Ganti Judul dan ALt sendiri

Jatuh Hati Pada Sunscreen Wardah Gel SPF 30, Si Hemat Orenz Dengan Aroma Segar dan Bikin Sehat Kulit



REVIEW WARDAH UV SHIELD ESSENTIAL SUNSCREEN GEL SPF 30 PA+++

Dalam urusan skincare, salah satu bagian yang menjadi perhatianku adalah soal penggunaan sunscreen. Pada pengalamanku merawat wajah, awalnya sunscreen adalah hal yang kuabaikan. Aku merasa tidak perlu  pake produk sunscreen khusus, kecuali kalau mau berjemur di pantai mungkin baru boleh lah. Aku beranggapan cukuplah menggunakan day cream yang mengandung SPF, bukan kah SPF itu artinya mengandung bahan yang melindungi kulit dari sinar matahari? Jadi sama saja kan? Waktu itu aku juga belum paham kalau produk skincare penggunaannya boleh dilayer-layer alias ditumpuk berlapis-lapis.

 

Namun seiring bertambahnya wawasanku tentang perskincare-an, aku menjadi sadar bahwa sunscreen itu adalah salah satu bagian skincare wajib yang nggak boleh di-skip. Sunscreen berperan sebagai protector/pelindung kulit dari penyebab terbesar rusaknya kulit wajah, yaitu sinar matahari. Mau skip rangkaian skincare lain ga papa, tapi sunscreen ga boleh, kalo mau kulitnya ga mudah rusak tentunya.

 

Jadi Mengapa Kita Harus Menggunakan Sunscreen?

Sinar matahari mengandung sinar UV atau ultraviolet. Nah, sinar UV sendiri terbagi menjadi dua, yaitu UVA dan UVB. Perbedaan antara keduanya adalah UVB menyerang kulit bagian luar yang bisa menyebabkan sunburn, sedangkan UVA bisa menyerang sampai ke lapisan tengah kulit yang memicu masalah penuaan seperti kulit berkerut dan bintik hitam. Untuk mengingatnya, UV  B (Burn)  dan A (Aging). Waah ngeri kan ternyata efek sinar matahari.

Maka dari itu, penting untuk melindungi kulit kita dari bahaya sinar UV dengan menggunakan sunscreen dengan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade of UVA) yang cukup. Kandungan SPF berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA melindungi kulit dari paparan sinar UVA.

Sedangkan kalau kita melihat tanda plus (+) di belakang tulisan PA pada produk sunscreen, hal itu menandakan tingkat perlindungan sunscreen terhadap UVA. Semakin banyak tanda plus, maka makin besar juga perlindungannya. Misalnya, sunscreen PA+++ memberi perlindungan tinggi terhadap UVA, sedangkan PA++++ artinya perlindungan sangat tinggi. Itu berarti, menggunakan sunscreen bisa mencegah kita mengalami kerusakan kulit seperti berikut ini:

Kulit terbakar (Sunburn)

Kondisi ini sering terjadi bila kita terlalu lama terpapar sinar matahari. Biasanya gejala sunburn muncul beberapa jam setelah kulit terpapar sinar UV terlalu lama, kulit  jadi memerah, perih, dan nyeri. Pernah ngerasain kan dulu? Misal habis berenang, upacara, kalau dulu aku saat sekolah pas latihan dan lomba gerak jalan, duuh kerasa banget. Kalau sekarang, jika terlalu asik di kebun aku juga sering merasakan efek Sunburn ini kalau tidak menggunakan sunscreen yang cukup.

Warna kulit wajah tidak merata

Bahaya sinar UV juga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi gelap dan tidak merata. Sinar UV akan membuat kulit melepaskan pigmennya. Hal ini adalah kondisi alami kulit untuk membuat pertahanan baru dan perlindungan bagi kulit. Namun, jika hal ini terus terjadi, kulit akan berubah menjadi gelap. Sedangkan warna kulit pada bagian yang tidak terpapar sinar matahari akan tetap sama. Pada akhirnya, kulit pun tampak tidak merata.


Memicu penuaan dini

Terpapar sinar UV berlebih dapat menghancurkan serat kolagen dan elastin pada kulit, lho. Hal ini mengakibatkan elastisitas kulit berkurang dan menimbulkan tanda-tanda penuaan seperti keriput, kulit mengendur, dan pori-pori membesar. Wah ini tambah ngeri loh. Aku sudah mengalaminya dan aku melihat diriku tampak aneh di cermin. Jadi beneran malas bercermin.

 

Kuliah wajah menjadi kusam

Ketika kulit terpapar sinar ultraviolet secara berlebihan, terjadi penebalan pada lapisan epidermis yang mengakibatkan kulit kita tampak kusam. Hal ini juga merupakan efek dari tanda-tanda penuaan dini yang ditimbulkan akibat terpapar sinar UV secara berlebihan. Kulit kusam itu memang nggak enak banget dilihat teman. Muka kita jadi ga ada cahayanya sama sekali, istilah jawanya mbladus.

 

Risiko kanker kulit

Bahaya sinar UV yang paling buruk adalah memicu risiko kanker kulit. Sinar UV akan masuk ke dalam kulit kita dan merusak materi genetik pada sel-sel kulit yang akhirnya akan menghambat pertumbuhan sel kulit. Semoga kita semua terhindar dari hal ini ya dengan ikhtiar menggunakan sunscreen.

 

Bagaimana cara melindungi kulit wajah dari sinar UV berlebih?



Cara paling aman dan murah tentunya menghindari terpapar sinar matahari secara langsung. Jadi jangan sering berada di luar rumah/bangunan saat siang hari. Tapi sinar matahari kan cahayanya bisa masuk juga ke rumah melalui jendela atau atap kaca. Nah ini makanya perlu menggunakan sunscreen untuk menghindari dari cahaya matahari.

 

Bagaimana Caraku Memilih Sunscreen



Setelah sadar bahwa sunscreen is a must item to buy demi menjaga dan merawat kulit wajahku, langkah selanjutnya tentu memilih produk sunscreen yang tepat. Tepat artinya sesuai untuk kulitku, nyaman digunakan, dan harganya sesuai dengan daya beli alias ramah di kantong. Hal ini penting karena sunscreen itu kita bakal pake terus setiap hari dan selamanya, jadi kalau harganya di luar kemampuan kita membeli maka dikhawatirkan misi menyelamatkan wajah berharga kita dari bahaya UV akan terancam putus di tengah jalan. Ga enak kan?

Selain itu sunscreen termasuk produk yang pemakaiannya cukup banyak atau bisa dibilang boros dibanding produk perawatan lain. Nggak bisa dihemat-hematin kalau ingin full protection. Karena itulah penting bagiku untuk memilih produk sunscreen yang nggak pricey.

 

Aku bersyukur karena pencarianku terhadap produk sunscreen ini tidak memerlukan petualangan panjang. Hanya pernah sekali salah pilih, nah pas pilih yang kedua kali alhamdulilah ketemu jodohnya, cocok. Waktu beli Sunscreen pertama kali aku merasa aneh dengan aromanya, karena bau obat banget. Apa memang sunscreen itu termasuk skincare yang ingredientnya farmasi banget? Waktu itu aku jadi enggan pake Sunscreen lagi. Tapi karena aktivitas keseharianku sering berpanas-panasan, seperti saat menjemur, berkebun, dan jemput anak sekolah, maka aku kuatkan tekad untuk mencari sunscreen lagi.

 

Nah waktu beli produk sunscreen kedua kalinya, meski was-was juga di awal, akhirnya aku merasa menemukan produk yang sesuai dengan harapanku. Harapanku terhadap produk sunscreen ga muluk-muluk sih, baunya enak dan meresap di kulit plus adem itu aja. Soal kemampuan daya kerjanya, aku percaya aja sama klaim brandnya.

 

Dan produk sunscreen yang akhirnya berjodoh denganku itu adalah: WARDAH UV SHIELD ESSENTIALS SUNSCREEN GEL SPF 30 PA+++

 

Kemasan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++



Kemasan luar dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 ini berupa karton yang dilapisi plastik mika, jadi bukan box. Mika transparan digunakan pada bagian depannya sehingga memungkinkan produk dari Wardah ini dapat terlihat jelas. Pada bagian belakang ada beberapa informasi produk sunscreen yang tersedia seperti keunggulan, bahan baku, cara penggunaan, hingga logo halal, serta bermacam informasi produksi.

 

Aku suka dengan desain nya yang simple dan  warna orange jeruk nan segar pada tube kemasan sunscreen.  Bentuk dengan kemasan dan tutup yang praktis membuat Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 mudah dibawa kemanapun.

 

Formula dan Kandungan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Ingredient ini aku ambil dari website Wardah langsung. Silahkan cek, semoga tidak ada bahan alergen yang akan membuatmu khawatir akan efeknya terhadap kulitmu ya.

0% Alcohol, Broad Spectrum Protection, Vitamin E & B5. Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butyloctyl Salicylate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Octocrylene, Propylene Glycol, Hydroxyethyl Acrylate/Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Tocopheryl Acetate, Phenoxyethanol, Sodium Acrylates Copolymer, Chlorphenesin, Propanediol, Lecithin, Allantoin, Panthenol, Disodium EDTA, Fragrance, Ethylhexylglycerin, Artemisia Capillaris Flower Extract.

 

Klaim Produk



Berdasarkan keterangan produk ini di website resmi WARDAH, Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ memiliki klaim dapat menjaga kulit dari paparan sinar UV A dan UV B serta pancaran blue light berlebih karena adanya UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++. Dilengkapi dengan Broad Spectrum Protection yang berfungsi 30 kali lebih optimal namun tidak menimbulkan whitecast.

Kalau blue light itu adalah pancaran sinar dari gadget atau layar kaca lainnya.

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ juga mengklaim bahwa produknya dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Selain itu dia mengandung dimethicone yang bisa membuat kulit menjadi halus dan terlihat kencang saat baru saja digunakan.

 

Produk Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 menggunakan inovasi formula 0% alkohol alias alcohol-free namun tetap ringan dan tidak lengket. Karena itu aku selalu nyaman dan merasa aman dengan branding Wardah sebagai produk skincare yang memilik philosophy Halal Green Beauty.

Ada juga kandungan kombinasi Vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit penggunanya sehari-hari.

 

 Teksture, Warna, dan Aroma Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++



Selain tidak menimbulkan white cast, Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 dengan tekstur watery yang ringan juga memudahkan penyerapannya ke dalam kulit saat diaplikasikan. Jadi kita tidak merasakan lengket atau kulit yang berminyak meskipun sunscreen ini bersifat melembapkan kulit.

 

Aku termasuk sensitif dengan aroma-aroma yang tidak menyenangkan pada skincare walaupun kandungannya bagus, tapi syukurlah Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 ini tidak memiliki aroma yang menyengat. Cocok banget untuk yang sensitif dengan aroma seperti aku. Aroma sunscreen ini seperti jeruk, segar tapi lembut. Kalau kamu ingat permen Sugus rasa jeruk, ya seperti itulah gambarannya menurutku. Aroma ini sama dengan aroma Wardah Facial Wash Energizing yang juga aku pake. Wangi segarnya benar-benar Energizing dan mempengaruhi mood positif di pagi hari. Ga ada bau-bau obatnya sama sekali  Sukkka bangeeeett

 

Karena produk ini berupa gel, kupikir teksturnya akan seperti gel bening seperti gel Aloe Vera yang kental transparan. Tetapi ternyata gelnya berwarna putih susu agak transparan, mirip lotion atau seperti tekstur moisturizer. Saat di-apply, nyaman digunakan, berasa dingin dan lembab. Termasuk mudah meresap tanpa menimbulkan white cast. Tapi meresapnya butuh waktu satu menitan. Karena mengaplikasikannya agak banyak, di awal masih terlihat lapisan putih. Tunggu sebentar saja nanti setelah rata dan meresap sempurna warna putihnya jadi menghilang.

 

Cara Penggunaan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++



1.      Seperti sunscreen pada umumnya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari,kita bisa mengaplikasikan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ sekitar 30 menit sebelum ke luar rumah.

2.       Takaran sunscreen terbaik adalah 2 jari atau sebesar koin uang 500 rupiah

3.      Pastikan sudah cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

4.      Ambil Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ dengan jari tangan, Oles tipis di area wajah dan leher secara merata

5.       Gunakan setiap hari sesudah menggunakan rangkaian skincare rutin seperti face wash, milk cleanser, toner, moisturizer, dan day cream. Sunscreen sebagai bagian proteksi dipakai setelah tahapan di atas. Setelah menggunakan sunscreen , baru boleh memakai bedak atau alas bedak.

6.      Untuk muslimah, biasanya saat shalat Dzuhur digunakan berwudhu sebaiknya bersihkan dulu wajah dengan baik. Setelah shalat bisa di-apply lagi sunscreennya. Memang sunscreen merupakan tahapan skincare yang memerlukan reapply dalam jangka waktu tiap 2-3 jam di siang hari.

 

Hasil Akhir Penggunaan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 memberi hasil akhir yang ringan sehingga tidak membuat kulitku berat. Watery-based dan non alcohol pada Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 juga membuat produk ini nyaman untuk digunakan sehari-hari tanpa menimbulkan white cast. Efek di kulit jadi terlihat lebih sehat dan glowing.

 

Kesimpulan



Setelah pengalaman beberapa waktu menggunakan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ aku memutuskan bahwa aku sudah jatuh hati pada produk ini. Cintaku memang tidak pada pandangan pertama, karena cinta itu butuh pembuktian sodara^^. Dan waktu yang telah kulalui bersamamu telah membuktikan kualitasmu. Beberapa hal yang membuatku jatuh hati dan akan setia bersamamu  adalah:

1.      Halal

2.      Ramah di kantong

3.      No alkohol

4.      Adem di kulit

5.      Aroma jeruk segar

6.      No whiecast

7.      Efek kulit terlihat sehat

8.      Mudah didapatkan

Oh ya, mungkin ada yang bertanya, Apakah sunscreen Wardah SPF 30 bisa memutihkan wajah?

Jawabannya tidak, sebab Wardah UV Shield Sunscreen SPF 30 tidak mengandung formula pencerah kulit di dalamnya. Namun SPF 30 akan menghindari munculnya flek hitam, dan menjaga kecerahan kulit wajah.

 

Sekian review jujurku dengan pengalaman berharga menggunakan Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++.

Buat kamu yang sedang bingung nyari rekomendasi sunscreen buat dipakai sehari-hari mungkin bisa mempertimbangkan untuk menggunakan sunscreen Wardah ini.

Terima kasih sudah membaca. Have A nice skin, have A nice day^^

 

 

 

 

 

✓ OldestNewer ›

Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!