Ganti Judul dan ALt sendiri

Ayam Bakar Primarasa Surabaya, Resto Legendaris Yang Selalu Ramai


Restoran ayam bakar Primarasa

Siapa yang tidak kenal dengan Ayam Bakar Primarasa Surabaya? Orang Surabaya tentu sudah tidak asing lagi dengan restoran yang satu ini. Nama Ayam Bakar Primarasa sudah sangat lekat dengan warga Surabaya.

Di tengah maraknya kuliner hits kekinian yang makin menjamur di Surabaya, Ayam Bakar Primarasa tidak kehilangan tempat di hati pecinta kuliner, terutama bagi yang lebih nyaman dengan rasa yang pasti-pasti aja. Kalau kata pakar bisnis kuliner, makanan di sini tu termasuk jenis culture food. Maksudnya sudah cocok sama lidah masyarakat, dan merupakan pilihan makanan harian yang dibutuhkan orang.

Apa Menu Utama di Primarasa?

Sesuai dengan namanya, Ayam Bakar Primarasa, tentu menu utamanya adalah ayam bakar. Ayam bakar di sini memang rasanya pas di lidah. Bumbunya menggunakan rempah dan kecap yang manis, meresap hingga ke dagingnya, dan empuk.

Saat seporsi nasi ayam bakar pesanan datang, yang langsung tercium adalah aromanya yang manis-manis smokey. Warna daging ayamnya coklat mengkilap. Dan karena menggunakan ayam kampung muda, penampakan daging ayam yang ramping dan ringkih itu langsung menggoda untuk segera mencomotnya. Tapi eits...masih bener-bener panas yaaa.
Menu ayam bakar Primarasa Surabaya
Photo by @primarasaresto 

Oke lah, sambil nunggu ayamnya agak mendingan untuk disantap, coba-coba dulu ngicip sambalnya. Sambalnya termasuk sambal terasi dengan banyak cabe merah keriting. Rasa sambalnya pedas tapi tetap ada manisny khas sambal ayam bakar. Ada ekstra kecap dan jeruk limau yang bisa dicampur dengan sambal dan tentu saja menambah aroma dan cita rasa sambalnya.

Perpaduan sambal aromatik limau terasi dan ayam bakar yang ngegemesin tadi, plus kesegaran lalapan timun, selada dan nasi panas, kalau tidak sesegera mungkin disuapkan ke mulut, yakin deh bakal bikin perut meronta keroncongan. Awas ya air liur, kuatkan pertahanannya, apalagi kalau pas nunggui adzan Maghrib saat bukber di sana. Waah bahaya rek!

Rasa ayam bakar di sini memang authentik, dan ga berubah dari dulu. Sangat bisa diandalkan. Yang berubah kayaknya dari segi ukuran ayamnya. Kenapa kok jadi lebih imut ya. Jujurly, sulit loh untuk merelakan perubahan ini. Semoga imutnya ayam yang kudapat hanya karena kurang beruntung saja kebagian kecil ya. Besok-besok kalau ke sana lagi semoga ayamnya lebih gedhe.

Menu Apa Lagi yang Menjadi Favorit?

Selain ayam bakar sebagai menu utama, ada beberapa menu lain yang menjadi andalan Primarasa. Coba cek nih, jangan-jangan termasuk kegemaranmu juga.

Harga Ayam goreng primarasa
Photo by @primarasaresto

Menu Ikan

Di sini juga menyediakan beberapa menu ikan seperti gurame, bandeng, dan kerapu. Untuk ikan gurame bisa bakar atau goreng. Nah, kalau ikan bandeng di sini dibikin pepes bandeng.

Bandeng dipepes, mungkin jarang ya nemu menu seperti ini. Di sini pepes bandengnya dibalut bumbu yang pedasnya nampol. Dan yang bikin merasa enjoy menikmati pepes bandeng ini adalah karena durinya sudah dicabut, jadi ga khawatir keselek duri deh.

Aneka Hidangan Seafood

Di Primarasa resto memang identik dengan masakan cita rasa Nusantara, khususnya dari bumbu tradisional Jawa. Tapi, di sini juga ada aneka hidangan Seafood loh. Apa saja menu seafood di sini? Cek ya, barangkali ada yang menjadi favoritmu.

Dari bahan udang ada udang renyah, udang goreng tepung, udang asam manis, udang mayonaise, dan udang saos Inggris.

Untuk hidangan cumi ada cumi goreng tepung, cumi mayonaise, cumi asam manis. Dan Soup seafood melengkapi varian hidangan laut di sini.

Aneka Sayuran dan Lauk Nabati

Makan ayam, daging, atau seafood yang enak-enak akan lebih sempurna jika dilengkapi dengan menu sayuran. Hidangan berbasis sayur di sini cukup beragam. Pengunjung bisa memilih sayur asem, cah kangkung hot plate, cah gingseng, cah selada wangi, cah sayur asin tahu, dan cah tauge ikan asin.

Kalau kamu sangat suka sayuran mentah, bisa juga menambah lalapan sayur.
Tempat makan halal Surabaya
Photo by @primarasaresto

Mau nambah lauk nabati seperti tahu dan tempe juga ada. Keduanya disajikan per porsi tahu atau tempe. Ada juga pilihan tahu tempe penyet. Kalau ini ada tambahan lalapan dan sambalnya.

Pilihan Sambal Yang Menggoda

Jika kamu ingin menikmati hidangan dengan tambahan sambal, Primarasa juga menyediakan aneka pilihan sambal yang menggoda. Sambal-sambal ini disediakan per porsi. Jenis sambal yang tersedia antara lain sambal terasi, sambal Poco-Poco, sambal pencit (mangga muda), sambal terong, dan sambal lalap.

Menu Karbo

Selain nasi putih, pengunjung juga bisa memilih menu karbohidrat lain seperti nasi goreng merah atau putih dan bakmi goreng.

Aneka Snack

Ada beberapa snack khas Primarasa yang bisa kamu coba. Telur gulung kriwilnya yang garing patut dicoba nih. Dan yang most wanted, ada kue lumpur labu madu yang rasanya bikin nagih. Lembut, manis, aroma dan rasanya wuihh...bakal kurang kalo cuma nyoba satu. Kue lumpur ini bisa juga kamu pesan sebagai oleh-oleh. Selain kue lumpur, kamu bisa juga pesan pia resep kuno buat dibawa pulang. Mantap kan?
Restoran murah di Surabaya
Photo by @primarasaresto

Pilihan Minuman

Untuk minuman, pengunjung bisa memilih di antara jenis minuman berikut: minuman pada umumnya seperti air mineral, teh, Kopi, jeruk nipis, semuanya bisa pilih hangat atau dingin, aneka jus, es kelapa muda, es susu cao gula aren, es cappucino, es soda gembira, es campur, es chocolate/matcha blended. Memang di sini ga ada minuman aneh-aneh atau yang viral-viral, bisa dimaklumi ya, karena memang konsepnya resto keluarga bukan cafe anak muda.

Suasana Nyaman dan Family Vibes

Orang memilih Primarasa resto sebagai jujugan saat mencari makan, bukan saja karena menunya bisa diandalkan, tapi juga karena tempatnya yang nyaman. Di sini cukup luas, tersedia juga meja-meja besar yang bisa jadi pilihan untuk makan rame-rame. Meja kursinya terbuat dari kayu berpelitur. Lantai, dinding, dan tiang juga berlapis kayu. Furniture yang elegan untuk tempat makan nuansa keluarga. Terasa hangat begitu kita memasuki tempat ini.
Restoran terbaik di Surabaya
Photo by @primarasaresto

Di dinding atau partisi ditempeli tanaman artifisial menambah kesan segar. Kalau ingin makan sambil menikmati suasana outdoor, bisa memilih tempat dekat jendela kaca besar yang langsung berhadapan dengan jalan. Di sini bisa melihat tanaman asli dari jendela. Pandangan mata akan langsung tertuju ke jalanan Surabaya yang asri dengan rindang pepohonannya. Udah tau kan kalau Surabaya tu sekarang banyak jalanan yang dah ijo royo-royo, sehingga siang hari pun rasanya adem-adem aja. Nah, jalanan depan Primarasa resto ini salah satunya.

Kebersihan di Primarasa selalu terjaga. Para karyawan melayani pelanggannya dengan sigap dan cepat. Jadi, di sini tuh rasanya homey. Saya merasa nyaman dengan pelayanan dan juga para tamu yang datang ke sini. 

Yang datang ke sini kebanyakan keluarga dan rombongan teman-teman kerja. Jadi, rasanya kayak sedang berada di tengah reuni keluarga, meski ga saling kenal hehe. 
Rame dengan vibes positif, keakraban dan kebersamaan yang membahagiakan.
Pencahayaan di sini cukup terang, jadi bisa curi pandang menu yang dipesan tetangga meja dengan ekor mata haha. Yah, namanya juga di resto yang ramai, sambil nunggu pesanan disajikan biasanya kan looking around menikmati suasana, menyaksikan para pelayan wira-wiri sat-set keluar masuk bawa makanan. Hidung juga ikutan gembira dengan seliweran aroma khas menu-menu nan lezat di ruangan. Hmmm...nulis gini bikin baper loh (bawaan laper)

Fasilitas penting seperti toilet, tempat parkir , dan musholla di sini cukup bersih dan memadai. Jadi, jika kamu safar dari luar kota ke Surabaya, bisa sekalian makan dan shalat di sini.

Oh ya, di sini juga ada pojok oleh-oleh loh. Kalau kamu bingung cari oleh-oleh saat mau pulang ke kotamu, sekalian aja belanja jajanan buat oleh-oleh di sini. Selain jajanan kering, bisa juga membeli pepes bandeng cabut duri frozen sebagai buah tangan. Ada juga sambal Primarasa kemasan botol yang bisa dibeli sekalian.
Restoran yang ada musholla di Surabaya
Photo by google review 

Harga Di Ayam Bakar Primarasa Surabaya

Makan di Primarasa harus persiapan dana berapa? Di sini dengan budget sekitar 100 ribu per orang sudah bisa merasakan pengalaman makan enak, nyaman, kenyang, dan dilayani, jadi makan tanpa repot. Tinggal disesuaikan saja menu apa yang paling pas dengan selera dan mood saat itu.

Lokasi dan Jam Buka Ayam Bakar Primarasa Surabaya

Restoran yang berdiri sejak 1993 dan menjadi favorit para selebritis dan pejabat itu telah memiliki beberapa cabang. Di Surabaya ada 5 cabang, yaitu di jalan Kusuma Bangsa, di Jalan Kupang Indah, di Jl. Dr. Soetomo, Jl. Ahmad Yani dan di Jl. Manyar Kertoarjo.

Jika ingin ke Primarasa resto Surabaya , bisa menyesuaikan di mana lokasimu berada. Misalnya kamu dari luar kota, jika sedang berada di daerah Surabaya Pusat atau Surabaya Utara, akan lebih dekat jika ke Primarasa Kusuma Bangsa atau dikenal dengan Cabang Ketabang. Jl Kusuma Bangsa ini satu jalan dengan Stasiun Gubeng Lama, SMA Kompleks, dan Grand City Mall. Tidak jauh juga dari Balai Kota Surabaya, Alun-alun Surabaya dan Delta Plaza. Saya biasanya ke cabang Kusuma Bangsa ini karena yang paling dekat dengan rumah.

Jika ingin yang daerah Surabaya Barat, bisa ke Cabang Primarasa Jl. Kupang Indah. Jika di Surabaya Selatan, bisa pilih yang Cabang Ahmad Yani. Kalau sedang di daerah Surabaya Timur dekat ITS akan lebih dekat ke Cabang Jl. Manyar Kertoarjo. Sementara itu untuk Cabang Dr. Soetomo masih dekat juga dengan Surabaya Pusat, tidak jauh dari daerah KBS (Kebun Binatang Surabaya).

Jika ingin ke lokasi cabang, bisa langsung meminta bantuan google map saja ya. Cukup ketik Primarasa, maka akan langsung diberi arahan menuju lokasi terdekat. Manfaatkan kemudahan hidup ini ya temans.

Cabang luar kota ada di kota Sidoarjo, Semarang dan Labuhan Bajo.
Primarasa resto buka mulai pukul 07.00-22.00 WIB

Kemudahan Layanan Primarasa

Sebagai restoran dengan menu yang sudah sangat familiar dengan masyarakat Surabaya, Primarasa meluaskan sayapnya agar lebih mudah dijangkau oleh konsumen. Masakan Primarasa kini bisa didapatkan dengan cara delivery order melalui Go Food, Grab Food, Shopee Food. Mau take away langsung dari restonya juga bisa.

Saya kalau ada keluarga datang dari luar kota, tapi lebih suka di rumah aja, suka pesan masakan dari Primarasa. Kalau anak lagi susah makan, dah lah ditawarin ayam bakar Primarasa aja, helpful banget deh. Bisa pesan menu per porsi lauk atau per box ukuran personal sudah lengkap nasi dan lauknya.
Restoran untuk pernikahan di Surabaya
Photo by google review 

Primarasa juga menyediakan ruangan VIP dan hall untuk wedding. Jika ingin reservasi atau mengetahui info lebih lanjut tentang paket di Primarasa resto, bisa menghubungi kontak berikut ini
Kontak Primarasa: (031) 5340387

Wishlist Andalan Saat Kulineran

Ayam bakar, nama yang familiar untuk menu kuliner. Tapi ternyata nggak gampang loh menemukan tempat makan yang menjual ayam bakar. Bahkan untuk kota besar seperti Surabaya. Kalau ayam goreng lalapan mah banyak di sini. Tapi ayam bakar, apalagi yang autentik dan konsisten rasanya, jarang banget.

Dan kalau otak lagi tiba-tiba kepingin ayam bakar, ayam bakar Primarasa ini yang banyak orang langsung klik auto mention. Seperti yang sudah saya ceritakan tadi, di Primarasa juga tersedia beraneka menu selain ayam bakar sebagai menu utama.

Kalau kamu gimana, udah pernah ke resto Ayam Bakar Primarasa Surabaya apa belum? Kalau sudah, seneng banget jika kamu mau berbagi pengalaman juga saat di sana. Dan kalau belum pernah, kira-kira bakal menjadikan resto ini sebagai salah satu wishlist agenda kulineranmu bersama keluarga atau teman kah? Share your opinion with me yah. Terima kasih sudah menyimak.









9 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Tempat ini termasuk terkenal di Surabaya. Rasanya enak dan tempatnya nyaman.

    ReplyDelete
  2. Kalo mau kulineran yang ga mau gambling rasa, emang di sini dah pas banget kalo mau balik lagi

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa jadi list travelling keluarga nih... Kece euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada tugas ke Jatim mampir sini mbak Yudel๐Ÿ˜Š

      Delete
  4. Wuih, resto kelas bintang nih mbak Liha. Kapan ya bisa ke sana ๐Ÿคฉ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini tu Deket rumah sering lewat jadi saya nganggepnya resto biasa...ga ngeh kalo segitu famousnya. Yg jadi berita terkini kan yg baru-baru dan selera gen Z gitu. Bener kata mba Marita, kadang kita nganggep biasa aja kalo belum coba mencari sisi menariknya

      Delete
  5. Auto ngiler bacanya, mana pas laper lagi. Kue lumpur adalah favoritku. Duh, kapan bisa maen ke Surabaya ya? ๐Ÿ˜ฌ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semarang juga ada cabangnya mbak...daerah gajah Mada dekat simpang lima. Kali aja pas ke Semarang lebih Deket ya, bisa tu mampir borong lumpurnya ๐Ÿ˜ƒ

      Delete