Ganti Judul dan ALt sendiri

Contoh Mindfullness dan Manfaatnya Dalam Kehidupan

Manfaat Mindfulness
Kata Mindfulness dan mindfull menjadi populer sejak pembahasan mengenai kesehatan mental semakin marak. Banyak orang yang penasaran apa sih makna Mindfulness? Kali ini saya ingin membahas apa itu Mindfulness, apa tujuannya, contoh dan manfaat Mindfulness dalam kehidupan, serta bagaimana melatih Mindfulness.

Saat ini masyarakat sudah lebih terbuka berbicara tentang masalah yang berhubungan dengan pikiran dan mental. Mindfulness sering disebut sebagai suatu hal yang bermanfaat untuk mengatasi masalah kecemasan dan stress. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas!

Apa Arti Mindfulness

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia berupa kesadaran dan perhatian untuk dapat hadir sepenuhnya di moment saat ini. Dalam praktik Mindfulness, seseorang dengan sengaja memusatkan perhatiannya pada apa yang dirasa dan terjadi saat itu juga, serta berlatih menerimanya tanpa melawannya.

Untuk memahami mindfulness, mari mengingat tingkah laku bayi atau anak-anak. Mereka adalah manusia yang bisa menjadi contoh memiliki sikap yang Mindfull.

Saat melihat suatu benda baru, matanya penuh binar perhatian beriring tasa takjub. Saat belajar melangkah, langkahnya benar-benar diperhatikan. Ketika tertawa, tawanya adalah suara yang bisa membuncahkan bahagia bagi yang mendengarnya. Seorang bayi benar-benar hadir sepenuhnya dalam setiap tingkah dan sikapnya. Ekspresinya tidak mencerminkan persepsi terlalu jauh, hanya merespon yang sedang terjadi saat ini saja.

Ketika seseorang berada pada tahap mindfull, pikiran dan perasaan fokus pada apa yang dialami saat ini tanpa menambahkan penilaian atau pemikiran yang berlebihan.

Cara ini mengajari untuk menerima pikiran dan perasaan saat ini dan membentuk kebiasaan untuk mengatasi semua emosi besar yang mungkin dimiliki.

Seorang yang mindfull menyadari di mana dia berada dan apa yang sedang dilakukan, serta tidak terlalu reaktif atau kewalahan dengan apa yang terjadi di sekitarnya.

Saat seorang ibu hamil hendak melahirkan, biasanya dia berusaha untuk mindfull. Misalnya sudah bukaan 2, pikirannya berfokus pada kandungannya dan proses melahirkan yang akan dihadapinya.

Pikiran dan masalah lain berusaha disingkirkannya. Pernafasan secara sadar dilakukan. Do’a agar diberi kekuatan dan kemudahan dilantunkan. Dan dia berfokus pada rasa yang dialami oleh tubuhnya saat itu, berusaha menerima setiap rasa sakit yang muncul, tanpa berusaha melawannya. Pikirannya lebih berfokus mengatasi setiap rasa yang dialaminya Setiap detik berharga dan berarti banyak baginya. Ibu itu berada pada kondisi Mindfull atau memiliki Mindfulness.

Seorang ibu yang hendak melahirkan tapi tidak berusaha untuk mindfull, biasanya akan kelabakan selama proses melahirkan. Rasa sakit tak bisa diterima dan ditahannya. Alih-alih memperbanyak dzikir saat rasa sakit sudah di puncak, yang dilakukannya malah berteriak-teriak kesakitan. Subhanallah, jadi teringat masa-masa melahirkan.

Mindfulness adalah kualitas yang sudah dimiliki setiap manusia, itu bukan sesuatu yang harus dipanggil, kita hanya perlu belajar bagaimana mengaksesnya.

Saat berada dalam kondisi kesadaran penuh, akan mengurangi stres, meningkatkan kinerja, memperoleh pandangan terang dan kewaspadaan melalui mengamati pikiran sendiri.

Ini menunjukkan bahwa pikiran sepenuhnya memperhatikan apa yang terjadi, pada apa yang dilakukan, pada ruang yang dilalui.

Terkadang pikiran seseorang terbang dan membuat mereka tenggelam dalam pikiran obsesif tentang sesuatu yang terjadi atau resah tentang masa depan, ini menyebabkan cemas.

Namun tidak peduli seberapa jauh pikiran muncul, mindfulness bisa mengembalikanmu ke tempat seharusnya berada dan apa yang sedang dilakukan dan rasakan.

Sejumlah penelitian ilmiah telah menemukan bahwa mindfulness jadi elemen kunci dalam menangani stres dan kecemasan.

Contoh Mindfulnes

Mempraktikkan mindfulness bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita bisa mempraktikkannya saat makan, bekerja, memasak, berkendara, merawat diri, mengobrol, mandi atau bahkan ketika bersantai.

Cerita ibu yang dalam proses melahirkan tadi merupakan contoh mempraktekkan Mindfulness.

Praktek Mindfulness lain yang paling sering kita temui adalah: Mindfulness saat bersama gadget. Perhatian penuh terhadap apa pun yang discrollnya. Tidak mengizinkan distraksi. Apa pun gangguan di sekitar, mata tetap menatap layar. Pernah melihat yang seperti ini? Sayangnya itu jenis Mindfulness yang bisa mengundang masalah lain. Mindfulness bersama gadget membuat tidak Mindful dengan sekitar.

Contoh Mindfulness yang positif misalnya mindfull eating. Makan dengan benar, mengunyah hingga makanan lumat sebelum ditelan. Mengunakan indera pengecapnya untuk merasakan tiap sensasi rasa yang masuk mulut. Makan dengan tenang, membaca do’a sebelumnya. Makan tanpa berbicara.

Bagaimana cara makanmu saat ini? Sudah mindfull kah?

Contoh lain adalah shalat dengan khusyuk. Contoh paling nyata soal Mindfulness yang diajarkan agama Islam adalah ibadah shalat ini. Khusyuk dan tuma’ninah. Shalat yang bisa membuat tenang, membaca dan merenungi setiap bacaan shalatnya. Hubungan dengan Allah Subhaanahu wa ta’ala InsyaAllah akan membaik apabila shalatnya juga baik.

Saat interaksi dengan manusia, juga bisa menerapkan Mindfulness. Berbicara dengan partner dengan memperhatikan setiap ucapannya, memandang mata dan gerak bibirnya, mendengarkan dengan penuh perhatian, menanggapi dengan sopan dan sesuai kebutuhan, inilah contoh Mindfulness dalam pergaulan.

Tujuan Mindfulness

Tujuan mempraktikkan mindfulness adalah agar kita bisa mengontrol pikiran karena pada dasarnya sudah menjadi sifat dan tugas dari otak untuk selalu berpikir, menganalisis, dan mencari tahu.

Jika dibiarkan tanpa kontrol, pikiran dapat melayang mencari rangsangan atau hal-hal baru untuk dipikirkan, termasuk ide-ide baru di luar kenyataan.

Hal ini dapat membuat kepala terlalu sibuk dan penuh dengan pikiran tentang masa lalu atau masa depan, termasuk hal-hal yang tidak realistis. Akibatnya, ini dapat membuat menjadi cemas dan stres karena pikiran yang tidak perlu.

Mindfulness akan membimbing pikiran kembali fokus pada masa kini dan realita yang sedang dirasakan dan dihadapi.

Manfaat Mindfulness

Menerapkan mindfulness memiliki banyak manfaat untuk kondisi emosional dan kesehatan. Bahkan, mindfulness juga telah dipasangkan dengan terapi kognitif yang dapat membantu menangani beberapa gangguan kesehatan mental, lho!

Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan mindfulness, mindfulness-based cognitive therapy (MBCT), dan mindfulness-based stress reduction (MBSR) dapat membantu menangani beberapa masalah seperti gangguan kecemasan, depresi, dan manajemen stres. Selain itu, sebuah penelitian menemukan bahwa menerapkan mindfulness juga dapat membantu untuk merasakan kepuasan yang lebih besar dalam hubungan dengan orang lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, Mindfulness bisa memberi manfaat seperti contoh berikut ini:
1. Mindfulness di saat stress bermanfaat mengurangi kekakuan dan beban pikiran.
2. Mindfulness saat kelelahan bermanfaat merilekskan otot-otot dan syaraf.
3. Mindfulness saat sakit bermanfaat mengurangi rasa nyeri dan sakit, seperti pada contoh ibu melahirkan di atas.
4. Mindfulness saat bekerja memberi manfaat menjadikan seseorang lebih fokus dan berada pada kondisi flow sehingga kemampuan berpikirnya berada pada kondisi optimal dan hasil kerjanya lebih baik.
5. Mindfulness saat beribadah menjadikan ibadahnya lebih khusyuk sehingga tujuan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta tercapai. Ibadah yang baik akan mempengaruhi sikap, perilaku, dan kehidupannya.
6. Mindfulness dalam kehidupan sehari-hari membuat otak selalu on dan tidak mudah missed atau melewatkan suatu hal. Pernah ngalami lupa naruh kunci, dompet, kartu parkir, atau bayar belanjaan tapi langsung pergi tanpa bawa barangnya? Nah itu akibat tidak Mindful dalam keseharian.
7. Mindfulness dalam membersamai anak atau orang tua memberikan manfaat bisa lebih mengontrol emosi dan sikap. Banyakin senyum,sabar, dan mindfull ya kalau bersama buah hati dan wasilah pintu surga kita.
8. Mindfulness saat bercakap-cakap memberi rasa nyaman bagi lawan bicara, lebih merasa dihargai, lebih mudah nyambung, dan terasa hangat.
9. Mindfulness juga dapat mengasah kebijaksanaan. Orang yang bijaksana biasanya memiliki tingkat keawasan dan penilaian yang tajam terhadap sekitar. Salah satu buku yang pernah saya baca tentang resep meraih kebijaksanaan (wisdom) adalah dengan menajamkan indera dan selalu hadir di mana pun kita berada.
10. Mindfulness menjadikan seorang lebih teliti, waspada, dan intuitif. Seorang detektif handal seperti Sherlock Holmes dan Hercule Poirot sudah pasti mempraktekkan Mindfulness saat menghadapi sebuah kasus.

Gimana? Jadi lebih punya gambaran tentang Mindfulness dan manfaatnya kan? Kamu bisa eksplore manfaat Mindfulness dalam aktivitas lain yang kamu lakukan sehari-hari.

Cara Melatih Mindfulness

Latihan mindfulness mengharuskan fokus pada rangsangan sensorik yang dialami saat ini, seperti merasakan suhu ruangan, suara-suara di sekitar yang didengar, pola napas, hingga detak jantung.

Latihan ini bertujuan untuk memperoleh ketenangan pikiran dengan cara berulang kali berusaha memfokuskan kesadaran pada kejadian saat ini.

Ada banyak cara sederhana untuk melatih mindfulness.

1. Memberikan perhatian

Cobalah luangkan waktu untuk merasakan lingkungan sekitar dengan semua indramu. Gunakan sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, dan rasa. Misalnya, saat makan makanan favorit, coba untuk benar-benar menikmatinya.

2. Menerima diri sendiri.

Cobalah untuk dengan sengaja membawa perhatian yang terbuka, menerima, dan bijaksana dalam segala hal yang kamu lakukan.

Perlakukan diri sendiri seperti sedang memperlakukan teman baik, dan temukan kebahagiaan dalam kenikmatan yang sederhana.

3. Bernafas Secara Sadar

Bernafas secara sadar itu seperti yang diajarkan guru olahraga atau pemandu workout dan senam hamil. Yak, tarik nafas melalui hidung, rasakan aliran udara yang masuk hingga memenuhi rongga dada, tahan sekuat mungkin, lalu hembuskan melalui mulut.

Lakukan berkali-kali secara perlahan hingga merasakan pikiran lebih lapang dan jernih, serta tubuh lebih berenergi.

4. Melihat Langit

Pandanglah langit pagi saat matahari belum terbit dan langit kala malam hari. Memandang langit desa atau pegunungan akan lebih bagus lagi. Lihatlah luas dan tenangnya langit yang menyimpan sejuta misteri dan kekayaan. Kita akan merasa diri ini beserta segala permasalahan hidup terasa kecil.

5. Nikmati Alam

Rasakan aliran air, nikmati deburan ombak, bermandilah dengan sinar matahari, rasakan butiran pasir dengan tanganmu, jelajahi isi bumi. Temukan keberadaanmu di antara sekian banyak ciptaan Allah. Hadirkan diri pada momen itu. Menyatu bersama alam.

6. Berolahraga

Olahraga memungkinkan kita merasakan gerak tubuh sendiri. Mulai dari gerak tangan dan kaki, hingga gerak anggota dalam tubuh seperti jantung, keringat yang mengalir, dan desah nafas yang memburu. Bisa merasakan ritme tubuh akan melatih Mindfulness.

7. Berinteraksi dengan Mindfull

Mulai sekarang perhatikan lawan bicaramu. Bersikaplah sopan dan hadir sebagai teman berbincang yang baik.

8. Rawatlah Tanaman

Tanaman akan membawamu pada pengalaman mengenali makhluk hidup lain dan merasa mindfull saat bersamanya.

9. Tonton Silent Blog

Kalau saya, untuk melatih Mindfulness saya melihat silent blog tentang daily routine. Di YouTube sudah banyak loh video dengan suara minimalis yang mengandalkan suara aktivitas dan bukan suara musik yang malah menjadi distraksi. Melihat silent vlog bagi saya seperti belajar mensyukuri tiap waktu, kesehatan, aktivitas yang kita lewati tiap hari.

Di antara silent vlog rekomendasi tentang aktivitasa harian dan tanaman adalah channel berikut:

Hamimommy

Honeyjubu

Cnliziqi

Her82m2
Bersiap Menjadi Mindfull

Memfokuskan diri pada momen saat ini bisa mendorong untuk lebih sadar terhadap apapun yang sedang dilakukan. Dengan demikian, dapat membantu kamu untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi saat melakukan suatu kegiatan, mencegah kamu merenung dan terkurung dalam pikiran negatif, hingga membantu membangun resiliensi dari pengalaman negatif yang telah dialami.

Itu tadi catatan tentang contoh Mindfulness dan manfaatnya dalam kehidupan. Silahkan berlatih mempraktekannya ya Teman Fillaah. Semoga selalu sehat! Terima kasih!

Referensi

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200402202216-284-489787/7-cara-sederhana-melatih-mindfulness-di-rumah.

https://blog.klob.id/2023/01/26/menerapkan-mindfulness-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Kompas.com

Sehatq.com



Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!