Ganti Judul dan ALt sendiri

Refreshing Asik di Danau Buatan Kampus C Unair, MERR Surabaya

Kolam ikan kampus C Unair

Bagi keluarga dengan anak-anak yang masih kecil seperti kami, tentu harus punya referensi destinasi piknik atau main-main yang tidak jauh dari rumah. Tempat main bareng favorit keluarga kami adalah di danau buatan atau kolam ikan kampus C Unair.

Lokasi Danau Buatan Kampus C Unair

Danau buatan ini terletak di kampus C, jalan Ir. Soekarno, jalur MERR (Middle East Ring Road), Mulyorejo, Surabaya. Jaraknya lumayan lah dari rumah kami, sekitar 15 menit. Lokasinya berada di bagian depan kampus, di dekat jalan raya, masuk gerbang langsung akses ke kolam. Area kampus C ini bersebelahan langsung dengan RSUA (Rumah Sakit Universitas Airlangga).

Waktu anak bungsu saya lahir di RS ini, kakaknya yang sering diajak wira-wiri ke RS, menyebut RS ini sebagai rumah sakit kolam๐Ÿ˜…, ya karena dekat dengan kolam ikan favoritnya. Sebelum keluar parkiran, biasanya minta cuus lihat ikan.

Kampus C juga dekat dengan Galaxy Mall. Yak, ini memang sudah masuk ke arah Surabaya Timur.
Danau buatan ini terbuka untuk umum. Pernah ditutup saat pandemi lalu. Sebenarnya danau sekaligus kolam ikan besar ini merupakan laboratorium bagi Fakultas Perikanan dan Kelautan Unair.
Keluarga kami menikmati piknik di sini sejak masih anak pertama. Saat itu sekitarnya dan pinggir danau belum dirapikan dengan semen, masih alami tanah. Dahulu selain melihat dan memberi makan ikan, di sana juga ada sekawanan angsa.

Bisa Menikmati Apa Saja di Sini?

Bagi anak-anak, ketika mau diajak ke danau Unair ini, yang ada di benak mereka tentu saja “ikan”. Ya, ikan memang daya tarik utama di sini. Ada apa saja di sana yang bisa dinikmati?

Ikan Besar yang Banyak

Begitu sampai di area danau, anak-anak langsung berlari ke bibir kolam besar itu, berlutut dan menjulurkan kepala ke bawah melihat ratusan ikan berebut makanan.

Danau kampus C unair
Apa pun makanannya, serbu aja ya ๐ŸŸ๐ŸŸ๐ŸŸ

Kalau ke sini biasanya orang-orang membawa makanan ikan. Kami kadang membawa roti tawar. Ikan-ikan suka aja tuh, dikeroyok habis deh, satu bungkus ludes langsung. Kadang ada juga bapak-bapak menjual kulit roti tawar sebagai makanan ikan, ditawarkan ke pengunjung yang datang.

Saat membawa anak-anak, orang tua harus menjaga mereka ketika di pinggir kolam. Tetap hati-hati, jangan sampai karena terlalu antusias jadi terpeleset atau hal buruk lainnya.

Pemandangan Danau

Meski danaunya buatan, tapi bisa juga loh menikmati view sekitarnya. Di tengah danau ada jembatan yang menghubungkan dua sisi danau. Bentuk jembatan yang ada terowongan di bawahnya dan melengkung di bagian atasnya, serasa seperti melihat jembatan di negeri Eropa.

Piknik di danau buatan kampus C Unair
Ngerasain vibes Eropa tipis-tipis๐Ÿ˜

Apalagi ditambah dengan adanya kincir yang diputar di danau sebagai sirkulasi air. Perpaduan danau, jembatan, kincir, pohon, dan gedung sekitar membentuk pemandangan seperti lukisan yang indah.

Saat melayangkan pandangan ke arah danau, selain jembatan akan tampak gedung rumah sakit dan apartemen yang menjulang tinggi, dan ada lapangan berumput yang hijau dan lapang di sekeliling danau. Anak-anak suka berlarian di sini.

Jembatan di Tengah Danau

Jembatan di tengah danau bukan sekedar hiasan, tapi kita bisa berjalan menyeberanginya. Jembatan ini dihiasi dengan tanaman bunga merambat seperti Bougenville yang cantik. 

Ada canopy yang dibangun untuk merambatkan tanaman sehingga saat melintasi jembatan seperti masuk ke terowongan. Jadi meski jembatan berada di tengah danau yang panas saat siang hari, akan terasa asri dan nyaman saat melintas jembatan penuh bunga tersebut.

Wisata Surabaya Timur
Bisa buat photoshoot ni kayaknya

Oh ya, di sini bisa loh sebagai tempat jalan kaki kalau mau jalan-jalan. Di sekitar danau dan menyeberang jembatan saja sudah lumayan keringetan kalau jalannya dengan ritme cepat. Apalagi kalau mau keliling area kampus C, hepi, segar, sehat, dapet deh.

Burung Merpati

Wisata kota Surabaya
Jinak-jinak merpatinya...kalau nggak dideketin

Di sekitar danau ada rumah merpati kayu (pagupon). Merpati-merpati ini terbang, hinggap, dan sering mendarat di tepian kolam. Tentu saja anak-anak senang melihat dan menghampirinya. Biasanya kalau sudah bosan lihat ikan, mereka mengejar merpati-merpati itu. Hati-hati aja sama kotorannya ya.

Kursi di Sekitar Danau

Jangan khawatir harus berdiri lama atau lesehan saat menemani si kecil, di sini disediakan banyak kursi taman dari besi yang kokoh dan artistik. 
Saran saya, begitu sampai lokasi, segera booking kursi dulu sebelum menikmati kolam. Karena semua mengincarnya tentunya.
Piknik di Surabaya
Kursinya ngajak romantis ni

Kantin

Lapar? Cemilan dan bekal habis? Jangan khawatir! Ada kantin di depan masjid yang terletak di depan area danau. Banyak macam jajanannya dan harganya ramah di kantong karena memang kantin mahasiswa.

Aktivitas Mahasiswa

Apa hubungannya aktivitas mahasiswa dengan acara piknik? Bagi anak-anak tentu nggak ngaruh ya. Tapi bagi saya, melihat mahasiswa di sini, di salah satu kampus unggulan di Indonesia ini menjadi hal menyenangkan dan memberi arti tersendiri.


Aktivitas mahasiswa Unair
Mbak-mbak mahasiswa sedang belajar fotografi 

Melihat para mahasiswa sepulang kuliah duduk-duduk di atas rerumputan, atau melihat sekumpulan mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan fotografi di sudut taman, atau bergegas ke masjid saat adzan, duh vibesnya mengingatkan masa-masa muda dulu. Masa belajar dan berkawan di kampus yang berharga.
Bagi saya, piknik di sini sekaligus sebagai recharge semangat dan mencari inspirasi energi muda

Masjid

Butuh berlama-lama di sini, ga perlu takut ketinggalan waktu shalat. Karena di depan danau pas itu area masjid kampus, yaitu masjid ‘Ulul Azmi. Tinggal balik kanan dari danau, langsung berhadapan dengan masjid.

Kamar mandi dan tempat wudhu super bersih dan terawat. Letaknya di basement. Sayangnya untuk shalat harus naik ke lantai atas. Ini yang butuh effort ya. Apalagi buat ibu-ibu kayak saya. Bagian terberatnya mengawasi anak-anak yang suka main tangga.

Masjidnya nyaman banget-nget. Kalau ke sini males keluar lagi, soalnya adem, luas, bersih, nyaman.

Waktu Berkunjung

Kami suka datang ke sini sore setelah ashar jika di hari biasa. Jika di hari libur lebih enak datang pagi karena akan banyak keluarga datang ke sini juga, jadi rame.

Kalau sore biasanya lanjut shalat Maghrib di sana. Kalau pagi sebaiknya sebelum jam 7 jadi masih belum panas. Kalau agak siang apalagi pas musim kemarau di sana panas juga loh.

Jalan-jalan Surabaya
Hidden GEMS Surabaya Timur 

Itulah tempat favorit kami untuk refreshing yang cukup memuaskan dan terjangkau jaraknya. Bersenang-senang bersama keluarga tak selalu harus ke tempat jauh dan mengeluarkan biaya. Hal kecil seperti ini berharga loh sebagai quality time bersama keluarga. Jika kamu tinggal di Surabaya Timur, kamu harus coba main-main ke danau buatan kampus C Unair. Jangan lupa ajak teman atau keluarga ya, karena ga seru kalo cuma sendirian. Oke, have A nice day!
Taman kota Surabaya Timur
Oleh-oleh dari jalan melintasi jembatan, mungut bebungaan ala-ala nature walk



Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!