Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Membuat Infografis Di Canva, Mudah Cepat Hasil Desain Seperti Pro

Desain Infografis canva

Assalamualaikum, Teman Fillaah. Apakah kamu tertarik dengan Cara Membuat Infografis Di Canva? Jika ya, mari kita ngobrolin bareng. Menjadi produktif di era digital sekarang semakin mudah. Ada banyak tools dan aplikasi yang membantu produktivitasmu untuk berkomunikasi via online secara lebih kreatif. Komunikasi secara online yang kreatif bisa dilakukan melalui bahasa tulisan (sering disebut copywriting ) dan bahasa visual (fotografi dan desain grafis).


Kali ini saya akan mengulas salah satu cara yang sangat berguna untuk membantumu membuat desain grafis, yaitu dengan aplikasi canva online. Namun dalam pembahasan ini, saya akan mengkhususkan membahas cara membuat infografis ya temans, salah satu dari sekian banyak fitur yang canva sediakan.

Tapi sebelumnya, mari berkenalan secara singkat dengan Canva.

Mengenal Canva

Siapa Pengguna Canva

Aplikasi canva online merupakan andalan para pekerja digital dalam membuat konten desain. Lebih khusus lagi bagi mereka yang merasa awam dengan desain grafis, yang membuat desain grafis sebagai salah satu pelengkap pekerjaannya, bukan pekerjaan utamanya. Sebagai contoh para olshoper, content creator, blogger. Mereka membuat desain grafis untuk melengkapi pekerjaan utamanya dalam menjual/marketing dan menulis. Jadi kalau ada tools membuat desain yang sat set memang sangat membantu.

Tapi makin ke sini, seiring semakin bervariasinya layanan canva dan semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap canva, banyak juga desainer profesional yang beralih ke canva.

Banyak jasa desainer grafis sederhana yang mengandalkan canva saja untuk membuat desain klien. Membuat simple logo, undangan, konten  Instagram, poster, flyer, video pendek jadi lebih hanya dengan canva. Karya desainer canva biasanya harganya lebih hemat, karena desainernya menggunakan aplikasi gratisan yang hanya modal kuota dan skill desain basic. Atau kalau pake canva pro masih termasuk murah juga dibanding tools desain profesional.

Canva membuat atmosfer visual dunia digital makin menarik dan berwarna

Canva melibatkan desainer dari seluruh dunia untuk menyediakan ribuan template dan elemen desain. Itulah mengapa canva sedemikian pesat perkembangannya.

Canva Web atau Mobile?

Canva bisa diakses melalui website dan smartphone. Mengakses canva melalui website dengan komputer atau laptop tentunya jadi lebih leluasa. Sementara itu menggunakan canva mobile sifatnya lebih fleksibel, bisa dikerjakan sambil multitasking dengan pekerjaan lain dan saat di luar rumah.

Emangnya ada orang ngedesain sambil mustitasking gitu? Ada dong, saya salah satunya. Sebagai ibuk-ibuk banyak kerjaan rumah yang nyambi jadi produsen brownies dan belajar ngonten plus ngeblog, waktu saya untuk berdiam diri anteng mengerjakan tugas atau pekerjaan yang sifatnya on the desk sangatlah sedikit. Jadi yaa...kalau butuh bikin desain seringkali disambi masak atau sambil mengawasi anak. Tentu saja dengan minta izin dan membuat kesepakatan dulu dengan anak.

Karena saya lebih sering menggunakan canva mobile, saya membuat tutorial infografis canva berdasarkan canva mobile ya temans. Tidak masalah jika kamu pengguna canva web, penyesuaiannya tidak banyak kok.

Saat menggunakan canva, pastikan kamu terhubung dengan sinyal internet yang kuat. Sinyal lemah mempengaruhi loading

Sebenarnya saya masih pemula dalam dunia per-canva-an. Biasanya bikin desain canva hanya mengandalkan feeling, ga pake ilmu khusus. Nah, seorang Coach Canva, Hamimeha, mendorong kami untuk membuat ulasan tentang pengalaman bersama canva. Dan ternyata dengan perasaan pengalaman masih pas-pasan sebagai canva lover, bisa juga berbagi sedikit pengalaman mengulik canva. Berbekal ilmu nganva bersama coach dan belajar dari literatur, alhamdulilah bisa membagikan sedikit tips yang saya tahu tentang cara membuat Infografis di canva. Kalau mencoba mengkonstruksi pengetahuan yang kita punya, bisa juga ya menghasilkan sesuatu tulisan yang bermanfaat. Saya menyebutnya "the power of task". 

Baiklah, mari kita belajar canva bersama.

Canva Free Vs Canva Pro

Canva menyediakan versi free dan pro. Versi free itu gratis tapi terbatas. Kalau canva pro kamu bisa menggunakan semua fitur yang disediakan canva dan eksplore lebih leluasa sehingga bisa menghasilkan karya desain

Canva pro bisa dikenali dengan tanda gambar mahkota pada sisi fitur

Tapi menggunakan canva free aja juga sudah banyak pilihannya kok. Coba aja dulu utak-atik ya. Eh tapi kamu harus download dan install dulu aplikasi canvanya.

Kalau sudah install, yuk langsung saja kita praktik bebikinan desain pake canva. Saya cukupkan sekian dulu ya perkenalan dengan canva.

Apa itu Infografis?

Pengertian infografis

Istilah infografis diambil dari bahasa Inggris, infographic, yaitu perpaduan dari kata ‘information’ (informasi) dan ‘graphic’ (grafis)

Arti kata infografis adalah bentuk visualisasi sebuah data yang bertujuan untuk menyampaikan informasi kompleks jadi lebih sederhana. Keberadaan infografis sangatlah penting karena memudahkan pembaca mencerna informasi dari suatu data. (Canva.com)

Tujuan Infografis

Infografis umumnya digunakan untuk mengkomunikasikan pesan dengan cepat, menyederhanakan penyajian data besar, serta melihat pola dan hubungan dalam data. Cara ini menjadi populer karena kemampuannya untuk menyampaikan informasi dengan visual yang menarik.

Kamu masih ingat kan saat dunia menghadapi pandemi Covid-19? Banyak flyer beredar di sosial media sebagai media edukasi tentang wabah tersebut. Poster berisi informasi secara ringkas yang dilengkapi data dan gambar itulah yang disebut infografis.

Dalam infografis, teks ditulis seminimal mungkin. Dengan menggabungkan elemen gambar, teks, bagan, diagram, bahkan video, infografis merupakan cara efektif untuk menyajikan data dan menjelaskan masalah kompleks dalam format visual yang mudah dipahami.

Proses pembuatan infografis ini disebut data visualization, information design, atau information architecture (dewaweb.com)

Fungsi Infografis

1.     Memvisualisasikan Informasi 

Informasi dalam bentuk tulisan mungkin sulit dipahami. Dengan memvisualkannya menggunakan infografis, akan lebih mudah memahami maksud dari suatu informasi.

Infografis bisa dibuat dengan menonjolkan angka dan menggunakan warna tertentu, ikon, dan gambar yang relevan.

2. Menyederhanakan komunikasi dan memperjelas pesan

Misalnya, ketika awal pandemi COVID-19, gagasan tentang virus ini masih terdengar asing bagi publik. Kemudian, pemerintah membuat infografis berisi deskripsi virus, cara penularan, dan data-data terkait lainnya.

3. Meningkatkan awareness tentang suatu masalah

Alat komunikasi visual seperti infografis sangat ideal untuk memberitahukan tentang suatu masalah.

Sebagai contoh, pemerintah mengkampanyekan penggunaan masker saat covid. Infografis tentang bagaimana lapisan masker mampu melindungi kita dari virus covid mampu meningkatkan awareness masyarakat untuk memakai masker.

4. Menjelaskan prosedur

Adanya infografis memungkinkan kamu memberikan penjelasan yang lebih berkesan dan menyenangkan bagi audiens tentang bagaimana prosedur suatu hal.

5. Membandingkan Ide atau Object

Membandingkan dua konsep menggunakan infografis memudahkan audiens dalam menentukan pilihan mereka

Macam-macam Bentuk dan Contoh Media Infografis

Ada banyak jenis infografis. Dirangkum dari revou yang bersumber dari Indeed, berikut beberapa bentuk infografis yang paling umum ditemui:

Statistik

Infografis Statistik

Infografis bentuk ini biasanya menggunakan ikon, bagan, dan font yang menarik secara visual untuk membagikan data dan menceritakan fenomena di baliknya.

Informasional

Infografis informasional merupakan jenis infografis yang berfungsi untuk mengomunikasikan konsep baru atau memberi audiens gambaran singkat topik tertentu. Jenis infografis ini biasanya dibagi menjadi beberapa bagian dan masing-masing poin memiliki deskripsi.

Daftar

Infografis lists atau daftar merupakan infografis yang cocok untuk memberikan daftar tertentu, seperti tips and tricks, manfaat, maupun ide aktivitas. Jenis infografis ini juga cocok untuk menyertai postingan di blog

Proses

infografis Proses

Bentuk infografis proses memberikan ringkasan langkah-langkah dalam suatu proses. Infografis proses biasanya menggunakan diagram flow, ikon berisi nomor, atau juga timeline untuk memandu audiens melalui serangkaian langkah.

Perbandingan

Infografis perbandingan ideal untuk membantu membandingkan dua gagasan berbeda sehingga audiens bisa membuat keputusan dengan lebih tepat. Biasanya, jenis infografis ini dibagi dalam dua sisi (kanan dan kiri) untuk membedakan dua ide berbeda dan menggunakan warna kontras untuk membedakannya.

Timeline

Infografis Timeline

Infografis timeline dipakai untuk menyorot tanggal atau memberikan gambaran besar suatu event. Jenis infografis ini memberi audiens pemahaman yang lebih baik tentang kerangka waktu yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.

 Step by step Membuat Infografis di Canva

Cara Membuat Infografis

Kamu sudah mengetahui apa itu infografis, tujuan, dan fungsinya. Saatnya membahas bagaimana cara membuat infografis di canva.

Ikuti langkah-langkah berikut ini jika kamu ingin menggunakan canva sebagai aplikasi pembuat infografis.

  1. Memilih Topik

Biasanya ketika akan membuat infografis, kita sudah punya topik dulu yang akan divisualisasikan dalam bentuk grafis.

2. Membuat Outline dan Isi Infografis

Buat garis besar informasi yang akan disampaikan (outline). Sebelum mulai mendesain infografis, buat garis besar untuk mengatur ide-ide dan pastikan konten akan berfungsi sesuai tujuan. Tentukan judul sesuai dengan topik, heading, dan isi infografis.

Saat membuat garis besar, usahakan menggunakan kalimat sesingkat mungkin agar pesan yang tersampaikan to the point dan tidak memakan tempat di kanvas desain kamu nanti.

Carilah sumber informasi yang relevan dan kredibel ya. Informasi inilah yang menjadi fokus hal yang akan dituangkan dalam infografis.

3.      3. Menentukan Audiens

Kamu perlu menentukan target pembaca agar saat membuat infografis, karakter desainmu sesuai dengan karakter target pembacamu. Ada pembaca yang lebih suka model grafis ilustrasi yang lucu-lucu. Ada juga pembaca yang lebih bisa mempercayai infografis dengan tampilan formal dan profesional

Target audience bisa mengacu pada apa niche blog atau sosial mediamu

4. Menentukan Media

Media apa yang akan kamu gunakan untuk berbagi Infografis berpengaruh pada pemilihan size desainmu. Jadi, tentukan apakah kamu akan menggunakan Infografis itu untuk Instagram, Facebook, blog, atau media lain.

5.   Memilih Template

Template membantu memudahkan pembuatan infografis agar proses desain tidak memakan waktu terlalu lama.

Canva menyediakan ribuan template siap pakai yang akan mempermudamu membuat infografis keren sesuai tujuanmu.

Jika ingin membuat infografis tanpa perlu mempertimbangkan ukuran khusus, kamu bisa langsung menggunakan fitur canva yang bernama “infografis”. Klik saja, maka kamu akan berada pada halaman template infografis canva yang menarik dan sangat banyak jumlahnya.



Yang perlu diperhatikan saat memilih template adalah kamu harus mengidentifikasi dulu jenis infografis apa yang akan kamu buat. Apakah kamu akan membuat infografis informasi, perbandingan, statistik, proses, daftar, atau yang lainnya.

Canva menyediakan filter untuk memilih jenis template berdasarkan jenis tersebut.

Canva juga menyediakan filter berdasarkan tema infografis. Tema infografis itu misalnya tema kesehatan, pendidikan, tanaman, kecantikan, teknologi, bisnis, dan lainnya.

Saat pemilihan template, pertimbangkan warna, ukuran, font, dan keselarasannya dengan pesan yang ingin disampaikan.

Tips saya ketika memilih template:

1.     Pilih yang sesuai jenis infografis

2.     Pilih yang elemen aksesorisnya simple

3.     Pilih yang fontnya sesuai dengan infografismu, jadi tidak perlu merubahnya. Bagi pemula, menentukan jenis font utama dan pasangannya itu cukup merepotkan dan memakan waktu

4.     Warna tidak harus sesuai dengan keinginan saya karena warna mudah dirubah

5. Editing

Setelah menentukan template yang tepat, lanjutkan dengan edit informasi pada infografis tersebut. Sesuaikan elemen dengan informasi.

Pada tahap ini kamu juga perlu mengganti elemen gambar, font, foto agar sesuai dengan informasimu.

Semakin sesuai template dengan desain dan informasi yang kamu inginkan, maka akan semakin sedikit perubahan yang kamu lakukan terhadap template. Itu artinya kamu menghemat lebih banyak waktu.

Nah, itu adalah cara membuat infografis di canva dengan memanfaatkan fitur infografis tanpa merubah ukuran. Jadi menggunakan ukuran asli canva.

Jika kamu memerlukan ukuran yang berbeda, kamu bisa menggunakan fitur resize image. Tapi fitur ini hanya untuk Canva Pro.

Apabila kamu ingin desain infografis dengan ukuran lebih kecil tanpa merubah size, kamu bisa menggunakan template dari fitur berikut ini:

1.     Presentasi

2.     Instagram Post

3.     Poster

4.     Undangan

Cara yang lebih sederhana adalah dengan mengetikkan keyword jenis Infografis di kolom pencarian pada homepage canva. Ketik saja misal "timeline" jika kamu ingin membuat Infografis jenis timeline. Nanti akan muncul template siap pakai dengan konten Infografis timeline dari berbagai jenis ukuran/size. Kamu tinggal pilih deh.

Infografis Timeline Canva Berbagai Ukuran
Infografis Timeline Canva Berbagai Ukuran

Namun pada template di atas, canva tidak menyediakan filter jenis infografis seperti pada template infografis. Jadi kamu harus kreatif menata layout template bawaan canva tersebut sesuai dengan infografis harapanmu.

Tapi jangan khawatir, saya akan memberikan tips bagi kamu yang ingin membuat desain infografis di canva dari template non infografis. Berikut ini tipsnya, simak ya:

1.     Temukan template yang akan membantumu menghemat waktu kerja dalam mengerjakan infografis. Sesuaikan dengan skillmu. Jika kamu kurang terampil memilih warna, pilih template yang warnanya sesuai dengan infografis yang akan kamu buat. Jika kamu kurang terampil memilih font, cari template dengan font yang menurutmu bagus dan sesuai. Jadi kamu tidak perlu bingung nyari font lagi.

2.     Untuk elemen gambar biasanya kita harus menyesuaikan. Elemen gambar berfungsi memberi highlight pada informasi. Keterampilan menemukan keyword yang tepat harus kamu latih. Tapi setidaknya kamu mengenali beberapa jenis elemen gambar yang biasa digunakan untuk desain. Jenis elemen gambar tersebut adalah:

Ikon

Ilustrasi watercolor

Ilustrasi cartoon

Doodle

3.     Untuk infografis biasanya ada beberapa elemen yang sering digunakan. Cobalah keyword berikut:

Arrow

Graphic

Label



4.     Tahap Finishing

Perhatikan tampilan secara keseluruhan, apakah sudah cukup menarik dan eye-catching untuk dilihat pembaca. Perpaduan elemen-elemen seperti pemilihan warna, tipografi, penggunaan bahasa, gambar ilustrasi, ikon dan lain-lain harus disesuaikan agar terlihat konsisten.

Penutup

Demikian langkah step by step membuat infografis di canva. Keterampilan membuat infografis ini akan berkembang seiring semakin tingginya jam terbang kamu. Mulailah dengan cara mudah mengikuti template dan pelajari karya desainer grafis canva dalam merancang infografis. Selanjutnya kamu bisa ATM (Amati Tiru Modifikasi). InsyaAllah kamu akan makin jago dan taste of art kamu makin meningkat. Selamat berkarya dan lebih produktif, Teman Fillaah. Sampai jumpa lagi di tips desain dan editing lainnya.

 

 

 

 

 

 

9 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Semakin sering mencoba, semakin ahli ya mbak

    ReplyDelete
  2. Nah, sama Mba. Aku juga ngerasain banget suka duka bareng canva hehhe

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Canva emang bikin kita kihatan ahli ya mbak. Padah tinggal tempel aja

      Delete
  4. Teknik infografis harus sering dilatih supaya makin lihai..

    ReplyDelete
  5. Tipsnya yang bagian akhir baru tau kak, dulu kelamaan cari template malah nggak jadi bikin desainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canva emang bikin suka lupa waktu mbak. Palagi buat pemula, kayak tersesat di Wonderland, lupa ma yg Laen 😊

      Delete