Ganti Judul dan ALt sendiri

Belajar Cara Menjadi Content Creator Pemula Bersama Powerful Influencer School

Cara menjadi content creator Instagram pemula

Dua tahun terakhir ini saya tertarik untuk belajar tentang content creator. Alhamdulillah pada bulan Mei lalu saya mendapatkan kesempatan untuk belajar cara menjadi content creator pemula bersama Powerful Influencer School atau yang lebih dikenal dengan PARIS, yang merupakan bagian dari PARAGON Corp.

Tahun 2023 ini sepertinya menjadi tahun yang bermakna bagi saya. Tahun ini saya mulai berani mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah saya pikirkan. Selain mengikuti challenge menulis blog yang berlanjut ke coaching Blogspedia, sebelumnya saya terpilih menjadi salah satu peserta PARIS di kelas TOT (Training of Trainer) Literasi Digital. Kelas ini merupakan tempat pelatihan untuk menjadi trainer content creator.

Aslinya, sebenarnya saya ni salah masuk kelas. Gara-gara terpaku pada kata content creator, saya nekat saja daftar. Soalnya memang sedang punya minat tinggi pada dunia content creator. Padahal ada kata TOT pada judulnya. Ga papa deh, daftar aja dulu, nekat siapa tau diterima.

Saya akan berbagi cerita tentang pengalaman mengikuti event ini. Sebelumnya, yuk kenalan lebih dekat dengan PARIS!

PARIS by Paragon Corp.

Ada yang notice nggak saat saya nyebutin Paragon Corp?  Yak bener, Paragon Corp yang saya maksud adalah perusahaan yang ada di balik brand-brand produk perawatan diri seperti Wardah, Makeover, Emina, dan Kahf. Nah, sudah familiar kan dengan brand tersebut? Mereka ini memang sodaraan, perusahaannya sama tapi beda target market aja. Mungkin salah satu produknya pernah kamu pakai?

Cara menjadi content creator pemula

Merangkul Muslimah Meningkatkan Skillnya

Powerful Influencer School atau yang disebut juga dengan PARIS ini merupakan wadah yang dibentuk oleh Paragon Corp. sebagai media edukasi bagi wanita Indonesia khususnya muslimah yang ingin levelling up skills.

PARIS memiliki misi untuk lebih meluaskan manfaat bagi masyarakat.

Kelas PARIS

Saat ini PARIS memiliki 4 kelas yaitu Public Speaking, Literasi Digital, Literasi Keuangan, dan Literasi Halal. Sebenarnya, pingin ya ikut semuanya, tapi saya menakar kemampuan diri juga, apa bisa mengikutinya dalam waktu yang berdekatan. Karena kelasnya bukan sekedar kelas materi, tapi ada prakteknya dan tugas. Saya lihat banyak peserta yang mengambil semua kelas dan beberapa orang mengerjakan semua tugasnya. Wow, keren banget mereka.

Tutor Kelas PARIS

Masing-masing kelas memiliki tutor yang mengampu bidangnya.

  1. Kelas  Public Speaking disampaikan oleh Ibu Vivin Zulfa Atina C.NMC, S.ST, M.M. Beliau berprofesi sebagai dosen Politeknik Manufaktur Ceper, Klaten .Bu Vivin ini juga sebagai founder PARIS.
  2. Kelas Literasi Digital (Content Creator) disampaikan oleh Ibu Mu’dzah S.T, M.T. ( Bu Zazha). Bu Zazha berprofesi sebagai dosen Teknik Industri di Universitas Muhammadiyah Kudus. Kegiatan beliau yang lain adalah sebagai content creator media parenting dan seorang healthypreneur.
  3. Kelas Literasi Keuangan disampaikan oleh Ibu Nina Septina, SP, MM, MPhill. Beliau adalah dosen vokasi di Universitas Parahyangan Bandung dan sebagai Trainer Financial Life Skill.
  4. Kelas Literasi Halal disampaikan oleh Ibu Popon Srisusilawati S.E.I., M.E.SY Beliau berprofesi sebagai dosen Fakultas Syari'ah UNISBA, Sharia Management, dan Pendamping Halal.
    Materi content creator

Keempat tutor adalah Ibu dosen. Jadi rasanya kayak mbalek lagi merasakan vibes jaman kuliah. Bedanya, kalau sekarang Bu dosennya ada yang lebih muda dari saya yang tampak cupu, seperti kura-kura baru keluar dari cangkangnya. Yeah, it's oke. Mendapat kesempatan ini sudah sangat bersyukur. Dan merasakan atmosfer positif di tengah anak muda yang penuh energi rasanya sungguh luar biasa, MaasyaAllah.

Cara Bergabung dengan PARIS

Kelas PARIS tidak dipungut biaya alias gratis. Saya mendaftar melalui link di bio Instagram PARIS. Ketika saya sudah mengisi data pendaftaran, akan diarahkan untuk masuk ke WA Grup PARIS. Grup ini adalah grup calon peserta PARIS. Menunggu di sini cukup lama karena kelas tidak dibuka tiap saat. Saat kelas dibuka, maka akan disampaikan melalui grup ini.

Jadi ketika ada pengumuman di grup kalau akan ada pembukaan kelas, langsung deh tanpa pikir panjang saya daftar. Kata TOT pada judul kelas sempat membuat saya ragu, tapi tetap saja saya daftar karena mengincar materi content creator.

Masa Belajar

Setiap pembukaan kelas biasanya waktunya berdekatan. Yang terakhir kemaren jadwal kelas berlangsung mulai tanggal 26-28 Mei 2023. Satu hari satu kelas. Jadwalnya beda-beda. Untuk kelas Literasi Digital diadakan pada 27 Mei 2023, pukul 13.00-16.00 WIB.

Saat pendaftaran kelas sudah disertakan jadwalnya dan pernyataan komitmen keikutsertaan secara full.

Untuk tiap kelas hanya menerima peserta sekitar 30-an. Jadi ada seleksinya. Tapi saya kurang tau bagaimana cara seleksinya karena tidak ada sesi tes khusus. Tapi mungkin tim PARIS melihat dari data form pendaftaran yang seingat saya memang banyak pertanyaan dan juga setau saya para tutor melihat dari akun Instagram calon peserta.

Sebelum penyelenggaraan kelas, ada jadwal zoom satu hari untuk pembukaan kelas dan penyampaian rules.

Oh ya, penyampaian materi tiap kelas melalui zoom meeting selama 3 jam. Selanjutnya untuk diskusi dan progress tugas melalui grup WhatsApp.

Peserta PARIS

Selama saya masuk grup PARIS, tidak ada sesi perkenalan antar anggota. Tapi seiring waktu saya mulai mengenali siapa saja para peserta PARIS ini melalui zoom meeting, Instagram dan flyer tugas. Dari pengamatan saya, anggota PARIS adalah muslimah berjilbab dengan berbagai latar belakang. Ada Ibu rumah tangga seperti saya, ada content creator yang sudah cakep banget feed Ig-nya, mahasiswi, guru, dosen, fresh graduate, karyawati, freelancer, dan Influencer muslimah yang sudah biasa tampil di ranah publik.

Cara menjadi content creator instagram

Syarat Kelulusan

Peserta dinyatakan lulus dalam kelas yang diikuti dan berhak mendapatkan sertifikat apabila:

  1. Kehadiran di ruang zoom tanpa putus minimal 80%. Status on cam juga masuk perhitungan.
  2. Melakukan presentasi materi saat sesi zoom selama maks 10 menit. Apabila waktu habis, peserta yang belum mendapatkan kesempatan presentasi bisa mengirimkan record presentasinya sendiri dan diberikan kepada tutor masing-masing.
  3. Mengerjakan tugas memberikan training/pelatihan kepada masyarakat tentang materi yang telah dipelajari (boleh dimodifikasi) sesuai dengan target audiencenya (circle masing-masing). Audience minimal 2 orang. Peserta diharapkan membuat flyer undangan, ppt materi presentasi, dan dokumentasi saat kegiatan. Untuk kelas content creator ada tambahan tugas membuat draft konten untuk satu postingan feed instagram. Untuk kelas lain saya tidak tahu apa ada tambahan tugasnya. Durasi tugas ini selama 2 pekan.

Reward

Bagi peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan tugas tersebut, akan mendapatkan sertifikat dari PARIS  Paragon dan mendapatkan paket hampers produk perawatan. Wow, ini yang membuat para peserta bersemangat.

Bagi peserta yang tidak mengerjakan tugas, ga ada sistem DO di sini. Teman-teman masih tetap bisa diterima di grup PARIS. Sertifikat dibagikan secara online melalui Google Worksheet, jadi tiap peserta bisa melihat siapa yang akhirnya mendapatkan sertifikat.

Pengalaman Saya Bersama PARIS

Teman-teman ada yang penasaran kah, apakah saya termasuk peserta yang mendapatkan reward tersebut?

Ehemm, sebelumnya saya sudah sedikit menyinggung bahwa masuk ke kelas TOT PARIS ini, saya merasa salah kelas. Maunya dapet materi content creator aja, ga sampai ke arah jadi trainernya gitu. Tapi namanya kelas dah satu paket ya, jadi harus mengikuti rules mereka dong.

Qodarullaah saat jadwal kelas yang saya ambil , beberapa hari sebelumnya saya mendapatkan kabar bahwa Bapak saya di desa harus operasi prostat. Jadi saya membawa anak-anak pulang kampung. Saya perkirakan saat jadwal kelas, bapak masih di RS.

Meski Bapak dirawat inap, sebagai anak saya tidak diharuskan menjaga di sana. Hal ini karena saya masih menyusui. Jadi kalau ke RS ya ga nginep. Yang full jaga adalah ibu dan adek saya. Saya jaga rumah yang kebetulan juga sedang ada tukang renov, dan menyiapkan makanan serta kebutuhan lain Bapak, Ibu, adek, dan Pak Tukang.

Tidak disangka ternyata pas jadwal kelas itu pas bapak boleh pulang. Hari itu Sabtu. Saya bilang ke ibuk akan ikut jemput bapak bersama 2 krucil saya. Saya pikir akan bantu angkat barang, sementara adek standby di mobil dan ibu menuntun bapak. Ternyata jadwal pulangnya mundur, nggak pagi tapi siang, pas jam 1 siang. Hiyaaa... saya kelimpungan. Gimana dengan kelas yang sudah saya tunggu-tunggu selama ini?

Akhirnya saya memutuskan untuk meminta izin ke mbak Alfina adminnya PARIS bahwa saya nggak bisa datang on time dengan alasan seperti yang saya ceritakan di atas. Saya meminta pertimbangan apakah saya harus reschedule kelas tahun depan mungkin tapi tanpa seleksi lagi, ataukah boleh hadir terlambat di zoom? Saya diberi dispensasi ga papa datang terlambat. Alhamdulillah.

Pas dah rapi siap mau berangkat, qodarullaah my baby bobok. Byuh ni gimana, mau jemput orang sakit bantu angkat barang masak sambil ngotong-ngotong anak tidur. Saya wa ibu, sama ibu disuruh di rumah aja ga usah ikut jemput.

Akhirnya saya buka zoom, join the class on time pas jam satu siang. Karena kemrungsung sejak tadi, saya belum siap dengan device buat ngezoom. Pake PC rumah yang nyambung dengan wifi tapi PC adek saya ga support nampilin virtual background yang disediain PARIS, plus juga audionya nggak bisa.

Setelah adek saya datang dari RS saya pinjam laptopnya dan barulah permasalahan device teratasi. Alhamdulillah bisa on cam dan menyimak materi. Kelas sudah ramai dan banyak wajah-wajah muslimah muda yang cerah dengan aura positif dan antusias. Daaan...insecure tiba-tiba melanda. Kok  kayaknya saya yang paling gaptek ya, yang paling jauh dari peradaban digital, bisa nggak ya ngikutin?

Satu jam materi sudah selesai. Masih ada 2 jam, wah waktu tanya jawab panjang, saya pikir begitu. Ternyata waktu 2 jam itu untuk latihan presentasi materi. Jadi peserta diberi waktu mungkin 15 menit untuk mempersiapkan. Saya menunggu, what Will happen then?

Kemudian peserta dipanggil satu-satu untuk presentasi. Heran banget, mbak-mbak cantik ini udah lancar aja presentasi dari cuplikan materi Bu Zazha. Apa mereka ini angkatan lama yang ikut lagi ya? Saya juga mencoba bersiap kali aja dipanggil.

30 menit sebelum kelas usai dan saya belum dipanggil. Saya memutuskan untuk undur diri dari zoom meeting dan menemui bapak di rumah depan yang sudah pulang dari RS.

Saya ringkas saja ceritanya. Saya diizinkan setor record presentasi sendiri. Saya juga membuat flyer, materi ppt, dan draft konten. Alhamdulillah saya bisa mendapatkan e-sertifikat. Dan ternyata yang mendapat sertifikat di kelas Literasi Digital hanya setengah saja.

Jika ada di antara teman-teman yang ingin tahu apa sih materi content creator yang saya dapatkan, berikut sedikit saya bagikan oleh-oleh dari kelas content creator.

Materinya basic , membuka mata tentang dunia literasi digital.

Materi Cara Menjadi Content Creator Pemula

Saat ingin menekuni dunia content creator, ada baiknya kita membekali diri dulu dengan pengetahuan dasar tentang konten dan literasi digital.

Latar Belakang Mempelajari Literasi Digital

Mengapa kita perlu peduli dengan literasi digital? Berikut hal yang menjadi pertimbangan:

  1. Perkembangan internet yang sangat cepat
  2. Mudahnya mengakses informasi
  3. Pengguna sosial media yang makin meningkat
  4. Sarana berbagi informasi
  5. Memotivasi dan menginspirasi
  6. Perkembangan digital memiliki tantangan dan peluang

Tentang Literasi Digital

Literasi digital merupakan kemampuan dalam mengidentifikasi, memahami, menafsirkan, menciptakan, berkomunikasi, menghitung,menganalisa dan menggunakan konten digital dalam kaitannya dengan berbagai pencapaian tujuan dalam mengembangkan pengetahuan dan potensi, serta untuk berpartisipasi secara penuh dalam komunitas dan masyarakat.

Jadi, saat berhadapan dengan aliran konten digital yang sering disebut sebagai tsunami informasi ini, sebaiknya kita memiliki kurasi dan filter, agar bisa memanfaatkannya sesuai tujuan dan mengambil peluang dalam kontribusi kepada komunitas dan masyarakat. Contohnya nih, jangan asal share info yang kita terima sebelum kita kurasi, filter, dan pertimbangkan baik-baik kebenaran dan manfaat madhorotnya.

Jenis Konten

  1. Konten Edukatif (How To). Yaitu konten yang membantu audience untuk memahami suatu informasi.
  2. Konten News/Info (Update dan Detail). Ini merupakan konten yang menjelaskan informasi detail mengenai suatu produk atau seputar informasi terupdate.
  3. Konten Atraktif (Menghibur). Konten yang bisa menghibur, misalnya games, giveaway, fun facts
  4. Konten Social Proof (Bukti). Konten yang menunjukkan bukti jika suatu hal/produk diminati, misal testimoni, hasil obrolan suatu topik.
  5. Konten About Us (Identitas). Konten yang menunjukkan tentang siapa di balik akun ini atau apa produk dan brand yang ingin diperkenalkan.

Bagaimana Konten Disampaikan

Sentuh audience dengan cara ini:

  1. Fear/Pain Factor. Hal menakutkan atau menyakitkan apa yang akan terjadi kalau audience tidak mengikuti apa yang kita ajak
  2. Gain Factor. Hal menyenangkan apa yang akan mereka terima atau alami jika mengikuti anjuran atau penawaran kita.
  3. Logic Factor. Memberikan data yang terpercaya tentang hal yang kita tawarkan

Alasan Ngonten

Membangun Personal Branding

  • Menyebarkan manfaat melalui karya
  • Jujur, berintegritas
  • Konsisten memegang suatu nilai

Narsis

  • Menunjukkan pencapaian diri tanpa memberikan value
  • Fokus pada diri sendiri
  • Manipulatif, tidak apa adanya
  • Tidak konsisten memegang suatu nilai

Langkah Membuat Konten

Tugas seorang content creator

1. Know Yourself

  • Siapa kamu
  • Apa yang kamu sukai
  • Apa yang menjadi keahlianmu
  • Apa keresahanmu

2. Studi Literatur

3. Membuat Draft Konten

4. Kurasi/Editor

5. Desain konten

6. Posting

Membuat Content Plan

Content plan adalah rencana membuat konten berdasarkan waktu dan tema, disesuaikan dengan niche akun masing-masing. Membuat Content Plan akan memberikan panduan dan arah yang jelas bagaimana akun akan dikembangkan. Dengan content plan juga akan membuat content creator terhindar dari ketidakdisiplinan posting konten yang akan berpengaruh terhadap algoritma sosial media. Contoh content plan seperti di bawah ini.
Cara membuat content plan

Itu saja sedikit yang bisa saya sampaikan dari rangkuman materi cara menjadi content creator pemula. 

Growing Up With PARIS

Powerful Influencer School Paragon ini tidak berhenti begitu kelas usai. Grup WhatsApp masih disediakan untuk komunikasi antar member dan tutor.

Dari yang disampaikan oleh foundernya, Bu Vivin, PARIS dianggap sebagai sebuah komunitas yang saling mensupport perempuan untuk terus berkembang. Informasi yang terakhir sampai melalui grup WA, akan ada sesi zoom untuk membahas rencana penerbitan buku bersama, buku antologi seperti itu. Lumayan bikin penasaran ini, kami masih menunggu informasi lanjutannya.

Sepertinya PARIS akan terus berkembang, dari segi kelas yang sudah berjalan maupun event-event baru lainnya. Meski grup PARIS bukan grup yang selalu ramai tiap hari, tapi tiap ada hal baru selalu diinfokan di grup dan selalu disambut antusias anggota.

Berada di sebuah circle Positif dan berjejaring dengan orang-orang yang relate dengan kita InsyaAllah akan memberi pengaruh baik berupa inspirasi dan peluang baru. 

Nah Teman Fillaah, sampai di sini cerita tentang PARIS dan sesi belajar cara menjadi content creator pemula. Bagi teman-teman yang ingin mengikuti kelas-kelas online PARIS, bisa langsung mendaftar melalui link bio Instagram PARIS. Ngomong-ngomong,  kelas PARIS apa yang menarik hatimu? Silahkan tulis di kolom komentar! Jika kamu sudah mendaftar dan bergabung, InsyaAllah kita bisa satu grup WA. Saya tunggu ya!

 

3 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. saya baru banget belajar jadi Content Creator Pemula, tulisan kakak menambah pengetahuan baru bagi saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hey kak, moga hari-hari ke depan makin banyak mendapatkan info tentang dunia content creator ya dan bisa bergabung di komunitas terkait

      Delete
  2. Waaah keren dan lemgkap sekali. Jadi belajar banyak dr ulasan ini. Makasih banyak mba 🥰

    ReplyDelete