Ganti Judul dan ALt sendiri

Bersiap Sengsara Jika Salah Memaknai Sukses



 Judul Review:

Bersiap Sengsara Jika Salah Memaknai Sukses

Judul Thumbnail:

Bantah Stigma: Anak Orang Kaya Pasti Sukses. Sukses Aniaya Anak Orang?

Judul Video:

Terungkap!! Anak Pejabat Bisa Arogan. Stop Definisikan Sukses Dengan Cara Ini

26 Feb 2023

Caption:

Anak orang kaya, anak pejabat, apakah boleh kita generalisir semua selalu berlaku semena-mena? Tentu tidak. Belajar dari kasus viral anak pejabat, Mario Dandy yang aniaya anak orang berujung petaka, kita perlu mundur lebih jauh lagi sebelum semua itu terjadi.

Bagaimana mindset kita menyikapi harta yang kita miliki? Apakah semua harta itu adalah lambang kesuksesan? Ataukah selama ini kita telah salah memaknai kesuksesan yang dampaknya melahirkan generasi-generasi yang arogan?

_____________

Baru-baru ini aku melihat tayangan podcast kesayanganku kasisolusi. Temanya tentang makna kesuksesan. Aku ingin membuat resumenya untuk aku pelajari dan simpan untuk dibaca lagi lain waktu.

Judul yang aku buat untuk resume ini beda dengan judul pada tumbnail dan video YouTubenya. Judul kubikin berdasarkan kesimpulan yang aku ambil tentang kesuksesan yang disampaikan coach.

Biasanya aku tidak terlalu tertarik dengan bahasan kesuksesan. Sukses tiap orang kan berbeda. Tapi karena yang membawakan topik ini adalah coach favoritku, yaitu Coach Rene Soehardono, dan disampaikan melalui podcatst langgananku, makanya aku belain nonton. Selama mendengar Coach Rene aku selalu mendapatkan hal baru yang tak kuduga sebelumnya. Wawasannya luas, pemikirannya deep, dan cara penyampaiannya clear, enak didengar.

Dan kalo Coach Rene ngobrolnya di kasisolusi sama Deryansha, udah deh nyambung, chemistrynya dapet banget, mereka udah kayak Abang adek, ga ada kaku-kakuan, bahasanya elo gue kayak ngobrol biasa. Kita yang menyimak enjoy aja, apalagi mereka seru banyak bercandanya jadi nggak bosan nontonnya.

Sebelum aku kasih resume hasil podcastnya, mari sedikit mengenal tentang podcast KASISOLUSI. Dari namanya yang berasal dari kata kasih solusi itu saja sudah menyatakan kalau misi podcat ini adalah kasih solusi atau memberikan solusi. Nah solusi apa dong? Yaitu solusi dalam urusan bisnis UMKM muslim dan karir .

KASISOLUSI Memfasilitasi Bertemunya Pengusaha Muslim dan Creative Freelancer.

Didirikan oleh Deryansha Azhary (Founder & Chief Executive Officer Kasisolusi) pada Apr 2021 di Jakarta, Indonesia.

Kasisolusi sendiri sebenarnya adalah Aplikasi Marketplace #1 yang memberikan Solusi kepada UMKM Muslim untuk bertemu dengan Freelancer. Dengan aplikasi ini, tujuannya adalah:

๐Ÿ” Freelancer dapat Order

๐Ÿ”“ Pengusaha dapat Konten (logo, video, foto, desain)

Berdirinya kasisolui dilatarbelakangi oleh keresahan teman-teman UMKM Muslim dan Freelancer Muslim.

UMKM Muslim:

“Saya kesulitan mencari Creative Freelancer berkualitas yang paham syariat islam.”

Creative Freelancer:

“Saya kesulitan menemukan Entrepreneur yang paham batasan dalam syariat islam.”

Kasisolusi hadir untuk membantu mempertemukan UMKM Muslim dengan Creative Freelancer

Nah, itu kan aplikasinya, bagaimana dengan podcastnya?

Podcast KASISOLUSI sebagai media untuk memperkenalkan ke khalayak/masyarakat tentang aplikasi tersebut melalui channel YouTube. Adapun konten podcast Kasisolusi ada beberapa kategori, yaitu

- Ustadz Kasisolusi, ini mengundang para ustadz. Biasanya ada tema khusus yang dibahas, yang jelas bukan kajian ya. Ustadz yang pernah diundang di antaranya: Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Dzulkarnaen Sanusi, Riyadh Bajrey, Muflih Safitra, Kak Erlan, Ali Hasan Bawazier, Ammi Nur Baits, dll.

- Coach Kasih Solusi

  Tips dan trik meningkatkan SDM Indonesia

  Formula membuat tim yang solid

  Cara membangun perusahaan meskipun nggak ada passion

Nah yang Coach kasih solusi ini coach tetapnya coach Rene. Seorang career coach, penulis buku “Your Job is Not Your Career”, konsultan karir, dan eks komisaris Ancol di zaman Pak Anies Baswedan.

- Podcast bincang-bincang dengan tokoh, pebisnis, dan Freelancer. Di antara tokoh yang pernah diundang adalah Pak Sandiaga Uno. Tapi bukan Kasisolusi yang mengundang Pak Sandi, melainkan Pak Sandi yang ngundang Kasisolusi podcast-an di kemenparekraf. Tokoh lain Pak Anies Baswedan, Razi Thalib founder RevoU, Muhammad Ismail CEO Zahir Accounting, Aiman Witcaksono News Anchor, Pak Bi Subiakto pakar branding, dr Zaidul Akbar, dan masih banyak lagi. Ada juga mengundang artis-artis yang hijrah seperti Uki Noah, Reda, Edwin, Ony tuyul, banyak deh.

Kasisolusi memang podcast tempat nongkrong yang bener-bener berbobot dan nyaman terutama bagi yang punya minat dengan dunia bisnis, pengembangan diri, dan perkembangan Islam.

Lumayan banyak ya ternyata aku memperkenalkan podcast Kasisolusi ini. Aku berharap kalian juga tertarik memanfaatkan screen time kalian untuk mendulang manfaat dari podcast ini.

Baiklah, tidak berlama-lama lagi, saatnya aku bagi catatan resumeku dari podcast coach Kasisolusi edisi bahas KESUKSESAN. Beberapa akan aku catat poin pentingnya, dan beberapa aku catat langsung ucapannya, meski elo gue aku tulis aja sama karena kalo aku tulis persis jadi bisa bayangin lagi menyimak Coach Rene langsung. Semoga kalian tidak terganggu ya.

- Diawali dengan mengutip QUOTES dari Cak Lontong tentang kesuksesan. “Kunci Sukses adalah The Key of Success”. Yang tau maknanya dan tau siapa yang ngomong kontan akan tertawa๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

Kalo kamu nggak ketawa berarti perlu mikir mengapa harus tertawa haha

- Arti sukses tidak sama bagi setiap orang. Messi sukses berarti kemenangan di lapangan saat berlaga di piala dunia. Tapi tidak selalu dia menang, kadang dia juga kalah.

Banyak orang ingin sukses seperti sukses yang dipersepsikan orang lain. Harta benda mewah, jalan-jalan ke tempat wah, dan lain-lain. Mungkin itulah mengapa fenomena flexing atau mempertontonkan kekayaan di kalangan influencer muncul. Mereka butuh validasi kesuksesan itu dari apa yg dipostingnya.

- Kata ‘Sukses’ berasal dari bahasa Latin ‘Succedere’ yang artinya ‘Apa Yang mengikuti setelahnya’. Misal seseorang berhasil berjalan 10.000 langkah berarti apa yang dia dapatkan setelah itu adalah capek dan perasaan puas karena mencapai target. What come after. Jadi obrolan hei kamu mau sukses seperti aku, itu udah Jelas salah. Kenapa? Nggak make sense aja. Karena yg dia langkahi bagaimana dia melangkah tidak sama dengan bagaimana orang lain melangkah. Karena itu nggak benar membandingkan nilai sukses satu orang dengan orang lainnya.

- Jangan menganggap kalo sukses tu sesuatu yang jauh. Saat kita melangkah apa yg kita rasakan saat melangkah dan apa yang kita dapatkan. Itu sukses kita.kalo kita tu ga jalan ya ga kemana-mana. Dan ga mungkin sukses kalau ga berusaha

 Simon Sinek dalam bukunya start with Why tentang infinite game menarik banget. Banyak orang salah kaprah menilai kesuksesan organisasi dan diri karena gagal melihat permainan nya. Permainannya tu gini kalau sepak bola aturan nya jelas. Menang ya kalau gawang gue kebobolannya lebih sedikit dari gawang lu.

 Waktunya 45 menit sama-sama 11 orang. Sementara dalam kehidupan dalam bisnis aturan main memang ada tapi ini game yang tidak berkesudahan, berkesinambungan dan apakah hidup lo selesai kalau lo punya mobil bagus itu

Kecuali kalau ajal ya lo dimatikan setelah punya mobil itu. Ajal tu di tangan Allah tapi apa hidup kita bisa direduksi hanya dengan kita memiliki rumah itu, dengan bahkan menjadi presiden.

Setelah selesai jadi presiden pak sby bu mega gitu apa berarti ga sukses karena akan ada what comel after2 lain. Dan itu tergantung dari game yang lo sepakati. Kalau lo sudah kunci gamenya soal gimana gue bisa mengalahkan dery itu jelas ga mungkin karena Dery punya hidup sendiri gue punya hidup sendiri

[Ukuran sukses dery dan ukuran sukses gue beda. Kita pada jalur yang masing-masing.

 Di buku ini ditunjukkan secara lugas betapa celakanya kalau kita menjadikan hidup ini ke dalam permainan yang terbatas. Makanya bahasanya ini fined game. Fined game tu seperti sepak bola basket dibatasi waktu menang kalahnya jelas

Misal sekarang gini, kasih solusi mengalahkan podcast-podcast lain. Definisi yang apa? Viewership? Tapi itu kan ga bisa dijadikan pegangan. Nanti lawannya mengalahkan dia. Ada ukuran yang nggak mungkin kita ukur. Kasih solusi Cuma punya satu penonton dan dia mencermati dan betul-betul melaksanakan apa yang disarankan sehingga suksesnya dia sangat tergantung pada kasih solusi.

 Dan rentetannya panjang

 Membanding-bandingkan kesuksesan itu sudah salah besar

Gue ulang ya

Kesalahan besar saat membahas kesuksesan adalah membanding-bandingkan sukses

Rafi Ahmad dan keluarganya pasti punya tantangan tersendiri dibanding dery dan keluarganya

Rafi kan bisa jadi tuntutan pekerjaannya dahsyat sekali

Lebih dari dery. Tapi apa yang dilalui rafi dia punya tantangan yang hanya bisa dirasakan oleh rafi

Sebagaimana yang sedang elo kerjakan ada tantangan yang hanya elo rasakan

Sebagaimana yang sedang elo jalankan ada tantangan yang hanya elo rasakan. Beratnya yang rafi rasakan mungkin berat ketemu anak meluangkan waktu karena sedemikian padatnya

 Jadi yang mendefinisikan sukses itu apa?

Bagaimana elo memahami apa yang diharapkan sang pencipta akan hidup lo.

Para motivator sering berkata yang paling mengenal diri kita siapa? Tentu diri sendiri. Kita tau betapa nggak mungkinnya hal itu. Kita ingat dari kehidupan kita itu yang kita ingat hanya seberapa? Besok kita tidak tau. Tapi artinya kita tidak tahu apa-apa. Kita hanya tau sebatas yang diizinkan pencipta dan sebesar itu usaha kita. Selebihnya kita tidak tahu.

 Jadi nomer satu

Apa dong bagaimana elo tau yang diinginkan pencipta kepada dari elo?

0 nya adalah lo punya hubungan baik nggak dengan sang pencipta? Kalau enggak wah cilaka

Jadi sukses tu bukan what me want to be? Elo pingin jadi apa? Jangan...itu juga problem besar. Sukses itu apa yang elo mau lo dapat, bukan...

APA YANG SANG PENCIPTA MAU ELO TUNTASKAN UNTUK KEMUDIAN ELO MENDAPATKANNYA SEPENUH HATI LO ATAS IZINNYA

 Karna gini ada yang elo suka tapi ga baik buat lo. Sebaliknya ada hal yang enggak lo suka tapi baik buat lo.

 Nah kalo effort kita nggak mau tau apa yang gue mau harus gue dapat, itu nggak sehat. Meskipun udah didapat. Apalagi sudah didapat. Kalo prosesnya salah pasti hasilnya juga salah

Dengan elo jadi orang terkaya saat itu bukan berarti elo selamat di kehidupan sejati kelak

Apalagi kalau dalam prosesnya elo sikat kanan sikat kiri injak bawah jilat atas. Apa yang harus lo bayar? Lo sendiri lihat kan banyak sekali kisah dari orang-orang yang...ya hari ini kita baru dengar tentang vonis seseorang (ferdi sambo dihukum mati)

 Lihat kan betapa berkuasa ya orang ini sebelum kejadian ini. Pernah nggak sih dia merencanakan ini

Pernahkah elo merencanakan sedemikian rupa baiknya hidup lo sehingga hidup lo tuh sesuai dengan apa yang lo mau? Kalau ada itu hanya beberapa persen aja.

 Misal bisa kerja di tempat yang diinginkan. Benarkah setelah bekerja di situ mendapatkan seperti yang diharapkan? Bandingkan dengan ini. Di manapun Allah ridho gue lakukan sepenuh hati.

Dia nggak punya rencana kerja di situ. Bisa kerja di situ dia anggap sebagai berkah yang luar biasa

JADI TATA KEYAKINANYA YANG DIATUR. PEMAHAMAN TENTANG DIRI LO NYA.

Pemahaman diri bukan memahami ambisi lo saja. Tapi bagaimana elo mengenal dan dikenal sang pencipta

Nah ini shifting yang diperlukann

Kalo elo mau sukses ada resepnya gue juga nggak mau kalah

 Bagaimana kita justru mengalihkan dari yang tadinya kita dilatih untuk seen menjadi unseen.

Ini kebalik

Misal selama ini kita melihat sukses dari berapa banyak mobilnya harganya menjadi melihat seberapa percaya orang/ridho dan komitmen dalam bisnis dengan kita. Ini nggak kelihatan

 Kita melatih diri untuk minat ini. Mungkin hasilnya tidak langsung kelihatan tapi bisa dirasakan misal hidup lebih tenang

 Fokus kita dari semesta pada alam

Gue sering denger orang-orang berdoa semoga semesta mengabulkan

[Kan gini semesta yang elo kagumi itu hanya sebagian kecil dari yang bisa elo lihat. Dan hanya sebagian kecil dari ciptaanNya

Kenapa kita doa pada ciptaan kenapa buka doa pada penciptanya

 Kalo kita kagum sama handphone tentu kita lebih kagum sama yang bikin handphone. Dia mikir apa yang tidak pernah kita pikirin loh

 Harusnya gitu ya tapi kenapa kok gitu? KARENA GAMPANG

 Mobil terlihat gampang, saldo rekening terlihat gampang, postinga ig gampang, terbang ke tempat paling mehong gampang

[Tapi berkomitmen untuk hanya menunjukkan yang perlu saja, tidak membandingkan, ikut bahagia dengan kebahagiaan orang lain itu tidak gampang

[Karena itu ketika Allah menjanjikan surga banyak orang nggak kebayang, susah ngebayanginnya kalau tidak mau mencari tahu ilmunya. Padahal di dunia ini masih prelude aja, masih banyak fase-fase selanjutnya

[: Karena surga belum kelihatan, meski sudah ditampakkan. Ingat seen to unseen

[: Allah sudah memperlihatkan keindahan dunia berupa taman-taman, sungai, dll. Mestinya pikiran kita melihat yang indah itu berpikir kalau di dunia saja sedemikian indahnya, bagaimana keindahan surga yang tak ada bandingannya. Jadi sepatutnya sukses kita jangan dihabisin di sini

 Jangan hanya fokus ke body, nutrisi dan performance. Tapi fokus juga ke soul, ruh

 Beri nutrisi ruh juga

Contoh sukses, misal pingin turun BB 5kg. Berkomitmen kuat dengan latihan dan jaga makan tetapi yang turun hanya 3 kg. Turun berat badan penting tapi bukan segalanya, karena yang penting itu sehat. Jadi ketika hanya 3 kg yang turun jangan putus asa, tetap saja lanjutkan program sehatnya

Jangan menjudge orang kaya sebagai orang yang tidak sukses. Kita hanya tau setelah benar-benar mengenalnya. Bisa jadi dia kaya dan sangat humble. Meletakkan harta di tangannya dan tidak di hatinya

 Nah kita harus balance menilai. Lihat ke diri boleh tapi jangan menjudge ke orang lain

 Setiap perjalanan sukses itu ada tantangannya. Dan tantangan ini didesain spesifik untukmu

Apa yang kita dapatkan sebenarnya adalah kombinasi antara tantangan dan kemudahan

 View point saat kita menjalani tantangan itu yang paling penting. Karena view point kita akan selalu ditabrakkan dengan view point orang lain

____________

Demikian resume aku tentang podcast coach Rene di Kasisolusi. Aku harap kalian suka dan sebaiknya tonton langsung podcastnya agar lebih bisa menerima pesan dan penyampaiannya langsung.


Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!