Ganti Judul dan ALt sendiri

Resep Fudgy Brownies Shiny Crust dan Tips Anti Gagal dari Produsen Brownies

Fudgy Brownies Shiny Crust

Bagi pecinta brownies panggang, biasanya memiliki keinginan juga untuk bisa membuat sendiri brownies favoritnya. Karena kalau mengandalkan beli saja ketika kepingin, kadang tidak mudah mendapatkannya. Saya akan berbagi Resep Fudgy Brownies Shiny Crust untuk Teman Fillaah di sini, beserta tips bagaimana agar bisa berhasil bikin brownies seperti Brownessa by Aishawa’s Delight. Ada yang tertarik?

Lebih Dekat dengan Fudgy Brownies Shiny Crust.

Fudgy Brownies Shiny Crust adalah brownies panggang yang memiliki tekstur bagian dalam lembut, basah, nyoklat, dan bagian permukaan atasnya terdapat lapisan mengkilap warna coklat muda.

Lapisan tipis mengkilap seperti film di permukaan brownies panggang inilah yang disebut sebagai lapisan shiny crust. Terbentuknya lapisan ini adalah salah satu indikator keberhasilan pembuatan fudgy brownies.

 Cita rasa brownies panggang  tidak saja bergantung pada kualitas bahan, akan tetapi teksturnya juga berperan sebagai penentu rasa dan keberhasilan sebuah brownies panggang.

Apa itu lapisan shiny crust

Jika kamu ingin membuat sendiri brownies favoritmu, yang perlu menjadi perhatian adalah pemilihan bahan dan kecermatan dalam prosesnya.

Yuk, langsung saja mulai persiapan apa saja yang diperlukan untuk membuat Fudgy Brownies Shiny Crust ini.

Persiapan Peralatan Membuat Brownies Panggang

Untuk membuat brownies panggang, sebelum mulai menimbang bahan, sebaiknya persiapkan dulu peralatannya. Apa saja peralatan yang diperlukan?

  1. Mangkuk adonan. Menggunakan bahan stainless steel yang tebal lebih baik.
  2. Hand mixer
  3. Spatula 2 buah, ukuran sedang. Pilih yang bahan silikon lebih enak ni.
  4. Saringan untuk menyaring tepung dan cocoa.
  5. Panci bergagang untuk memanaskan coklat blok (dcc)
  6. Wajan, sebagai alas untuk mengetim dcc
  7. Loyang ukuran 20x20 cm 1 buah, atau 30x10 cm 1 buah, atau 20x10 cm 2 buah (pilih salah satu jenis saja ya). Loyang brownies biasanya memiliki tinggi 4 cm.
  8. Baking paper untuk alas loyang. Lebarnya melebihi tinggi loyang ya, karena untuk mengambil kue dari loyang nanti tidak dibalik, tapi dengan mengangkat kertas alasnya.
  9. Oven. Kalau oven tangkring sediakan juga termometer oven. Harganya kurang dari 20 ribu kok.
    Dcc untuk brownies

Resep Fudgy Brownies Shiny Crust 

Resep brownies yang saya bagikan ini adalah resep yang banyak beredar di internet, yaitu resep fudgy brownies shiny crust oleh Ibu Erlina Liem. Resep ini banyak dipakai oleh para pedagang brownies loh.

Apakah resep ini dipakai juga oleh Brownessa? Resep awal Brownessa saat menjual brownies hampers menggunakan resep ini juga. Tapi seiring perkembangan selera market Brownessa, ada beberapa perubahan menyesuaikan cita rasa yang diharapkan pelanggan.

Untuk resep fix dan merk bahan yang dipakai Brownessa saat ini, mohon maaf saya nggak bisa membocorkannya ya, teman. Itu jadi semacam rahasia perusahaan gitu. Wuih gaya amat!! Soalnya sudah diwanti-wanti sama tim hore yang mendampingi saya selama ini gagal entah berapa kali percobaan selama bertahun-tahun, untuk di-keep resepnya. Jadi saya manut saja.

Kayaknya emang seru ya, kalau bisnis makanan itu punya resep rahasia. Kayak itu tuh, Mr. Crab dari Crusty Crab, bosnya Spongebob yang selalu ngumpetin resepnya dari si Plankton, rival abadi bisnisnya.

Tapi ga  papa ya, resep dari Ibu Erlina Liem ini sudah oke banget. Kalau ada yang kurang cocok, tinggal dirubah dikit-dikit saja. Di sini saya akan lebih banyak memberikan tips dan trik secara mendetail bagaimana agar proses membuat brownies berhasil.

Oke, langsung yuk intip resepnya:

  • 2 butir telur ayam besar. Kalau kecil, pake 3 ya
  • 150 gram Gula pasir (blender pake blender dry Mill)
  • 150 gram DCC (coklat blok), lelehkan
  • 40 ml minyak goreng
  • 50 gram margarin/butter

  • 100 gram terigu serbaguna atau protein sedang
  • 35 gram cocoa (cokelat bubuk)
  • Topping (Topping untuk brownies biasanya adalah chocochips, almond, keju, Silverqueen, Cadbury, lotus biscoff, dan lainnya)

Gunakan bahan berkualitas bagus agar hasilnya enak. Pilih gula pasir kemasan, butter lebih baik daripada margarin, cocoa dan DCC minimal yang harga sedang. Kalau yang murah banget takutnya kamu bakal kecewa dengan hasilnya.

Proses Pembuatan Fudgy Brownies Shiny Crust

Dalam pembuatan fudgy brownies shiny crust, persiapan dan urutan pembuatan sangat penting, apalagi bagi pemula. Hal ini karena mempertimbangkan suhu dan kondisi adonan. Jadi sebaiknya ikuti step by stepnya dengan berurutan ya.

Saat sudah masuk tahap membuat adonan, pantang ditinggal-tinggal atau disambi-sambi sebelum masuk ke tahap pemanggangan. So, atur waktumu saat akan membuat brownies ya.

Siapkan semua peralatan sebelum mulai membuat adonan. Loyang dan baking paper atau alas loyang harus sudah siap. Lapisi loyang dengan minyak atau margarin secara merata.

Cara membuat Fudgy brownies

Bahan harus sudah ditimbang semuanya. Gula sudah dihaluskan, DCC sudah dipotong-potong, dan tepung plus cocoa sudah diayak.

Selanjutnya, mari memulai langkah sesuai resep fudgy brownies shiny crust berikut ini. Perhatikan urutan dan waktunya ya.

  1. Tim DCC bersama margarin dan minyak. Letakkan panci bergagang di atas wajan dengan sedikit air. Gunakan api sedang. Aduk-aduk dengan sendok kayu hingga tercampur semua dan tidak ada yang bergerindil. Perhatikan jangan sampai air dari wajan nyiprat ke panci DCC ya. Kalau khawatir terciprat atau terpercik air, bisa disiasati dengan menggunakan panci bawah yang berisi air itu pake panci  yang lebih kecil, jadi nggak pake wajan. Ini lebih aman sih. Setelah DCC larut, angkat dari panci air dan diamkan hingga hangat. Tidak perlu ditutup
  2. Lanjutkan dengan mencampur telur dan gula pasir halus di mangkuk adonan. Mixer dengan kecepatan sedang selama 3-5 menit. Waktu tidak bisa menjadi patokan utama. Indikator utama adonan sudah cukup adalah gula sudah larut dan tidak bergerindil.
  3. Hasil mixer gula dan telur ini berupa kocokan gula telur berbusa putih dengan tipe adonan ribbon stage yang disebut meringue (dibaca mereng). Perpaduan meringue dan DCC inilah yang nantinya berperan dalam terbentuknya lapisan shiny crust.
  4. Istirahatkan sebentar kocokan telur sambil menunggu lelehan DCC hangat (tidak terlalu panas). Setelah hangat, masukkan DCC leleh ke kocokan telur, aduk dengan spatula. Cara mengaduknya dengan teknik aduk balik. Jangan mengaduk dengan diputar seperti putaran jarum jam.
  5. Setelah tercampur, masukkan ayakan terigu dan cocoa. Aduk lagi dengan teknik aduk balik juga. Lakukan dengan hati-hati hingga tercampur rata, hingga tidak ada tepung kering yang belum tercampur. Begitu tercampur, hentikan pengadukan. Jangan over aduk ya, temans. Nah, adonan brownies sudah jadi. Gampang, kan?Teknik membuat brownies oven
  6. Masukkan adonan ke loyang. Kalau pake loyang yang 20x10 cm, berarti kan jadi 2 loyang. Sebaiknya ditimbang biar sama, jadi matangnya juga bareng.
  7. Setelah adonan masuk ke loyang, hentakkan loyang dengan kuat untuk mengeluarkan sisa udara yang masih terperangkap di adonan. Setelah dihentakkan, biasanya akan ada lubang-lubang udara di permukaan adonan. Ini jadinya bakal bikin jelek penampakan brownies.
  8. Cara membuat permukaan adonan di loyang halus mulus dan nampak shiny adalah dengan meratakan permukaan adonan di loyang dengan menggunakan spatula silikon. Ratakan secara halus hingga semua lubang bekas udara tertutup sempurna dan permukaan licin.
  9. Setelah permukaan licin, diamkan adonan sekitar 15 menit. Ini adalah trik agar shiny crust muncul yang banyak orang tidak tahu. Biasanya setelah masuk loyang, langsung saja masukkan oven. Kalau mau shiny crust keluar dengan cantik, istirahatkan adonan di loyang, jangan diutak-atik hingga permukaan adonan SET.
  10. Setelah permukaan adonan SET, baru tambahkan topping kesukaan kamu. Tapi, bila ingin memberi topping keju, biasanya lapisan shiny crust tidak akan keluar. Saya belum tahu mengapa, atau apa alasan sains dibalik tidak munculnya lapisan shiny crust kalau bersentuhan dengan keju. Tapi memang banyak pedagang brownies yang melaporkan hal yang sama. Kalau kamu punya pengalaman berbeda, senang sekali jika mau berbagi.
  11. Setelah selesai pemberian topping, baru nyalakan kompor. Tunggu hingga suhu oven mencapai 180 derajat. Masukkan loyang ke oven. Gunakan rak tengah saja, lebih aman untuk pemula.

Kalau memakai oven kompor (otang/oven tangkring), setelah masuk oven biasanya saya kecilkan kompornya hingga api sedang. Sebelum memasukkan loyang, saya gunakan api paling besar. Dengan api sedang, lama memasak sekitar 30 menit.

Patokan brownies matang, selain perkiraan waktu adalah dengan terciumnya wangi brownies yang keluar. Saat dipanggang kan ga ada aroma kue gitu, tapi saat tercium aroma kue, berarti itu tanda kue di level matang.

Biasanya setelah tercium aroma, saya baru cek. Sebelumnya jangan buka tutup oven buat tengok-tengok si kue loh ya, tar malah lapisan shiny crustnya enggan nongol. Jika sudah tercium aroma dan lapisan shiny crust sudah tampak, itu tandanya sudah matang. Tapi biasanya saya suka tambahkan waktu 5 menitan sebelum mematikan kompor agar bagian tepinya lebih kering dan mantap matangnya.

Untuk cek kematangan brownies panggang, tidak perlu tes tusuk kue ya. Cukup lihat permukaannya saja. Kalau ditusus, meski sudah matang akan tetap lengket karena kandungan DCCnya kan banyak. Leleh dan lengket, kan?

Cara agar lapisan shiny crust muncul

Tunggu hingga brownies tidak panas. Selanjutnya keluarkan brownies dari loyang dengan cara mengangkat baking paper. Jika brownies lengket dengan loyang, cukup disisir pinggir loyang dengan bantuan pisau, baru angkat baking paper. Letakkan brownies di piring lebar, lalu potong-potong sesuai keinginan.

Brownies panggang saat baru matang biasanya masih eneg. Brownies biasanya baru enak setelah satu hari.

Apakah fudgy brownies shiny crust bisa disimpan di kulkas? Bisa banget. Jika bikin banyak dan ingin dinikmati di lain hari, brownies panggang di kulkas akan menambah waktu simpan.

Jika di suhu ruangan brownies panggang bisa tahan 8 hari, maka ketika di kulkas bisa menjadi 14 hari. Kalau disimpan di freezer bisa tahan hingga satu bulan. Sebaiknya brownies disimpan di tempat tertutup. Saat akan mengkonsumsinya, biarkan dulu hingga suhu ruang ya.

Berapa lama masa penyimpanan brownies panggang?

Siap Mempraktekkan Resep Fudgy Brownies Shiny Crust?

Nah Teman Fillaah, saya sudah berbagi tips dan resep fudgy brownies shiny crust. Saatnya kalian mencoba membuat brownies versi terbaikmu ya. Silahkan utak-atik resep untuk mendapatkan cita rasa yang paling pas sesuai seleramu. Seneng loh kalau bisa membuat kue favorit sendiri. Bisa dinikmati sebagai teman me time, nugas, atau saat ngumpul bersama keluarga. Kalau ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Happy baking!

 

 

 

 

 

 

9 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. baru tau kalau brownis baru enak setelah satu hari. makasih mba resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Putri, sama-sama. Sebenernya lebih enak lagi tu hari ke-2. Tapi mana tahan sih, baru sehari juga sudah jadi rebutan, pada ga peduli nunggu best timenya ^^

      Delete
  2. Belum afdol kalau belum nyicipin punya Brownessa 🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini-sini maen ke SBY kubikinin...atau mau dilempar aja🥰

      Delete
  3. Kok pas bangettt, aku pengen belajar backing, simpen duluuu ahhh. Anw aku baru pertama main di blog aishawa.com cakeppp banget

    ReplyDelete
  4. Aku juga mau dong dilempar brownessa sama kayak mbak iis,deket nih dari surabaya

    ReplyDelete
  5. Ratunya baking nih kalau udah ngasih tips pasti deh mantul 🙂

    ReplyDelete
  6. Tim lebih sering ngukus karena takut gagal maggang wajib banget cobain ini ya kak hehe

    ReplyDelete
  7. Simpan dulu, kalau ada waktu luang pingin cobaaa

    ReplyDelete