Ganti Judul dan ALt sendiri

Resep Mochi Enak, Wangi, Mantul


Cara membuat mochi

Senang sekali bisa ikut cooking class Blogspedia membuat kue mochi. Saya ingin berbagi resep mochi enak, wangi, mantul ini untuk teman-teman. Kamu suka mochi juga? Simak ya resep dan cara membuatnya ini.

Kue mochi berbahan dasar tepung ketan dan santan. Rasanya manis lembut dan teksturnya kenyal. Kue yang umumnya berisi kacang tanah manis ini sekarang sudah mengalami modifikasi dengan aneka isi mulai dari cokelat, selai, buah, hingga es krim.

Kue mochi bisa menjadi alternatif jajanan untuk kamu yang sedang berusaha hidup lebih sehat. Kue mochi tidak mengandung gluten, margarin, telur, dan menggunakan gula yang tidak terlalu banyak. Ngemil jadi no worry, kan?

Ngomong-ngomong, kalau kamu pingin bikin Snack yang manis, legit, dan nyoklat seperti Fudgy Brownies, bisa coba resep Browniesnya Aishawa Delight ya.

Ceritaku Mengapa Mau Bikin Mochi

Siapa sangka akhirnya saya mau belajar membuat mochi. Kue imut kenyal itu adalah favorit anak-anak. Mereka kenal mochi saat kami tinggal di Semarang. Mochi menjadi salah satu oleh-oleh khas kota Semarang.

Anak nomer dua dan suami paling suka dengan jajanan ini. Sejak lama mereka request dibuatkan. Bahkan suami pernah mencari resepnya di YouTube, belanja bahan sendiri dan berniat membuatnya. Qodarullaah nggak kesampaian karena kesibukan. Bahan pun terbengkalai lama dan rusak.

Waktu itu saya juga tidak tergerak untuk belajar karena yang terpikirkan kalau membuat kue tradisional itu prosesnya sulit dan butuh waktu lama.

Bayangan ribet bikinnya tapi begitu matang langsung sekali lhep juga udah bikin malas duluan. Apalagi mencetaknya satu per satu. Saya sedang menghindari bebikinan kue yang cara bikinnya model nastar, klepon, aneka roti manis, dan apa pun yang perlu membentuk satu per satu. Mochi masuk di kategori ini.

Memang masih ada keinginan untuk membuatkan mochi ini demi memenuhi permintaan nak-anak. Tapi sejujurnya itu masuk wishlist bebikinan nomor buncit. Masih butuh didorong-dorong lagi sama crew buat gerak. Yah...semager itu dirikuuuh. Maafkan ya sayangkuu.

Dan bulan Mei kemaren jadilah akhirnya eksekusi bikin mochi. Siapa yang akhirnya berhasil mendorong saya? Blogspedia guys. Blogspedia itu komunitas blogger, kok bisa-bisanya mempengaruhi membuat kue?

Jadi, ceritanya Blogspedia mengadakan kegiatan dari anggota untuk anggota gitu yang selain aktivitas ngeblog. Cooking class akhirnya disetujui sebagai salah satu kegiatan tersebut. Senang kan, bisa jadi lebih produktif dengan belajar skill baru?

Ini cooking class perdana Blogspedia. Request dari teman-teman yang berminat masak adalah membuat kue yang nggak pake mixer, nggak pake oven. Setelah diskusi, diputuskan membuat kue mochi.

Cooking class dipandu oleh mentor masak alias chef yang juga ketua umum Blogspedia, yaitu Pak Sugianto, atau yang lebih akrab disapa Pak Ugi atau Kang Ugi. Selain sebagai seorang blogger, Pak Ugi juga mengelola bisnis keluarga bersama istri dengan mendirikan usaha Layyina Cake and Bakery di kota Jember.

Pak Ugi mengusulkan membuat kue mochi karena selain sesuai permintaan teman-teman yang no mixer no oven, juga karena mochi sedang cukup diminati sebagai jajanan untuk anak-anak.

Baiklah, sepertinya pintu belajar permochian untuk saya terbuka di sini. Saya antusias ikut apalagi setelah membaca resepnya. Jadi penasaran banget cara membuatnya yang ternyata sangat berbeda dengan yang saya bayangkan sebelumnya.

Mumpung belajar bareng teman sekomunitas Blogspedia, bisa langsung praktek. Jadi, InsyaAllah lebih semangat dan bisa tanya-tanya juga pada Pak Ugi yang sudah berpengalaman. Cuss lah, bismillah. Yuk, ikut intip resep dan cara membuat kue mochi.

Resep Kue Mochi Enak, Wangi, Mantul

Bahan Utama

  1. Tepung beras ketan 230 gr
  2. Tepung Maizena 25 gr
  3. Garam ½ sdt
  4. Gula pasir 75 gr
  5. Minyak 1 sdm
  6. Santan kemasan 65 air + air sampai jadi 300 ml
  7. Tepung sagu atau tapioka 100 gr + daun pandan 1 lembar (disangrai untuk taburan)
    Bahan kering mochi

Bahan Filling/Isian

Untuk bahan isian mochi, bisa sesuaikan dengan selera. Bisa diisi dengan selai, filling khusus untuk isi roti atau donat, atau untuk mochi original pada umumnya menggunakan isian kacang. Saya memilih menggunakan isian kacang ini. Berikut resepnya.
  1. 250 gram kacang tanah (sangrai, bersihkan dari kulitnya. Atau gunakan kacang tanah tanpa kulit, tinggal sangrai)
  2. 100 gram gula pasir
Blender (dry mill) atau Chopper kacang dan gula, tidak perlu terlalu halus.

Campurkan sekitar 2-3 sdm air panas, aduk hingga menggumpal.

Perlengkapan

Untuk membuat kue mochi, siapkan perlengkapan sebagai berikut:
  1. Mangkuk adonan
  2. Whisk 
  3. Gelas takar
  4. Cetakan kue moci/cetakan kue biasa/mangkok kue talam kecil yg tahan panas/loyang (olesi minyak)
  5. Panci/kukusan

Cara Membuat

Proses pembuatan mochi

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat kue mochi:
  1. Timbang dan takar semua bahan
  2. Pastikan tepung sagu dan pandan sangrai sudah siap
  3. Siapkan juga isian/filling sesuai selera
  4. Panaskan kukusan. Sambil. Menunggu panas mulai bikin adonan.
  5. Campur bahan kering (tepung ketan, maizena, gula, garam) aduk sampai tercampur rata.
  6. Masukkan santan bertahap hingga habis sambil diaduk merata.
  7. Tambahkan minyak
  8. Saring adonan, agar benar-benar halus.
  9. Masukkan adonan ke dalam cetakan.
  10. Kukus adonan di dalam kukusan yang sudah mendidih (beruap ada asap saat dibuka) selama 20 menit.
  11. Matikan kompor, angkat cetakan
  12. Setelah hangat atau agak dingin, keluarkan kulit kue mochi
  13. Letakkan adonan pada tepung sagu yang sudah disangrai. Pastikan tangan dalam kondisi bersih dan kering. Lebih baik apabila menggunakan sarung tangan plastik saat membentuk kue mochi.
  14. Tekan kulit mochi pelan, agar lentur.
  15. Isi dengan isian sesuai selera.
  16. Pertemukan bagian ujung setiap pinggirnya dan tekan hingga menutup isian dengan sempurna.
  17. Gulingkan pada tepung sagu.
  18. Sajikan, siap disantap.
    Resep mochi
    Sumber foto Cooking Class Blogspedia Membuat Mochi

    Cara mengisi mochi

Jadi Gimana, Mau Langsung Jualan Mochi?

Resep mochi

Ternyata membuat mochi itu cukup mudah ya. Bahannya simpel, mudah didapat, dan murah pula. Prosesnya juga sederhana, tinggal timbang, campur, kukus, bentuk. Peralatan yang diperlukan ada di dapur kita. Nah, gimana? Apa setelah praktek bikin mochi mau langsung cuss jualan buat nambah penghasilan?

Resep mochi mantul

Saat ini saya sudah dua kali praktek resep mochi enak, wangi, mantul ini. Alhamdulillah sudah bisa menikmati prosesnya dan lebih memahami karakter kue ini. Saya tertantang juga untuk ikut jualan mochi. Tapi eh tapi...kendalanya adalah saat masih proses membentuk pun sudah ada yang main serobot mau bikin mochinya sendiri. Mau diisi glaze lah atau yang lain. Dan saat semua sudah jadi, tim penyantap sudah siap sedia menghabiskan. Kira-kira kalo dibikin jualan di masa-masa mochi lovers seagresif ini dan masih sulit dikondisikan, sanggup tak saya menahan emosi jiwa??? Bakal profit or not ya? 
‹ OlderNewest ✓

19 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Setelah diskusi panjang akhirnya diputuskan membuat mochi ya, haha. Kue favoritku juga mbaaa kalau kemana-mana selalu beli mochi nggak pernah terlewat. Sepertinya memang selalu ada di tempat oleh-oleh kota manapun ya.

    Aku belum buat nih mbaaa, huhu. Seru banget ya bisa di modifikasi mau rasa dan warna apa saja. Selamat mbaa udah berhasil buat mochi favorit anak-anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku malah baru tau kalo mochi tu sering ada di toko oleh-oleh mbak hehe

      Delete
  2. Waaaah berawal dari kesukaan, permintaan, lalu sharing resep jadilah eksekusi yang memukau. Hebat mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih saya senang juga akhirnya bisa kesampaian bikin mochi, apalagi anak-anak...

      Delete
  3. Mochi makanan khas Semarang kayaknya ya mbak? Rasanya kenyal gurih. Ternyata bikinnya hanya dikukus tanpa oven ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Bu saya juga taunya pas di Semarang. Tapi katanya di Sukabumi atau mana daerah barat sana lebih khas lagi

      Delete
  4. Sebenernya aku nggak begitu suka mochi. Tapi pas liat temen-temen pada buat dan kayaknya seru jadi pengen buat juga untuk bocil-bocil di rumah. Tapi belum sempat sampe sekarang. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang favorit bocil banget ni mochi...yuk yuk ikutan bikinn biar anak-anak hepiii

      Delete
  5. Aku juga suka banget kue mochi. Tapi belum pernah praktik bikin. Belum punya tepung berasnya. Kalau pas belanja kok yo klalen terus 😅 ini keknya seru juga buat aktivitas liburan anak-anak ya 🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mo bebikinan bukan nyiapin bahannya yg paling utama mbakkkk...tapi niat dan waktunya itu yg paling butuh effort wkwk

      Delete
  6. Nah lengkap banget nih step by stepnya, aku jadi punya bayangan gimana cara bikinya. Aku tuh dari kemarin ngebayangin gimana nyetaknya haha...aku belum sempat nonton ulang rekamannya, kayaknya dari sini aja aku udah bisa langsung praktek nih. Timaacii mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ni kayak aku ga kebayang nyetaknya macam mana mbak...ternyata model adonannya cair gitu dan musti pake cetakan kukus. Alhamdulillah aku ga nglewati event ini

      Delete
  7. Wah jadi ngiler ni mbak. Save dulu resepnya, kapan2 coba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak bikin....kutunggu share hasilnya yaaa

      Delete
  8. Aku juga pengen nyobain eksekusi membuat mochi sendiri, tapi belum juga terlaksana nih. Kayaknya perlu dipaksa, gagal atau berhasilnya urusan belakangan ya, Mb?? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah anti gagal mbak... palingan soal bentuk yang ga perfect, rasa n tekstur aman kok

      Delete
  9. wah, kalau mau bikin mochi dirumah, perlu beli cetakannya ya mbak. Nggak kebayang, aku yang buat mochi, berhasil enggak ya. hhhha . penasaran dengan rasnya juga. kalau bikin sendiri pasti lebih yummy. )kalau berhasil)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iya itu aku pas praktek pertama pake loyang aja mbak ga pake cetakan bisa. Pas bikin kedua kalinya baru aku beli cetakannya. Harusnya aku ceritain yA prosesnya. Kalo mau lihat di YouTube banyak juga yang ga pake cetakan kecil, harus lebih telaten sih jadinya

      Delete
  10. Wah layak dicoba nih, kiddosku suka banget mochi, suamiku juga suka mochi ini, terima kasih sharing resepnya ya

    ReplyDelete