Ganti Judul dan ALt sendiri

24 Manfaat SEO On Page dan Cara Menerapkannya Di Blog

24 Manfaat SEO On Page Dan Penerapannya

Apa saja manfaat SEO On Page bagi blog dan bagaimana cara menerapkannya? Pertanyaan ini adalah hal yang biasa ditanyakan oleh blogger pemula. Jika ada di antara Teman Fillaah yang sedang menjajaki dunia blog, yuk sini belajar bareng. Saat ini saya sedang berada di kelas BLOGSPEDIA, kelas super kece khusus bagi blogger pemula.

Saya membuat catatan tentang Manfaat SEO On Page dan cara menerapkannya ini sebagai tugas, sebagai jurnal belajar untuk mengikat ilmu, dan sebagai cara untuk mengetahui seberapa baik pemahaman saya terhadap materi SEO On Page.

Salah satu dari the big why saya ngeblog adalah untuk memberikan manfaat bagi orang lain melalui tulisan yang berisi ide positif dan bermacam ilmu. Sebuah tulisan akan bermanfaat apabila sampai kepada orang lain dan mereka membacanya. Kalau nggak dibaca, mana bisa memberikan manfaat? Seperti seorang yang multi talenta yang bisa melakukan banyak hal tapi dia tidak dikenal oleh siapa pun, terasing dari khalayak. Kemampuannya nggak berarti apa-apa bagi orang lain.

Sama seperti blog, untuk bisa memberikan manfaat bagi orang lain, maka blog harus bisa diakses, harus bisa menjangkau pembaca. Pembaca dapat menemukan konten dari blog biasanya (cara yang paling umum) adalah melalui pengetikan kata kunci di mesin pencari, seperti google, Bing, Yahoo, atau yang lain. Mesin pencari akan memberikan rekomendasi web/blog mana yang memuat tulisan paling sesuai dengan kata kunci yang diketikkan pengguna. Nah, misi penting seorang blogger adalah memastikan tulisannya berada di jajaran paling atas rekomendasi google. Saya pilih google saja ya untuk mewakili mesin pencari/search engine lain. Soalnya google yang paling banyak digunakan netizen saat ini (Google menguasai 90% pangsa pasar mesin pencari (Statista)

Masalahnya, tulisan dengan tema yang sama dengan tulisan kita itu banyak di google, jumlahnya bisa ribuan bahkan jutaan. Bagaimana cara bersaing dengan mereka untuk bisa sampai di puncak tangga google? Blogger harus punya strategi agar tulisannya menjadi kesayangan google sehingga akan direkomendasikan untuk pembaca dengan menaruhnya di rank atas atau halaman depan google. Nggak mau kan kalau konten blognya berada di ujung ekor google? Dan kunci utama untuk mencapai itu semua adalah dengan SEO. Mari kita bahas lebih lanjut soal SEO.

"Untuk mencapai tujuan agar blognya bermanfaat, misi blogger adalah membuat konten blognya menjadi rekomendasi google di halaman awal pencarian, sehingga mudah diakses pembaca"

Pengertian SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optiimization. Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs/web/blog akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

SEO adalah

Jika masuk lebih dalam, ternyata SEO tidak hanya bicara tentang ranking saja loh, Teman Fillaah. Nyatanya, SEO mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas traffic yang masuk ke website dan blog.

Itu artinya, pengunjung tidak hanya asal mampir ke blog kita. Tapi bisa berpengaruh meningkatkan branding hingga mendongkrak angka transaksi (untuk blog/website komersial). Sederhananya pengunjung nggak cuma merasa kesasar di blog kita, tapi jadi suka, menikmati baca-baca artikel kita, ga cukup satu artikel, kalau pembaca suka dengan konten kita, biasanya dia akan penasaran menjelajah ke page about me dan sitemap. Trus lanjut klik artikel-artikel yang judulnya terpampang di sitemap, baca lagi, baca lebih banyak, akhirnya malah ga pulang-pulang keasyikan. Blog kita bisa dianggap cafe tempat healing kali ya bagi dia. Kalo di cafe dunia nyata orang ga pulang-pulang demi wifi gratis, di blog kita dia rela berlama-lama ngabisin kuota karena merasa enjoy dan mendapatkan pencerahan. Atau dia nyari gratisan wifi di cafe demi buat berjam-jam pantengin blog kita? Wah itu baru beneran keren blognya. Goal menjadi blog yang bermanfaat dan diingat tercapai. Two tumbs for you.

Manfaat SEO

Sekarang ini, SEO dianggap sebagai salah satu strategi pemasaran paling efektif dan perusahaan selalu menggunakan teknik ini.

Jenis SEO

Ada dua jenis SEO yaitu :

SEO On Page :

SEO on page adalah upaya untuk mengoptimasi website pada area yang dilihat pengunjung, yaitu pada halaman/page yang memuat konten. SEO On Page juga sering disebut sebagai SEO On Site. Aspek yang dimaksimalkan ada pada berbagai elemen, seperti kualitas konten, struktur konten, judul/title tag, alt text, internal link, dan banyak lainnya, nanti akan kita bahas lebih lanjut ya. Istilah ini disebut SEO “on-page” atau “di dalam halaman” karena blogger bisa mengendalikan dan mengubahnya secara internal.

Jika dianalogikan, SEO On Page ini seperti teknik yang bisa bikin blog memiliki personality dan inner beauty yang menawan sehingga membuat google terpesona. Kualitas ini tentu saja membuat google jadi perhatian dan sayang pada blog tersebut sehingga dengan senang hati google akan merekomendasikan konten blog tersebut kepada para pembaca yang meminta disodori konten dengan kata kunci yang mereka minta. Lebih paham kan sekarang?

Dengan SEO on page, konten akan lebih mudah terpampang di halaman depan Google. Dan semakin relevan isi konten dengan keyword yang dbidik, kebutuhan audiens pun makin terjawab dan Google akan meroketkan ranking blog  tersebut.

Biar ga susah mikirnya, keyword itu sebenarnya apa yang “para pencari” pikirkan untuk temukan. Dan konten blog itu adalah jawaban untuk para pencari itu. Google kan emang mesin pencari, tempat manusia mencari segalanya. Mencari lokasi ATM terdekat, cari manfaat daun kelor, cari cara menaklukkan hati suami, sampai mencari Tuhan pun the human beings jaman now nyarinya di google dong. Dan kalau mau jadi blogger, yang harus kalian pikirkan adalah menyediakan jawaban paling Joss, tepat sasaran, komplit, dan bermanfaat bagi para pencari. Kalau kata Bu Tejo “SOLUTIP”. Maka kamu tak hanya akan memenangkan hati pembaca, tapi juga memenangkan algoritma google yang konon susah ditebak apa maunya itu.

Konten SEO Memberi Solusi

 Pikirkan saja jadilah seautentik mungkin, sebermanfaat mungkin , setulus mungkin, dan biarkan Allah Tuhan kita yang akan menaklukkan algoritma google. Setuju kan bestieku Teman Fillaah? Apa-apa itu dibikin simple aja biar perjalanan ngeblog kita asik, ya nggak?

Sebagai catatan, jenis SEO ini katanya termasuk yang paling mudah diterapkan dan wajib dikuasai. Jadi jangan anggap SEO On Page susah dulu ya, tar masih ada yang lebih susah lagi, SEO Off Page. Niatin harus menguasai SEO On Page ini, meski di awal rasanya angel karena banyak printilannya. Nanti kalau sudah terbiasa, InsyaAllah akan makin mudah.

Ingat, SEO On Page sifatnya basic dan fundamental. Senjata untuk bersaing secara sehat. Blogger wajib menguasai dan mempraktekkannya.

SEO Off Page :

 Teknik optimasi blog atau cara pengelolaan blog diluar elemen yang ada dalam blog kita, seperti link building dan authority blog. Untuk kali ini kita ga bahas SEO Off Page ya.

Jadi, perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page terletak pada aspek kontrolnya. SEO On-Page dapat dikontrol melalui blog/website. Sementara SEO Off Page tidak, ia membutuhkan kerja sama dengan mitra eksternal dalam meningkatkan peringkat.

Apa Beda SEO On Page dan Off Page

Manfaat SEO On Page

SEO on Page akan memberikan manfaat tidak saja untuk menaikkan peringkat postingan di halaman google seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Manfaat SEO On Page bisa dirasakan oleh blog, blogger, pembaca blog, dan google. Kok bisa?

Hasil SEO On Page adalah berupa postingan artikel berkualitas yang keren oke punya, mengikuti kaidah SEO On Page. Jadi kalau bicara manfaat SEO On Page berarti juga bicara tentang apa manfaat punya postingan yang keren itu.

Mari kita bahas manfaat SEO On Page bagi blog, blogger, pembaca, dan google.

  1. Bagi blog, konten postingan yang telah menerapkan SEO On Page akan tampak rapi/terstruktur, tertata, memudahkan navigasi karena ada daftar isi postingan (table of content), yang menunjukkan alur berpikir yang runut.
  2. Blog tampak menarik dan enak dilihat karena ada gambar atau video yang relevan.
  3. Pembaca lebih mudah memahami isi postingan karena postingan disusun sistematis dengan sub judul yang rapi.
  4. Pembaca bisa menemukan poin penting dari postingan dengan kata-kata yang diberi cetak tebal atau tanda quotes.
  5. Pembaca bisa memperdalam pemahamannya terhadap isi postingan dengan menjelajah melalui klik internal dan eksternal link yang disediakan. Jadi pembaca memiliki pengalaman lebih berkesan terhadap blog yang dikunjungi
  6. Bagi blogger, akan menjadi kepuasan bisa memiliki postingan yang bagus, rapi, terstruktur, dan tentunya memiliki blog yang terlihat oke punya
  7. Mendorong blogger untuk fokus pada pengalaman pembaca, jadi selalu mengutamakan pembaca
  8. Kualitas konten yang bagus akan memberikan nilai plus di mata klien dan berpeluang untuk kerja sama.
  9. Mendatangkan lebih banyak pengunjung melalui penelusuran organik dengan keyword di google
  10. Meningkatkan Rasio Klik Tayang. Optimalisasi deskripsi meta dan judul meta adalah bagian dari On-Page SEO. Ini juga mengarah pada peningkatan Rasio Klik-tayang untuk hasil organik. Jadi saat pengunjung yang datang dari google masuk ke blog kamu, dia bakal bertahan di blog itu untuk lanjut membaca dan nggak putar balikl karena mereka cocok atau penasaran dengan postingan kamu. Mengurangi rasio bounce rate, yaitu kemungkinan kabur karena merasa kesasar atau kecewa dengan isi blog
  11. Potensi Dari Kata Kunci Long Tail. Dimasukkannya kata kunci beberapa kata dalam konten blog dan dalam tautan internal, sangat penting untuk mencapai peringkat yang baik di google
  12. Blogger bisa memantau sendiri hasil optimasinya di mesin pencari.
  13. Teraksesnya kontennya oleh pembaca melalui mesin pencari menandakan tujuan blogger memberi manfaat kepada orang lain tercapai.
  14. Memiliki tolak ukur keberhasilan yang jelas, yaitu tingginya pengakses dari jalur organik
  15. Meningkatkan brand awareness atau branding blog, dalam hal ini pembaca mudah menandai dan mengingat nama blog yang mereka kunjungi karena meninggalkan kesan yang baik
  16. SEO On Page merupakan cara mengenalkan/pemasaran/publikasi blog yang gratis
  17. Optimasi yang nilainya bersifat permanen. Sekali melakukan SEO untuk sebuah postingan, akan memberikan efek jangka panjang. Perubahan menyesuaikan kebutuhan, misalnya penambahan atau pengurangan link
  18. Mendapatkan pembaca sesuai target yang dituju
  19. Memenangkan pencarian lokal, yaitu dengan menambahkan lokasi pada judul, meta deskripsi
  20.  Penghematan Waktu. Jika dibandingkan dengan teknik SEO Off-Page, teknik SEO On-Page mudah untuk di kontrol. Khususnya, dalam mengikuti setiap pembaruan mesin pencari
  21. Meningkatkan ranking di mesin pencari
  22. Google lebih mudah mengkategorikan sebuah konten
  23. Google punya lebih banyak opsi konten berkualitas yang memanjakan konsumennya
  24. Eksistensi Google sebagai mesin pencari yang diakui validitasnya kian terjaga

Demikian pembahasan tentang manfaat SEO On Page. Selanjutnya, mari membahas tentang bagaimana cara menerapkan SEO On Page pada blog. 

Penerapan SEO On Page Pada Blog 

13 Teknik SEO On Page


Ada beberapa komponen yang menjadi checklist SEO On Page ini:

1. Kelengkapan konten

Artikel SEO bukan hanya artikel yang mengandung banyak keyword. Lebih dari itu, artikel SEO harus mengandung konten yang lengkap dan kaya. Artinya, konten tersebut harus informatif sekaligus menjawab pertanyaan pembaca. Ingat selalu kata Bu Tejo: SOLUTIP (memberi solusi dari pertanyaan atau masalah pembaca)

Manfaat keyword SEO

Semakin lengkap isi konten memungkinkan pembaca akan terus mencari blog tersebut ketika mereka membutuhkannya karena dianggap lebih kredibel.

Teman Fillaah bisa membuat list blog atau web apa yang selama ini menjadi rujukan teman-teman, yang selalu diingat karena solutif, kredibel, yang namanya udah nempel di benak kalian. Gunakan list tersebut sebagai acuan untuk mempelajari bagaimana mengembangkan blog kalian nanti. ATM, Amati, Tiru, Modifikasi.

Konten mengandung FAQ dan People Also Ask (PAA)

Konten SEO hadir untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan audiens ke mesin pencari. Oleh sebab itu, penting untuk memberikan konten berdasarkan people also ask (PAA) dan frequently ask questions (FAQ).

Contoh People Also Ask (PAA)
Contoh PAA untuk keyword: Universitas Islam di Surabaya 

Konten website yang memperbanyak jawaban berdasarkan pertanyaan audiens akan memperbesar peluang untuk diklik dan diberikan ranking tinggi oleh Google.

Judul

Sematkan keyword dalam judul. Riset keyword bisa menggunakan website ahref keyword generator. Gunakan keyword yang lebih dari dua kata atau dikenal dengan keyword long tail, agar bisa bersaing dengan postingan blog lain.

Tips judul agar menarik pembaca adalah dengan memberi zat aditif berupa pemanis pada judul. Kata-kata pemanis membuat judul blog bisa makin kece dan mengundang penasaran pembaca. Contoh judul dengan pemanis:

11 Cara Mendapatkan Uang 10 Juta Modal 100 Ribu, Kepoin Yuk!

(Sebelum koma=judul. Setelah koma=pemanis)

Jumlah Karakter dalam Judul jangan lebih dari 55 karakter. Karena jika melebihi jumlah ini maka judul kita akan terpotong dalam tampilan di page google. Hal ini yang menjadikan artikel kita tidak SEO friendly.

Permalink

Karakter permalink tidak boleh melebihi 75. Penghitungan ini dimulai dari huruf “H” pada kata https pada alamat URL artikel

Deskripsi

Mengisi kolom meta deskripsi dengan memasukkan kata kunci artikel kita, jumlah katanya tidak lebih dari 150 karakter. Pengeditan meta deskripsi ini berada pada post editor blog, pada bagian bawah permalink dengan judul Search Description. Meta deskripsi diisi ringkasan dari konten artikel postingan. Deskripsi yang akan muncul di bawah judul ini akan memberikan gambaran kepada pembaca akan apa isi dari konten tersebut.

Contoh meta deskripsi postingan blog
Di bawah judul: deskripsi blog post/meta deskripsi/search description 

Paragraf Pertama

Letakkan keyword pada paragraf pertama postingan dengan cara luwes dan tidak kaku agar menarik pembaca untuk klik

Tinggalkan Cara Lama dalam Menuliskan Keyword

Cara lama menuliskan keyword yaitu dengan menebalkan atau memiringkan dan menggaris bawahi kata-kata yang masuk dalam jajaran LSI keyword

Jumlah kata

Penentuan jumlah kata yang tepat dan harus berapa banyak batas minimalnya dalam penulisan sebuah artikel terdapat perbedaan di kalangan para mastah SEO.

Ada yang menyebutkan minimal 300 kata, 500 kata, 800 kata, ada yang berpendapat bahwa makin banyak jumlah kata yang ditulis dalam sebuah artikel blog maka Google akan makin suka dan makin direkomendasikan. Pakar SEO menyarankan untuk melihat kompetitor dengan tema tulisan yang sama untuk melihat berapa jumlah kata yang sebaiknya digunakan.

Optimalkan Paragraf

Buatlah kalimat yang efektif dan efisien, padat, mudah dipahami. Gunakan kalimat aktif, bukan pasif. Gunakan kalimat tunggal, bukan majemuk. Dan dalam tiap paragraf usahakan hanya memuat dua kalimat panjang dan 3 kalimat pendek. Hal ini ditujukan agar isi paragraf tidak terlalu padat dan mobile friendly. Paragraf yang terlalu banyak berisi kalimat bikin jenuh pembaca. 

Waah ini menyentil saya banget. Sangat sulit bagi saya nulis pendek-pendek seperti website, karena maunya nulis seperti ngobrol santai aja. Mau tidak mau harus berlatih ya. Dalam dunia blogging, pelajaran bahasa Indonesia dan ilmu komunikasi sepertinya memang sangat berpengaruh.

Paragraf terakhir

Letakkan keyword pada paragraf terakhir. Agar tidak terasa kaku, tulislah dalam bentuk kesimpulan atau penutup.

Penyusunan Heading (Struktur Artikel)

Heading dalam sebuah artikel harus runut penyusunannya. Ini seperti susunan Bab dan sub bab dalam buku. Struktur heading yang rapi sesuai hierarki menunjukkan alur berpikir yang runut. Hal ini membuat pembaca lebih mudah memahami poin-poin di dalam artikel. Ini juga berguna sebagai panduan bagi pembaca yang tidak memiliki cukup waktu untuk membaca keseluruhan teks.

Tak hanya bagi pembaca, headings juga berguna agar Google memahami isi artikel.

Melakukan Optimasi Gambar

Caranya melakukan optimasi gambar dengan mengisi title gambar dan alt tittlenya pada pengaturan gambar di post editor yang kita akan unggah ke dalam artikel blog. Pemberian nama bisa menggunakan LSI keyword yang sudah kita dapatkan melalui riset keyword.

 Link pada Artikel

Ada dua jenis link yang bisa disematkan pada artikel, yaitu link internal dan link eksternal. Link internal adalah link yang mengarah pada artikel lain di dalam blog tersebut. Sedangkan link eksternal adalah link yang berasal dari blog lain yang terpercaya. Internal links penting dalam SEO on-page karena membantu pembaca dalam memahami informasi lebih lengkap, menavigasi blog, dan meningkatkan ranking di artikel lain dalam blig tersebut. Usahakan untuk setiap 1 eksternal link yang disematkan dalam artikel kita, diimbangi dengan 3 internal link, agar blog kita tetap sehat. Tulisan yang menautkan link akan berbeda warna dengan huruf lain di artikel.

Gunakan LSI Keyword

LSI (Latent Semantic Indexing) keyword, merupakan keyword dan anak turunan keyword, atau hal yang terkait dengan keyword utama. Bisa juga diartikan sebagai padanan kata. Contoh, misal keyword utamanya “Universitas Islam di Surabaya”, LSInya kampus Islam Surabaya, perguruan tinggi Islam Surabaya.

LSI keyword google
Contoh LSI keyword dari Universitas Islam di Surabaya 


 LSI keyword sebaiknya disebar di dalam artikel yang kita tulis, begitu pula dengan keyword utama. Untuk itu buatlah riset keyword dengan cara mencari long tail keyword, atau kata kunci yang panjang yang terdiri minimal 3 kata agar hasil yang didapatkan lebih spesifik.

Hasil riset keyword yang lebih spesifik memudahkan kita mendapatkan keyword yang pas untuk artikel kita. Cara mengembangkan artikelnya pun akan lebih luwes.

Demikian pembahasan cara penerapan SEO On Page untuk blog. Dalam prakteknya, sebaiknya teman-teman membuat checklist komponen SEO On Page untuk tiap artikel yang akan diposting, apakah sudah semua dikerjakan, jadi tidak khawatir ada yang terlewat.

Sebuah kata mutiara Arab tentang buku mengatakan:

خَيْرُ جَلِيْسٍ فيِ الزَّمَانِ كِتَاب

Yang berarti, “Sebaik-baik teman duduk setiap waktu adalah buku

Bagi orang yang ga suka baca buku dan lebih suka berteman dengan gadget, semoga blog teman-teman yang mengandung manfaat besar dan mengajak kepada kebaikan bisa menjadi salah satu teman bagi netizen di muka bumi ini. 

Baiklah Teman Fillaah, sekian dulu pembahasan tentang manfaat SEO On Page dan cara penerapannya untuk blog. Selamat praktek SEO On page teman-teman, semoga blog kalian makin bagus, memberi manfaat besar kepada banyak orang, dan selalu dirindukan postingan-postingan barunya. Salam literasi digital, happy blogging all.


Sumber Artikel:

BLOGSPEDIA.my.id

Maritaningtyas.com

Glints.com

RevoU.co

Niagahoster.com


4 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Zuper lengkap artikelnya, Kak. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak Ninda...yuk yuk dipraktekin SEO On Page nya biar blognya makin keren^^

      Delete
  2. Masya Allah, banyak banget ya manfaatnya. Komplit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Iis, ternyata setelah luangin waktu Sinau sana sini Nemu banyak manfaat SEO On Page ya. Gimana, makin lebih semangat nerapinnya Ndak mbak?

      Delete