Ganti Judul dan ALt sendiri

Siap Hadapi WFH Jakarta 2023: 21 Tips Mindful Anti Bosan Anti Mati Gaya Jalani WFH

Polusi dan WFH Jakarta 2023
Assalamualaikum, Teman Filaah. Kebijakan Work From Home (WFH) Jakarta sudah diberlakukan sejak Kemaren. Apakah Anda salah satu dari ASN atau karyawan yang harus “dirumahkan” karena kebijakan WFH Jakarta tahun ini? Jika iya, yuk simak 21 Tips Mindfull Anti Bosan dan Anti Mati Gaya Saat WFH ini. Anda  perlu tahu agar bisa menjalani WFH dengan lebih bersemangat.

1. Atur Pola Pikir Anda 

Pertama, tata pikir pola di zona ikhlas, syukur, dan sabar.

Ikhlas

Ikhlaskan keadaan ini, tidak semua hal ada dalam kendali kita. Qodarullah wa maasyaa fa'al. Terkadang harus mengalami hal yang tidak biasa seperti keadaan ini. Banyak media mengabarkan bahwa kondisi polusi udara di Jakarta sudah sangat parah dan mengganggu kesehatan. Kebijakan WFH merupakan salah satu cara pemerintah untuk mengurangi emisi bahan bakar yaitu dengan cara mengurangi transportasi. Dengan banyaknya karyawan yang tidak keluar rumah untuk bekerja menggunakan sarana transportasi pribadi, mengurangi polusi udara bisa teratasi.  

Udara Berpolusi di Jakarta

Jadi, ikhlaskan dan tetap dukung pemerintah ya. Semoga segera ada perbaikan.

Syukur

Biasakan untuk selalu bersyukur di setiap keadaan, termasuk keadaan WFH saat ini. Bersyukur bahwa ini bukan karena wabah seperti covid kemaren, jadi tidak ada ketakutan yang mengancam keselamatan jiwa. Bersyukur tidak harus macet, jadi lebih hemat energi, waktu, dan biaya. Bersyukur tidak harus berangkat sepagi mungkin. Bersyukur punya lebih banyak waktu di rumah bersama keluarga. Bersyukur tidak harus menghirup udara yang berpolusi di jalanan. Dan temukan rasa syukurmu yang lain.

Sabar

Sudah ikhlas dan bersyukur, namun tetap harus menguatkan kesabaran. Sabar harus bekerja di rumah yang kurang nyaman, sabar harus mengatur suasana hati, sabar karena kerja di rumah malah diberi pekerjaan yang lebih banyak. Dan saya yakin ada banyak kesabaran yang harus diet agar bisa lebih mengontrolnya. Sabar ya, Teman Fillaah, InsyaAllah Allah akan selalu bersama orang yang sabar, dan akan ada pahala yang besar bagi orang yang sabar.

Ikhlas bersyukur dan sabar saat wfh

Saat pikiranmu sudah ter-set dalam kondisi ikhlas, syukur, dan sabar, kamu akan menjadi lebih mindful menghadapi hari-hari WFH selanjutnya. Kalau pikiranmu masih belum ter-set untuk ikhlas, syukur, dan sabar, yang ada malah kamu akan mudah mengeluh, sulit menjadi kreatif, energimu jadi lemah, kurang bersemangat, dan produktivitasmu akan menurun. Nggak mau kan seperti itu?

Dengan pola pikir menghadapi WFH ini dengan ikhlas, syukur, dan sabar, jadikan hari-harimu lebih menantang dan menjanjikan peluang hal-hal baru untuk dilakukan.

2. Kontrol/kendali Ada Di Tanganmu

Saat WFO (Work From Office) kamu cukup datang ke kantor tepat waktu dan selanjutnya melakukan job desk yang kantor atau atasan berikan kepada Anda. Saat WFH kamu bertanggung jawab penuh atas pekerjaanmu dari kantor dan tanggung jawabmu yang lain di rumah. Barangkali akan terjadi sedikit masalah di awal terkait pengaturan waktu, prioritas, dan batasan antara urusan kantor dan urusan di luar kantor. Ini karena belum terbiasa saja.

"Ingatlah selalu bahwa meskipun kamu saat ini berada di rumah sepanjang hari, ada tanggung jawab yang harus jelas dibagian"

Buatlah batasan tempat dan waktu antara urusan pekerjaan dan di luar pekerjaan. Sediakan ruang  khusus untuk mengerjakan pekerjaan kantor. Sediakan juga waktu yang terjadwal untuk menyelesaikan pekerjaan kantor.

Komunikasikan dengan keluarga ya. Ajaklah mereka bekerja sama. Jangan lupa untuk memberikan kontribusi lebih kepada keluarga pada momen WFH ini, karena waktumu banyak dihabiskan di rumah. Membantu mengerjakan tugas rumahan atau lebih banyak berbincang dengan keluarga, bermain dengan anak, beraktifitas bersama mereka, akan membawa kehangatan dalam keluarga. Jika hubungan dengan keluarga erat, tidak akan sulit meminta mereka untuk membantu aktivitas WFH kamu.

"Ingat, kontrol diri ada di tanganmu. Hal-hal yang berpotensi mengganggu WFH-mu dan cara mengatasinya adalah tanggung jawabmu. Jangan mencari kesalahan orang lain ya. Saatnya kepemimpinan -mu terbukti"

3.  Temukan Ritme Aktivitas Harianmu

Hal yang sangat membantu menentukan ritme dalam aktivitas harian adalah dengan membuat jadwal waktu  dan to do list . Tentunya ada perubahan aktivitas dengan saat WFO. Jadi buatlah jadwal harian baru.

Agar WFH ini terasa berbeda, buatlah aktivitas menjadi 4 bagian.

1.      Pekerjaan

2.      Keluarga

3.      Waktu untuk diri sendiri

4.      Hubungan

Atur rupa waktu sesuai ritme yang paling sesuai untuk Anda. Jadikanlah WFH yang berkualitas, bahagia, sehat fisik, mental, spiritual sebagai visimu.

4. Berolahraga

Home Workout Saat WFH

Masukkan aktivitas olahraga dalam jadwalkan me time harianmu. Olahraga bermanfaat bagi mental loh. Saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon serotonin dan dopamin yang bisa membuat tubuhmu jadi lebih dan bahagia. Olahraga bisa memperbaiki suasana hati dan akan membuat seseorang merasa feeling good . Dan tentu saja olahraga akan membuat Anda merasa bugar dan lebih berenergi. Cukup lakukan olahraga ringan seperti workout setiap hari agar tubuhmu lebih mudah beradaptasi. Kalau lagi olahraga pria? Siap-siap baju kerjamu ga muat saat tiba kembali ke kantor untuk pekerjaan normal. Dan kira-kira apa komentar rekan kerjamu lihat badanmu yang makin makmur dengan WFH.

5. Tetap Lakukan Perawatan Harian 

Skincare saat WFH

Daily treatment tu maksudnya perawatan tubuh harian seperti mandi, pake skincare . Ada loh karena WFH jadi men-skip acara mandi dan skincare -an. Jangan begitu ah, Teman Fillaah. Meski ga ada zoom meeting, tetap lakukan mandi pagi dan melakukan perawatan diri seperti saat WFO. Tetap merawat diri adalah salah satu cara peduli dan menyayangi diri sehingga kamu akan merasa berharga. Kamu malah bisa menambahkan aktivitas perawatan ini karena waktumu lebih longgar. Misalnya dengan luluran, maskeran, atau creambath di sakit hari. Bayangkan perasaan lebih segar setiap hari dengan selalu memperhatikan perawatan diri seperti ini.Jarang-jarang bisa punya cukup waktu untuk memusatkan perhatian sama diri sendiri.

6. Pakai Pakaian Yang Bersih dan Wangi Setiap Pagi

Meski di rumah saja, pilih pakaian yang nyaman, bersih, wangi saat pagi hari. Pagi hari waktu memulai aktivitas termasuk aktivitas WFH harus ada semangat menjalani hari untuk menuntaskan yang menjadi checklist hari ini.

7. Mengolah Sarapan Makanan Sehat

Makanan sehat untuk sarapan

WFH artinya ga buru-buru berangkat kerja pagi. Setidaknya ada waktu satu jam-an sebelum bersiap dengan jadwal WFH. Sematkan untuk memasak masakan sehat yang sederhana. Misalnya sayuran dan protein, dan buah. Sarapan lah dengan menu tersebut bersama keluarga. Nikmati dan syukuri momen itu karena tidak setiap hari bisa sarapan santai bersama keluarga.

8. Tarik Nafas Dalam-Dalam 

Tarik nafas dalam-dalam saat wfh

Relaksasi singkat namun memberi efek yang signifikan adalah dengan menarik napas dalam-dalam  atau mengambil napas panjang. Lakukan ini di pagi hari, terutama saat udara masih segar. Kamu bisa melakukan ini juga kapan saja untuk merelekskan badan dan memperbaiki perasaan. Di tengah aktivitas WFH yang mungkin membuat otak dan ototmu tegang, mengambil napas panjang kemudian stresnya akan membuatmu lebih rileks dan kembali siap melanjutkan pekerjaan.

9. Melakukan Hobi

Lakukan hobi saat WFH

Biar ga bosan saat WFH, saatnya memasukkan aktivitas hobimu ke dalam to do list harian. Apa nih hobimu, apa yang bisa dilakukan dari rumah? Merajut, membuat kue, utak-atik motor, berkebun, atau yang lainnya? Silakan manfaatkan kesempatan WFH ini untuk menepi sejenak bersama hobimu.

10. Berkebun

WFH dengan berkebun

Berkebunlah meski kamu bukan hobi berkebun. Berkebun itu aktivitas yang menyenangkan loh. Jika kamu sama sekali tak punya pengalaman dengan tanaman, mulai dengan satu atau dua tanaman house plant atau dekorasi tanaman yang mudah perawatannya. Calathea , aglonema , monstera , sansevierra , sirih gading adalah beberapa contoh tanaman yang mudah merawatnya. Jika ingin lebih mudah, tanam kaktus atau sukulen saja. Saya sarankan membeli langsung di toko tanaman jika kamu seorang pemula. Agar tidak stres duluan menghadapi tanaman yang stres karena efek perlakuan ekspedisi pengiriman jika membeli tanaman secara online.

Berinteraksi dengan tanaman bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Aktivitas ini juga bisa membuat lebih peka dan mencintai anugerah alam.

11. Membaca Buku

Membaca buku saat wfh

Saat WFO tidak punya waktu untuk membaca buku? Berarti WFH bisa jadi kesempatan buat berinteraksi dengan buku-buku wishlist kamu. Baca buku selain mendapat manfaat ilmu, Anda juga bisa menghindari interaksi terlalu sering dengan gadget.

12. Mencoba Resep Masakan Baru

Kalau pekerjaan kantor selesai lebih awal, kamu bisa agendakan mencoba resep masakan baru yang kira-kira juga disukai keluarga. Kamu bisa berbelanja online untuk mendapatkan bahan-bahannya, untuk menghemat waktu dan tenaga, serta menghindari paparan polusi udara.

13. Bermain Bersama Keluarga

Board games bersama keluarga saat wfh

Bagi yang sudah memiliki anak, play time with kiddos akan banyak idenya. Main lego, masak-masakan, dokter-dokteran, cilukba, petak umpat, ular tangga, dan banyak lagi jenis permainan sesuai usia dan minat anak. Nah kalau belum punya anak, bisa juga kok main bareng keluarga. Badminton, tenis meja, ini namanya main sekaligus olahraga. Kalau di rumah saja bisa main apa ya? Board game semacam halma atau puzzle oke juga kan? Atau kamu punya ide bermain bersama keluarga yang lain?

14. Bermain Bersama Hewan Peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan saat Wfh

Bagi yang punya hewan peliharaan, saatnya menyempatkan waktu untuk merawat dan bermain dengan mereka. Pagi hari, sapa dan ajak ngobrol hewan peliharaanmu, sembari memberinya makan. Sore hari, kamu bisa bermain dan membersihkan kandangnya.

Kalau tidak punya? Jika kamu punya minat atau rencana memelihara hewan, inilah saatnya memulainya. Akhir pekan setelah sepekan WFH bisa jadi waktu untuk refreshing memulai hal baru dengan hewan peliharaan.

15. Video Call Dengan Orang Tua dan Teman

Alih-alih menghubungi orang tua dan teman dengan telepon biasa, gunakanlah video call untuk menghubungi mereka. Waktu yang lebih lapang membuatmu bisa lebih leluasa melakukan panggilan video dengan orang terdekatmu. Panggilan video akan mengurangi rasa bosan sekaligus mempererat hubungan. Tapi sebelum vcall, sebaiknya hubungi dulu melalui WhatsApp, apakah yang kamu ajak vcall bersedia, dan kapan waktunya. Karena vcall itu seperti bertamu, yang menerima lebih suka bersiap dan meluangkan waktu untuk saat panggilan video.

16. Menambah Skill Baru

Merasa WFH punya lebih banyak waktu? Gunakanlah untuk mengasah keterampilan baru yang bermanfaat bagi hidupmu. Ikuti kelas-kelas online yang fleksibel. Lumayan banget kan saat WFH bisa nambah skill dan pengalaman baru. Kelas apa saja contohnya? Kelas finansial, kelas memasak menu tertentu, kelas desain, kelas public speaking, kelas menulis, kelas zero waste, dan lainnya. Banyak kok yang menyediakan kelas dengan harga terjangkau.

17. Declutter Rumah dan Gadget

Merapikan rumah saat wfh
Sibuk kerja ga sempat beberes rumah dan hapus file-file tak terpakai di hp? WFH, sempatin dong melakukannya agar hidupmu lebih lapang.

18. Bikin Acara Lunch atau Dinner yang Berkesan Dengan Delivery Food Order

Kalo WFH kan irit uang bensin, uang makan siang, uang njajan di luar. Sesekali manfaatkan uangmu untuk memesan makanan yang istimewa untukmu dan keluarga. Bikin acara makan yang berkesan untuk menghargai kebaikan keluarga mendukung WFHmu.

Kamu juga bisa berbagi makanan dengan tetangga atau orang kurang mampu di sekitar rumahmu. Karena hidup itu ga melulu memenuhi kebutuhan sendiri, tapi bisa berbagi juga merupakan salah satu hal yang membahagiakan diri sendiri.

19. Dengarkan Podcast dan Kajian Islam

Dapatkan motivasi harian melalui podcast dan siraman rohani harian melalui kajian Ustadz. You really need it.

20. Manfaatkan Akhir Pekan Untuk Berkegiatan di Luar Rumah

Akhir pekan bersama keluarga

Bosan ya sepekan di rumah saja? Di akhir pekan gunakanlah untuk mencari suasana baru dengan pergi keluar rumah. Kamu bisa jogging, berenang, bersepeda, belanja, main ke rumah teman atau sodara, pergi ke perpustakaan atau toko buku, ngopi ke kafe, kajian ke masjid, dan ke mana saja yang kamu mau. Apalagi cari tempat yang kondisi polusinya tidak begitu parah, atau pergi saat masih pagi atau malam hari. Hindari polusi dan macet, selalu gunakan masker, dan bawalah bekal dari rumah.

21. Perbaiki Ibadahmu

Shalat lebih khusyuk

Banyak di rumah ya harus dimanfaatkan untuk lebih banyak beribadah. Ketika WFO banyak distraksi untuk beribadah khusyuk, karena lelah dan banyak pikiran misal. WFH ini jadikan momen untuk memanjakan spiritualitasmu. Ingat ya, spiritualitas dan kedekatan dengan Allah adalah salah satu komponen work life balance. Shalat tepat waktu, perbanyak baca Al-Qur'an , dzikir pagi petang selalu,  dan perbanyak dzikir mutlak. WFH juga menjadi kesempatan yang baik bagi Anda untuk memperbanyak puasa qodho dan puasa sunnah. Kan enak ga terlalu capek dan godaan nahan lapar ga terlalu besar.

Poin 21 ini adalah poin terakhir dari tulisan ini. Sengaja ibadah ditaruh yang paling akhir biar setelah selesai baca artikel ini, itu yang paling kamu ingat dan paling ingin kamu terapkan.

Penutup

 Demikianlah 21 Tips Mindful Anti Bosan Anti Mati Gaya Menghadapi WFH Jakarta 2023 ini. Tips yang berisi pola pikir menghadapi WFH dan ide kegiatan ini bisa kamu kembangkan sekreatif mungkin sesuai minat dan kelonggaran waktumu. Kesimpulannya, WFH hanyalah sebuah episode yang tetap harus dijalani dengan ikhlas, syukur, dan sabar. Jalani juga dengan penuh tanggung jawab, atur skala prioritas dan carilah cara agar Anda bisa menikmatinya. Akhir kata, selamat bekerja dari rumah ya Teman Fillaah, kedamaian selalu untuk menjaga kesehatan, baik fisik, mental, maupun spiritual. Salam Sehat #dirumahaja   

 

 

11 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Sebenernya sedih juga ya kak. Pandemi udah selesai tapi harus WFH lagi.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga segera berlalu masalah polusinya ya kak, biar bisa ngantor lagi. Moga masalah kayak gini ga ngrembet ke kota lain ya

      Delete
  2. Suka banget tips dimulai dari mindset

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena Semua berawal dari mindset ya mbak^^

      Delete
  3. Wah bisa banget nih, suami temen wfh tp kerjaannya jadi kelewat dr batas jam kerja jadinya 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk makanya emang kudu atur prioritas mbak, jangan sampe to do list ngatasin bosan lebih diprioritaskan daripada kerjaan utamanya, tar malah dirumahkan selamanya haha

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Wah, banyak banget tipsnya. Bisa dijadikan referensi ketika menuju bosan nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga pas bosannya udah mencapai limit, wfh nya berakhir ya mbak hehe

      Delete
  5. memang menantang banget wfh itu kak, kadang mindset yang berantakan juga bisa mengganggu.. terlebih sabar dan syukur, lumayan menguji juga hehe

    ReplyDelete
  6. Tips praktis, Mbak Liha. Kuncinya, ikhlas, syukur, dan sabar.

    ReplyDelete