjangkau, yaitu sekitar 3,1 juta rasanya tidak rugi kalau menjatuhkan pilihan ke HP ini. Terutama untuk mereka yang gemar fotografi atau sfoto produk seserhana untuk mendapatkan foto yang keren seperti DSLR, ponsel ini sangat layak untuk dimiliki.

Dan tips ala ibu-ibu hemat dariku adalah membeli yang second boleh juga loh Bu. Apabila budget belanja gadget terbatas, sementara kebutuhan lain juga sedang banyak, it’s okay to buy secondhand stuff. Dapet hp dengan spek dan kualitas 3 jutaan tapi bayarnya 1 jutaan. Tapi perlu diperhatikan ya kalau membeli barang elektronik second, bagaimana kondisi barangnya dan bagaimana pelayanan tokonya.

Waktu aku beli hp ini, alhamdulilah dapet toko yang oke pelayanannya. Hp second tipe yang sama ditunjukkan kepada kami, dicobain. Waktu ada masalah, sepertinya waktu itu dengan suaranya, ya dicarikan hp yang lain. Dan pramuniaganya santai saja melayaninya, ganti-ganti hp dicoba tanpa ada kesan ingin mengakali pembelinya. Deuh, tipe pengamat banget ya yang mau beli.

Kesimpulan

Xiaomi Mi A1 adalah salah satu smartphone berkamera ganda terbaik yang bisa didapatkan di rentang harga tak lebih dari Rp 3,1 juta. Bersaing dengan perangkat di rentang harga yang sama, Mi A1 memberikan kelebihan, salah satunya dengan kamera ganda. RAM 4 GB dan tambahan slot SD card sudah sangat mencukupi untuk multitasking dengan hp ini.

Demikian review Xiaomi Mi A1 ini, semoga bermanfaat. Terima kasih


Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!