Ganti Judul dan ALt sendiri

30 Fasilitas Selecta Batu Malang dan Keindahan Pemandangan Taman Bunganya, Selalu Rindu Pingin Balik Lagi

Kelebihan wisata Selecta Batu Malang

Tempat wisata paling legend di Batu, apa coba? Ya, Selecta. Ada 30 fasilitas Selecta Batu Malang dan keindahan pemandangan taman bunganya yang membuat kami sekeluarga selalu merindukan tempat wisata itu dibanding tempat wisata lain di kota Batu.

Saya sendiri punya kenangan indah di Selecta. Dulu pas jaman kuliah di Malang, pernah ke Selecta naik angkot bersama teman kuliah dan teman asrama mahasiswa. Foto-fotonya di antara bebungaan yang pake kamera Fuji film juga masih ada, it's so sweet memory for me.

Keluarga Ibu mertua asli kota Batu. Hampir setiap tahun kami ada agenda perjalanan ke Batu. Meski nggak selalu kesampaian untuk mampir ke Selecta karena keterbatasan wak
tu, tapi Selecta selalu jadi wish list anak-anak tiap dengar mau ada rencana ke Batu.

Kami terakhir pergi ke Selecta tahun 2022 setelah masa pandemi covid berakhir. Itu adalah masa awal tempat-tempat wisata dibuka kembali. Pergi ke sana tanpa perencanaan. Waktu itu ada acara keluarga besar menginap di Villa daerah Songgoriti, Batu. Anak-anak pasti senang dong mau diajak nginep di villa, apalagi pas kakak juga liburan pondok.

Pasca gelombang covid 1 berakhir, kami juga diajak ngumpul di villa sodara di Batu. Itu pertemuan pertama keluarga besar suami pasca tidak bersua untuk waktu lama karena karantina. Setelah pandemi berakhir, ada yang ngajak lagi tapi bukan di villa sodara karena punya sodara full booked.

Jalur masuk selecta

Karena masih asing dengan villa itu, kami nggak berani datang ke sana sebelum ada keluarga yang setidaknya datang duluan. Keluarga lain datangnya malam, sedangkan kami karena backpacking dari Surabaya maka memilih untuk berangkat pagi saja menggunakan kereta api. Kami memilih pake kereta karena menghindari macet di jalan, jalur Surabaya-Malang pasti macetnya kalau weekend.

Kami berangkat dari stasiun Gubeng dengan tujuan stasiun Singosari. Berangkat sekitar jam 6 pagi dan sampai di tujuan jam 9 lebih. Dari stasiun Singosari ini kami naik Gocar menuju Selecta melalui jalur Karanglo. Ternyata sudah macet jalur arah Batu. Perjalanan cukup lama ternyata. Biaya GoCar saat itu sekitar 80 ribu.

Karena efek macet tadi, sampai Selecta sudah mendekati Dzuhur. Akhirnya kami memutuskan untuk shalat dulu di musholla Selecta sebelum mendampingi anak-anak berenang dan bermain ke wahana lain.

Setelah shalat, makan, dan ngemil-ngemil, saatnya eksplore fasilitas di Selecta. Fasilitas yang meliputi sarana prasarana dan wahana bermain cukup banyak di sini. Jika kamu tertarik untuk berwisata ke Selecta, Yuk ikut saya kenal lebih lanjut apa saja yang ada di Selecta.

Lokasi / Alamat Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Lokasi / Alamat Taman Rekreasi Selecta terletak di Jl. Raya Selecta No.1, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Taman Selecta adalah Rp 40.000 per orang, berlaku mulai usia 2 tahun. Tiket weekday dan weekend tidak ada perbedaan.

Jam buka Taman Selecta

Taman Selecta buka setiap hari. Jam buka Taman Selecta adalah mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB

Sejarah Selecta

Menurut cerita sejarah, Selecta pertama kali dibangun pada tahun 1928 oleh seorang Belanda bernama Ruyter de Wildt. Luas lahannya mencapai sekitar 20 hektare dan digunakan untuk peristirahatan warga Belanda yang tinggal di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, Selecta pun beralih fungsi sebagai salah satu ikon destinasi wisata di kota Batu.

30 Fasilitas Selecta Batu Malang

1. Kolam Renang

Kolam renang dewasa selecta

Lokasi kolam renang dewasa terletak di depan, masih dekat dengan pintu masuk Selecta. Kolam renang cukup luas dan bersih dan dekat dengan food court. Kalau sudah puas berenang bisa langsung cuss mengisi perut di food court.

2. Water Park

Berenang di water park adalah keharusan bagi si bolang kalau sudah ke Selecta. Lokasi water park di belakang kolam renang dewasa. Seperti pada umumnya water park, di sini juga dilengkapi dengan seluncuran dan ember tumpah. Air di sini sudah pasti dingiiin ya. Jadi kalau bawa anak berenang, sebaiknya siapkan minyak telon atau kayu putih dan baju hangat untuk ganti setelah berenang.

Saat anak-anak menikmati bermain di water park, biasanya orang tua duduk-duduk sambil ngemil-ngemil di sekitar kolam. Ada tangga berundak melingkari kolam yang memang disediakan untuk para penunggu.

Di belakang tangga masih ada kursi untuk duduk-duduk sambil menunggu anak yang berenang. Lokasinya nyaman karena berada di bawah pohon rindang.

3. Taman Bunga

Landscape selecta

Taman bunga di Selecta merupakan spot utama tempat wisata ini. Areal taman bunga ini cukup luas. Hamparan bunga Hortensia atau Hydrangea, yang dikenal juga dengan bunga 7 rupa adalah tanaman hias yang dominan di taman ini. Sejauh mata memandang adalah Hydrangea dengan daun hijau mengkilap dan bunga bulat berwarna variasi biru, putih, pink, dan ungu. Warna Hydrangea konon dipengaruhi oleh tingkat kebasaan tanah.

Selain Hydrangea, taman bunga ini juga ditanami celosia. Celosia adalah tanaman yang biasa dikenal dengan jengger ayam, yaitu jenis tanaman bayam-bayaman yang memiliki warna-warni cerah menarik seperti merah, kuning, orange, dan pink.

Taman bunga selecta
Ada gazebo tuh di sana

Di taman bunga dipasangi gapura bentuk love dari bunga yang sangat cantik untuk berfoto. Jenis tanaman Bromelia dipakai untuk gapura yang menerapkan konsep vertical garden ini.

Di taman bunga ini akan banyak terlihat pengunjung yang berfoto atau video ria, selfie maupun foto bareng. Berfoto di bawah gapura atau di sela-sela tanaman akan menghasilkan jepretan yang keren dan instagramable.

Sebagai edukasi kepada wisatawan, pihak pengelola membuat papan nama bunga beserta nama latinnya. Papan ini diletakkan di depan tanaman. Hati-hati ya, kalau lagi selfie jangan sampai nubruk papan, tar jatuh.

Bunga Hydrangea selecta
Dokumentasi pribadi: bunga Hortensia/Hydrangea 

Di taman ini juga ada beberapa gazebo. Setelah lelah berfoto dan berkeliling taman, bisa singgah dulu di gazebo. Saat musim hujan, gazebo bisa jadi alternatif berteduh ketika tiba-tiba hujan turun.

4. Kolam Ikan dan Aquarium Outdoor 

Aquarium di selecta

Area wajib lain untuk dinikmati adalah kolam dan akuarium ikan yang besaaar dan ikannya sangat menawan. Yang tidak berubah dari area kolam ini adalah adanya lumut hijau tebal yang sangat bagus. Di sisi kolam ada pohon paku yang besar, feel-nya kayak ada di tengah hutan gitu. Apalagi ada suara air gemiricik dari mini waterfall artificial, menambah syahdu suasana.

Saat saya ke sana terakhir, ada penambahan akuarium dengan ikan-ikan besar. Akuarium ini berjajar di sisi pembatas samping yang menuju arah jalur keluar. Bakal tambah asik deh.

5. Family Coaster

Family Coaster adalah roller coaster untuk keluarga yang cukup membuat jantung berdetak kencang.

Lintasannya lumayan panjang, sekitar 500 meter di atas tanaman bunga. Kecepatannya termasuk sedang, sehingga pengunjung bisa menikmati hamparan bunga di sekelilingnya saat naik Family Coaster.

Untuk menaiki Family Coaster ini, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp 30.000 per orang

6. Kora-Kora /Bahtera Ayun

Bagi kamu yang ingin memacu adrenalin, wahana Kora-Kora atau Bahtera Ayun bisa menjadi pilihan. Wahana ini berupa perahu berukuran cukup besar menggantung seperti sebuah ayunan raksasa.

Saat naik ke atas wahana, kamu akan diayun ke depan dan belakang dengan kecepatan semakin kencang. Saat turun ke bawah dari atas ketinggian, kamu akan merasakan sensasi jantung seolah-olah copot. Pastikan kamu punya nyali dan keberanian. Naiklah bersama rombongan agar bisa seru-seruan sambil berteriak ramai-ramai. Yang punya sakit jantung ga boleh naik ini loh ya.

Untuk bisa uji nyali dengan Perahu Ayun ini kamu cukup merogoh saku sebesar Rp 10.000 untuk tiket per orang.

7. Sepeda Air

Saat memasuki area Selecta, kita bisa melihat kolam biru muda dengan banyak perahu berbentuk bebek. Inilah yang disebut Wahana Sepeda Air. Perahu berbentuk bebek berjalan di atas air dengan cara dikayuh layaknya sebuah sepeda.

 Kolam buatan untuk Sepeda Air ini lumayan luas dan berbatasan dengan bioskop 4D, food court, dan musholla. Ajaklah anggota keluarga atau pun anak-anak saat naik agar lebih seru. Kapasitas masing-masing sepeda air sekitar 2 orang dewasa.

Harga tiket Sepeda air Rp 20.000 per orang.

8. Sky Bike

Wahana sepeda udara selecta

Selain Sepeda Air, Taman Wisata Selecta juga punya wahana Sepeda Udara (Sky Bike). Cara kerjanya mirip Family Coaster, hanya saja jalurnya landai tanpa naik turun. Sesuai namanya, wahana ini berjalan dengan cara dikayuh seperti sepeda.

 Lintasannya berada di atas Taman Bunga sehingga kamu bisa menikmati hamparan bunga nan cantik ketika menaiki Sky Bike.

 Saat naik sky bike ini juga menjadi kesempatan buat foto-foto dari atas loh. Tapi kalau naik sky bike jangan keasyikan foto-foto aja dan nggak mau mengayuh, karena tar bisa ditabrak sama bikers di belakang. Saya pernah naik ini dan memang seru banget. Pemandangan taman bunganya plus aktivitas orang-orang di bawah sana yang lagi selfie-selfie menarik juga untuk diamati.

Tiket untuk sky bike adalah Rp 20.000.

9. Berkuda

 Di Selecta ada berkuda juga loh. Kamu bisa berkeliling naik kuda sambil menghirup udara segar dan menikmati panorama alam dan asrinya pepohonan. Area berkuda terletak di sebelah taman bunga. Tarifnya cukup murah, hanya dengan 15 ribu rupiah sudah bisa jalan bareng kuda haha. Jangan lupa berfoto dengan pose yang fotogenik bareng si kuda ya.

10. Cinema 4D

Lokasi Cinema 4d di selecta
Cinema 4D dilihat dari kios Bakso
Meskipun bertema alam, Selecta ternyata punya wahana berteknologi canggih. Namanya Cinema 4D, dimana kamu bakal menyaksikan tayangan film yang seolah nyata. Hanya dengan 10 ribu rupiah kamu sudah bisa masuk dan nonton di bioskop ini loh.

11. Flying Fox

Flying Fox merupakan wahana yang menantang bagi anak-anak untuk melatih keberanian. Dari atas ketinggian meluncur ke bawah dengan cara bergelantungan pada tali. Wahana ini banyak diminati anak-anak usia sekolah dasar. Harga tiketnya Rp 25.000 per orang. Mahal nggak menurutmu?

12. Bianglala

Wahana bianglala selecta
Bianglala di Selecta seperti di pasar malam, tapi lebih besar. Dengan naik bianglala ini, kamu bisa melihat Selecta dari atas ketinggian. Tiket 10 ribu rupiah sangat murah untuk bisa berputar bersama bianglala ini.

13. Tagada

Wahana tagada selecta
Photo: setapaklangkah.com
Tagada adalah wahana berbentuk seperti mangkuk berjeruji dimana orang-orang akan duduk mengelilingi bagian tengahnya yang merupakan pegangan. Wahana ini dimainkan dengan digoyang-goyangkan. Tagada disebut juga sebagai mobil disco. Mau digoyang disko tapi beresiko terlempar kalo pegangan nggak kuat? Cukup bayar 10 ribu rupiah saja jika kamu penasaran ingin merasakan sensasinya.

14. Kiddie Ride

Kiddie Ride, yakni semacam komedi putar yang menggunakan replika kuda sebagai tunggangannya. Hanya dengan uang 5 ribu rupiah, kamu bisa mengajak si kecil untuk mencoba bermain di wahana ini.

15. Mobil Ayun

Mobil Ayun adalah salah satu wahana di Selecta. Tapi sayangnya saya belum tau yang mana. Menurut info di webnya, tiket mobil Ayun sebesar 10 ribu rupiah.

16. Mandi air panas

Di Selecta juga bisa menikmati mandi air panas loh. Dengan tiket sebesar 10 ribu rupiah, kamu bisa menghangatkan diri dengan air hangat. Lumayan kan bisa mengurangi hawa dinginnya.

17. Taman Replika Binatang

Patung hewan selecta

Anak-anak biasanya suka berlarian saat berwisata. Di bagian belakang musholla, di sisi atas terdapat mulut goa replika mulut macan. Ketika memasuki goa berbentuk mulut macan yang berkelok itu bisa langsung menembus taman dengan banyak replika binatang lain seperti dinosaurus. Bagian ini ga dipungut biaya ya, alias gratis. Di sini enak juga untuk duduk-duduk santai sambil menikmati bekal dari rumah.

18. Photo digital

Jika kamu ingin memiliki kenang-kenangan dengan foto kualitas DSLR, kamu bisa memanfaatkan jasa foto digital selecta. Kamu harus mengeluarkan dana Rp 15.000 untuk satu kali foto.

19. Outbound Kids

Ternyata di Selecta juga menyediakan fasilitas outbound kolektif juga loh. Outbound kids biasanya untuk sekolah dasar, PAUD atau TK. Selain bisa menghirup udara sejuk, berwisata, anak-anak juga bisa sekaligus olah raga melatih motoriknya.

Berikut info biaya dan fasilitas Outbound Kids Selecta dikutip dari infowisataoutbound.com

Paket Outbound Anak SD

Lokasi : SELECTA BATU

Biaya : Rp. 130.000 per pax

Peserta : Minimal 40 Pax

Fasilitas :

Tiket Masuk

Ice Breaking

Fun Games

Creative Games ( Kerjasama , Ketangkasan , )

Flying Fox

Makan Siang Anak

Kolam Renang Reguler

Hall / Aula

Sound sistem

Trainer berpengalaman

Soft copy dokumentasi foto

Free Guru ( ketentuan setiap 20 siswa free 1 guru tiket )

Untuk paket outbound anak PAUD biayanya 175.000/pax, sudah termasuk 1 orang pendamping.

20. Restoran di Selecta

Selepas menghabiskan waktu berwisata dan bermain, pengunjung juga bisa menikmati berbagai macam hidangan di restaurant yang tersebar di dalam area Taman Rekreasi Selecta. Beberapa restaurant yang tersedia yaitu Restoran Cantik Selecta, Restoran Bahagia Selecta, Restoran Asri Selecta, dan Kios Bakso Selecta.

Dari berbagai resto yang ada, tiap restonya memiliki khas pilihan makanan tersendiri. Kamu bisa eksplore menunya, ada masakan Jawa berupa Rawon, Sop Buntut, dan Soto. Ada juga masakan China seperti cwiemie Ayam dan ada bakso juga.

21. Food Court

Food court terletak bersebelahan dengan kios bakso, masih dekat dengan pintu masuk, dekat dengan kolam renang dan berada di sisi atas kolam sepeda air. Di sini ada banyak tenant dengan berbagai pilihan jajanan ala street food. Hati-hati perut ya, sebaiknya berkeliling dulu sebelum pesan untuk menentukan makanan apa yang paling kamu minati. Jangan sampai semuanya diborong. Kasihan kan perutnya.

22. Koperasi Selecta

Lokasinya di depan kios bakso. Masih dekat dengan kolam renang dewasa juga. Koperasi Selecta berupa toko kecil yang menjual beragam Snack dan minuman ringan. Di sini tersedia juga perlengkapan mandi, apabila kamu lupa membawa sabun atau shampo untuk selesai berenang, bisa mendapatkannya di sini.

23. Musholla

Untuk keperluan ibadah umat Islam, disediakan musholla. Lokasinya bersebelaan dengan Cinema 4D. Di sini juga ada perlengkapan shalatnya dalam jumlah terbatas. Saya sarankan kamu tetap membawa sendiri alat shalat karena tentunya lebih terjaga kebersihannya dan lebih nyaman.

24. Toilet

Saat baru menginjakkan kaki ke tempat wisata, sebelum berkeliling ke fasilitas lain, sebaiknya pastikan dulu di mana lokasi toiletnya. Agar ketika sedang asik bersenang-senang, mendadak panggilan alam tak bisa ditahan, kamu tidak kebingungan mencarinya, tapi bisa langsung ke lokasi. Toilet di Selecta bisa ditemukan di sekitar kolam renang ya.

25. Pasar Selecta

Biarpun tempatnya terpencil, di Selecta sudah menyediakan kebutuhan belanja oleh-oleh juga, sehingga wisatawan tidak perlu bingung mencari ke tempat lain. Di sini disediakan pasar untuk berbelanja aneka oleh-oleh khas Malang dari mulai buah apel, aneka kripik, sayuran, hingga souvenir

26. Pasar Bunga

Pergi ke Batu bagi pecinta tanaman hias tak lengkap jika tanpa bawa pulang bunga. Kamu bisa mendapatkan tanaman hias cantik di Pasar Bunga Selecta. Lokasinya di dekat parkiran, jadi sebelum pulang bisa mampir ke sini dulu borong bunga sesukamu.

27. Putri Bunga Selecta (Flower Princess)

Untuk menarik perhatian wisatawan, Selecta menyediakan ikon Putri Bunga (Flower Princess), yaitu beberapa wanita yang mengenakan pakaian bertema bunga. Para pengunjung bisa berfoto bersama mereka. Jadi tambah komplit kan, di kota Bunga berfoto bersama Putri Bunga.

28. Hotel Selecta

Bagi kamu yang ingin lebih lama menikmati kesejukan udara di kawasan Selecta, bisa menginap di Hotel Selecta. Kabarnya, jika menginap di sini, kamu bisa masuk ke Taman Rekreasi Selecta secara gratis. Waah, serunya!

29. Other Side of Selecta

Persawahan di lereng bukit selecta

Fasilitas yang ini memang tidak dipromosikan dan banyak orang yang mungkin tidak terpikir untuk melihat sisi ini. Di bagian belakang kawasan wisata Selecta, kita bisa menengok lembah di sisi perbukitan. Dari sini kita bisa melihat indahnya lereng bukit yang merupakan area persawahan. Tanaman yang ditanam adalah sayuran. Saya senang sekali melihat pemandangan dari sini.

Di samping itu kita juga bisa mendengarkan suara hutan asli. Suara serangga hutan pegunungan masih nyaring terdengar sejak dahulu di awal tahun 2000an saya ke sana sampai sekarang. Benar-benar tempat yang sangat indah dan nyata suasana gunungnya.

30. Tempat Parkir

Tempat parkir di sini cukup luas, baik untuk parkir mobil maupun motor.

Rute Menuju Selecta

Jika bepergian menggunakan kendaraan pribadi, cukup mudah mencapainya hanya dengan mengandalkan google mab.

Bagi kamu yang ingin backpackeran menggunakan kendaraan umum, jenis transportasi dan rute berikut bisa jadi pilihan.

Rute 1: Start From Stasiun Malang

Stasiun Malang – naik angkot (Lyn) ADL (Arjosari-Dinoyo-Landungsari) atau AL (Arjosari-Landungsari) minta turun di tujuan akhir yaitu terminal Landungsari. Perjalanan menembus kota Malang memakan waktu sekitar 1 jam-an – Terminal Landungsari – naik angkot Ungu – Terminal Batu – naik angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.

Rute 2: Start From Stasiun Singosari

Jika kamu dari Surabaya menggunakan kereta api seperti kami, bisa turun di stasiun Singosari. Setelah itu naik Gocar langsung menuju Selecta dengan biaya 80 ribu-an di tahun 2022.

Rute 3: Start From Bandara Abdulrachman Saleh

Bandara Abdulrachman Saleh – naik taksi ke Terminal Arjosari – naik angkot ke Terminal Landungsari – naik angkot ke Terminal Batu – naik angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.

Rute 4 : Start From Terminal Arjosari

Jika kamu dari luar kota Malang yang bisa menjangkau Terminal Arjosari, gunakan rute ini. Terminal Arjosari – naik angkot ke Terminal Landungsari – naik angkot ke Terminal Batu – naik angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.

Rute 5: Start From Terminal Landungsari

Jika kamu dari arah Jombang, Kediri, dan sekitarnya, misal naik bus jurusan Jombang-Malang, nanti turunnya di terminal Landungsari. Maka tinggal lanjut naik angkotke Terminal Batu – naik angkot BSS (Batu-Selecta-Sumber Brantas-Jurangkuali) – Selecta.

Tarif angkot sekitar 4 – 5 ribu rupiah (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Sebelum naik angkot, sebaiknya kamu tanya terlebih dahulu kepada supir atau petugas terminal tentang tujuan angkot yang akan dinaiki. Jangan sampai salah jurusan ya. Siapkan uang pas dan jaga baik-baik barang bawaanmu. Jika kamu dari terminal Arjosari, biasanya bakalan ngantuk di angkot karena lumayan jauh dan angkot suka berhenti-henti. Sebaiknya memang ada teman agar bisa saling menjaga.

Tips Berkunjung Ke Taman Rekreasi Selecta Batu Malang Jawa Timur

Selecta merupakan tempat wisata alam di kota Batu yang berupa area terbuka. Agar liburanmu di Taman Wisata Selecta berjalan lancar, ada baiknya perhatikan beberapa tips berikut ini :

1. Berkunjunglah saat cuaca cerah.

Tanaman di selecta
Hampir semua area Selecta berupa ruang terbuka (outdoor) sehingga akan lebih baik berkunjung ke sana ketika cuaca cerah. Sebaiknya hindari saat musim penghujan, apalagi jika membawa anak kecil. Selain karena udara dan air lebih dingin, jika hujan datang, tentu akan kesulitan mengeksplore semua wahana di sana.

Jika terpaksa ke sana saat musim penghujan, datanglah lebih pagi, karena setelah dzhuhur biasanya kabut sudah turun dan hujan lebat pun mengikuti. Kalau sudah seperti itu, Cinema 4D, food court, resto, dan musholla mungkin tempat paling nyaman untuk dinikmati.

2. Weekend or Weekdays?

Taman selecta indah
Saat weekend dan hari libur nasional suasana Selecta sangat ramai sehingga wahana di sana bisa antri. Tapi karena ramai jadi terlihat lebih seru dan semarak. Vibes liburan di keramaian dapet.

Jika kamu ingin suasana lebih tenang, bisa memilih saat weekdays karena tentu lebih lepang dan lengang. Kalau sepi gini saat memakai toilet dan shalat tidak perlu menunggu antrian.

3. Datang lebih awal

Mengingat luas Selecta lebih dari 10 hektar, ada baiknya kamu datang lebih awal sehingga bisa punya banyak waktu untuk menikmati setiap sudutnya.

4. Ajak Keluarga atau Teman

Gapura bunga selecta

Selecta ini merupakan taman rekreasi yang enaknya rame-rame kalau ke sini. Bisa bareng keluarga atau teman. Kalau bareng -bareng kan enak, ada teman ngobrol, teman makan, saling jaga barang saat shalat atau ke toilet, partner naik wahana, atau pun pengambil foto dan video.

5. Casual Outfit

Karena mostly area outdoor yang naik turun, sebaiknya gunakan pakaian casual dan sepatu kets yang memudahkan kamu jalan dan ga bikin gerah plus sakit.

Kalau pake gamis atau rok, hindari memakai model umbrella. Jangan lupa pakai celana Daleman gamis ya. Muslimah bisa tetap aktif tapi tetap perhatian sama kenyamanan dan keamanan penampilan.

6. Pakaian Ganti

Bawalah baju renang dan pakaian ganti bila akan berenang. Jika kamu di sini seharian, perlu juga baju ganti karena selepas beraktivitas outdoor biasanya akan berkeringat dan bau. Jika kamu saat pulang suka feel segar di badan, sebaiknya bawa baju ganti ya meski nggak mandi.

7. Personal Care

Laki, perempuan, anak, dewasa, lansia tetep harus perhatian sama barang-barang personal care saat berwisata seperti sabun, sikat gigi, sunscreen, body lotion, skincare, minyak telon, obat-obatan pribadi, minyak zaitun untuk obat luka (jaga-jaga kalau jatuh dan luka saat main) dan lainnya. Jangan sampai ketinggalan ya.

Oh ya jangan lupa juga untuk membawa kresek besar untuk baju kotor dan lainnya.

8. Persiapan Bila Hujan

Bawalah payung atau jas hujan jika kamu datang saat musim penghujan. Jaket jangan ketinggalan juga ya karena di Selecta lumayan dingin saat musim hujan. Hati-hati juga dengan sepatu ya saat hujan, sebaiknya pilih berjalan di tempat yang tangganya sudah nyaman.

9. Peralatan Shalat

Selecta menyediakan peralatan Shalat di musholla. Akan lebih baik jika kamu membawanya sendiri karena tentu saja lebih higienis dan mengantisipasi bila antri.

10. Bawa Tikar

Jika kamu bersama rombongan, lebih baik membawa tikar. Dengan membawa tikar sendiri kamu bisa memilih untuk duduk-duduk di bawah pohon tanpa khawatir tidak kebagian kursi taman di sana. Kamu bisa berwisata sambil berpiknik dengan menikmati makan bersama di sana. Buat rebahan di alam bebas enak juga loh.

11. Membawa Bekal

Jika kamu bertanya apakah di Selecta boleh membawa makanan masuk? Jawabannya boleh. Sebelum menjelajah arena wisata Selecta, persiapkan bekal makan dan minum kalian. Karena ketika sudah di taman yang luas itu dan merasa lapar, akan cukup jauh untuk mencari penjual makanan. Pedagang makanan kebanyakan di area depan atau dekat pintu masuk. Kamu bisa membawa bekal dari rumah atau pun beli di food court dahulu.

12. Rencanakan Budget dan Agenda Bersama

Petunjuk arah di selecta
Dokumentasi pribadi 

Biasa ya kalau di tempat wisata kadang suka lapar mata, pingin ini itu tidak terkontrol. Jika pergi bersama keluarga, sebaiknya ajak semua anggota keluarga berkumpul mengenali tempat wisata Selecta ini. Tunjukkan wahana apa saja di sina dan minta mereka memilih ingin mencoba wahana apa saja.

Buat batasan berapa budget masing-masing dan waktu saat eksplore. Tidak hanya perencanaan budget wahana, budget wisata kuliner di sana pun perlu dipertimbangkan. Buatlah juga agenda eksplore area di sana. Kenali peta Selecta, bagi waktu dan pendampingan. Buatlah kesepakatan di mana dan jam berapa harus berkumpul apabila perlu berpencar.

Perencanaan agenda, waktu, dan budget akan membuat acara wisata yang singkat akan terasa lebih bermakna dan semua anggota keluarga bisa puas.

13. Kamera dan Gadget

Foto di taman selecta
Dokumentasi pribadi 

Bawalah kamera terbaik untuk mengabadikan momen liburanmu. Sebaiknya siapkan juga power bank dan pastikan saat ke sana baterai hp mu juga dalam keadaan full charge.

Jika ingin foto atau video saat berenang, perhatikan keamanan hp ya. Siapkan kantong plastik yang water resistance.

Mau selfie? Tongsis jangan ketinggalan ya!

14. Perlukah Stroler?

Dokumentasi pribadi 

Membawa Stroler ke tempat wisata pastinya akan membantu kita dan anak lebih nyaman dan tidak terlalu capek ya. Jika kamu bawa balita dan ingin pake stroller, sebaiknya kamu hanya stay di area sekitar taman bunga dan water park saja. Di sana masih terbilang landai.

Jika kamu ingin menjelajah seluruh area, sepertinya stroller malah akan menghambatmu. Di Selecta banyak area yang tidak rata, ada area atas, harus naik tangga taman untuk mencapainya. Jika tetap bawa stroller kamu perlu kerja sama partner untuk bantu naik-naiknya. Pastikan juga saat parkir stroller, pengaman roda diaktifkan. Hal ini untuk menghindari stroller dan adek baby or toddler tergelincir.

15. Perhatikan Anak-anak

Awasi dan dampingi anak-anak saat bermain. Di kawasan taman bunga biasanya anak-anak suka sembunyi dan main petak umpat di sela-sela tanaman. Mereka juga suka berlari-larian. Beri pesan kepada anak-anak untuk hati-hati dan jangan jauh-jauh dari orang tua.

16. Waktu Pulang

Selecta tutup pukul 17.00 WIB. Jika kamu naik angkot atau mengandalkan mobil online seperti GoCar, sebaiknya keluar area maksimal sehabis ashar. Jangan keluar mendekati waktu tutup karena di sana cepat gelap. Ini berdasarkan pengalaman kami waktu pulang pas menjelang gelap dan barengan karyawan pulang. Selain itu untuk mendapatkan Gocar kadang tidak mudah, perlu menunggu agak lama baru mendapatkan driver yang mau jemput ke Selecta. Hal ini bisa karena sedang sepi driver di sekitar sana, bisa juga karena driver enggan mengambil masuk ke Selecta.

Jika kamu masih muda dan kuat jalan jauh, sebaiknya menunggu driver di luar Selecta, masih di kawasan paling depan Selecta. Kalau di depan kemungkinan driver mau jemput kamu peluangnya lebih besar.

Penutup

Demikianlah cerita dan ulasan tentang 30 Fasilitas Selecta Batu Malang beserta keadaan dan tips untuk liburan di sana. Tempat ini sangat recommended untuk yang suka tempat wisata yang tenang, pemandangan indah, berhawa sejuk tapi lengkap fasilitasnya. Buat kamu yang mengagendakan liburan ke sana, perhatikan baik-baik tips di atas ya, agar liburanmu lancar jaya, InsyaAllah. Sampai jumpa lagi di review tempat wisata lainnya. Salam happy petualang!!


6 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Masya Allah, lengkap banget ulasannya, Mbak. Dengan 40 ribu fasilitas yang didapat sebanyak itu, keren.🤩

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo wahana bayar lagi mbak😃 kalo renang dan taman free

      Delete
  2. Masyaallah, boleh nih mba kalau main ke batu lagi bisa meet up di sini kapan-kapan hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good idea mbak, emang seru buat gathering di sana😃

      Delete
  3. Maasya Allah lengkap sekali, saya sangat terbantu memeroleh informsinya. Terimakasih mba..

    ReplyDelete