Ganti Judul dan ALt sendiri

Sebani Park 1 Pandaan, Kolam Renang Keluarga dan Wisata Outbond Sekolah



Sebani Pandaan

Awal Mei lalu saya mendampingi anak TK saya outbond di Sebani Park 1 Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jatim. Sebagai ibu-ibu blogger tak lupa saya dokumentasikan beberapa foto untuk saya bagikan kepada pembaca blog Aishawa sebagai oleh-oleh. Semoga suka yaaa....

Tempat wisata Sebani Park lebih dikenal dengan sebutan Sebani. Sebani sebenarnya nama desa di mana tempat wisata ini berada.

Pandaan beberapa tahun belakangan ini memang menjadi destinasi wisata alternatif bagi masyarakat dari kota Surabaya. Memang sih lebih favorit ke Batu, Malang. Tapi tau sendiri kan, Batu tu macetnya kayak apa. Tol pun macet. Jadi, Pandaan sebagai kota yang masih mempunyai hawa dingin karena letaknya masih cukup di daerah tinggi, menjadi alternatif buat rekreasi melepas penat.

Konsep wisata yang ditawarkan Sebani ini adalah wisata keluarga dan pendidikan (outbond sekolah). Simpel sih, wahana utamanya adalah waterpark dan rainbow slide. Itu yang bisa dinikmati oleh keluarga.

Sebani Pandaan

Kalau untuk outbond sekolah, ada kakak-kakak pembina yang akan memandu berbagai kegiatan dan permainan. Kegiatannya selain rainbow slide dan berenang bebas adalah bermain egrang batok kelapa, berkenalan dengan hewan ternak seperti kambing, kelinci, burung. Anak-anak diajari untuk berani pegang hewan-hewan itu. Ada juga edukasi pertanian dengan kegiatan menanam padi, game kekompakan seperti tarik tambang dan transfer air, serta game ketangkasan meniti jembatan goyang. Seru banget kan? Seneng loh lihat anak-anak bermain banyak hal dan mereka hepi, meski setelah itu belepotan lumpur dan air.

Oh ya, berdasarkan pengamatan saya, Sebani ini ada dua area, yaitu area lama dan area baru. Area lama berupa taman bermain dan waterpark. Area baru mencakup area outbond, rainbow slide, dan area istirahat yang luas. Area lama dan baru dihubungkan oleh lorong gelap (letaknya persis di bawah wahana rainbow slide), dari kolam renang hingga area terbuka yang luas di depan musholla .

Sayangnya saya hanya eksplore area baru di bagian belakang saja, jadi tidak punya dokumentasi area depan yang berupa taman bermain, waterpark, dan kolam ikan terapi. Kesan saya, area depan bagian lama terlalu crowded dari segi bangunan. Tapi memang aktivitas utama pengunjung di waterpark itu, jadi wajar jika penuh sesak. 
Fasilitas Sebani



Berikut ini beberapa informasi terkait dengan Sebani Park 1 Pandaan.

Lokasi dan Jam Buka

Sebani Pandaan

Lokasi Sebani ada di desa Sebani RT 3 RW 2, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.
Jam bukanya mulai jam 07.00 hingga 17.00 WIB.
Jalan masuknya agak sempit melalui perkampungan penduduk dan persawahan, tapi bus bisa masuk.

Harga Tiket

Harga tiket saat ini sebesar Rp 20.000. Ini bisa digunakan untuk masuk dan berenang sepuasnya, serta bermain di taman yang ada di sana.

Ada Fasilitas, Spot Menarik, dan Wahana Apa Saja?

Mau ke tempat wisata pastinya ingin tau sebelumnya ada apa saja di sana. Mari kita tengok.

Fasilitas Umum

Fasilitas Umum utama adalah toilet. Toilet cukup banyak. Di area lama sekitar waterpark ada, di area baru juga ada. Saya lebih suka di area baru karena ya masih baru dan terlihat lebih terawat kebersihannya. Selain itu karena tidak berebut dengan yang baru keluar dari kolam.

Musholla dan toilet sebani

Fasilitas Umum kedua adalah musholla. Ke mana pun berwisata, pastikan dari awal tau di mana lokasi mushollanya. Saya hanya melihat musholla di area baru. Musholanya bagus. Tapi sayangnya keciiil banget. Mengingat yang datang ratusan, ini sangat tidak mencukupi. Jadi usahakan datang di awal waktu shalat, biasanya masih sepi.

Toko dan Warung

Tempat berjualan di sini ada banyak, jadi tidak perlu khawatir. Dekat parkiran, sebelum pintu masuk beli tiket ada banyak warung atau depot yang menjual makanan. Ada juga yang menyediakan ban renang.

Di dalam ada toko milik Sebani yang menjual merchandise dan keperluan berenang.

Di sekitar kolam renang sangat banyak penjual makanan dan minuman, mau yang panas atau es krim juga ada. Di area belakang ada tenant yang menyediakan minuman dan makanan ringan. Ada juga makanan seperti pop mie dan bakso plus sosis bakar.

Gazebo

Fasilitas Sebani
Segera book tempat ini begitu sampai. Enak buat bobok siang nie

Di area depan bagian taman bermain ada beberapa gazebo untuk lesehan. Di area belakang di bagian taman berumput juga ada gazebo. Yang bagian ini favorit banget untuk keluarga karena tempatnya nyaman, sejuk, dan area pandangan luas.

Waterpark

Kolam renang sebani

Di sini ada 5 kolam yang diperuntukkan bagi dewasa dan anak-anak. Kedalamannya bertingkat sesuai usia anak. Saya ga tau dan ga cari tau berapa kedalamannya. Kalau mau tau mana yang pas untuk anak kita, tinggal lihat yang udah masuk kolam duluan aja ya haha. Gampang kok, bisa dilihat dari besarnya kolam dan desain kolam. Yang paling mini ya biasanya untuk balita. Yang banyak seluncurannya buat anak usia SD. Yang rapi tanpa mainan buat orang dewasa.

Di sini ada kolam ombak dan fasilitas mandi busa. Tapi menurut informasi, itu diaktifkan hanya pada hari Ahad saja.

Rainbow Slide

Seluncuran sebani

Ini wahana terbaru dari Sebani. Untuk mencoba wahana ini perlu membayar sebesar Rp 15.000 untuk sekali meluncur. Meluncur dengan ban motif donat menjadi hal yang tak terlupakan bagi anak-anak.

Kolam Ikan Terapi

Ada kolam ikan terapi di sini. Tapi letaknya di area lama dekat waterpark dan bagi saya kesannya kurang nyaman masuk ke situ.

Pendopo Terbuka

Sebani Pandaan
Buat istirahat, makan-makan, lari-larian 

Ini tempat leyeh-leyeh bebas. Bangunan baru, luas banget, buat 4 rombongan sekolah muat. Kemaren kami para mommies menanti anak-anak outbond di sini. Saya yang ajak adeknya bisa bebas bermain lari-larian. Di tempat ini juga tempat game buat ibu-ibu.

Taman Bermain 

Di taman anak-anak bisa bermain ayunan dan kawan-kawan. Ada juga jembatan titian. Di area belakang ada kolam kecil yang ada ikannya. Ini bisa jadi spot foto juga. Sayangnya ikannya ikan kecil banget. Ekspektasinya ikan yang gedhe dong ya, yang geraknya membius kita dan bikin betah lama-lama memandangnya.

Hewan-hewan

Di sini ada hewan yang kebanyakan hewan ternak. Ada kambing, kelinci, merpati, ayam. Ada juga musang dan tupai. Letaknya di samping pendopo. Tidak banyak hewannya, tapi cukup untuk mengenalkan hewan kepada anak-anak kota yang ga pernah ketemu hewan.

Spot Foto

Mau foto ya di mana aja bisa. Tapi ada beberapa spot yang memang disediakan atau biasa dijadikan orang untuk berfoto yang memberikan kesan khusus kalau itu di Sebani.
Sebani Pandaan



Pertama, foto di depan tempat beli tiket dengan latar belakang goa macan. Yang kedua di area belakang di depan taman berumput, di samping pendopo. Di situ ada tulisan Sebani besar. Ketiga, di tempat rainbow Slide. Selain bis foto di depan seluncuran rainbow, di depannya juga ada dinding bertuliskan Sebani Park.

Selain itu ada beberapa patung seperti maskot yang bisa juga sebagai latar foto.

Untuk anak-anak outbond, diberi kesempatan foto saat bertani dan memegang kelinci.

Service

Di area publik kita biasanya suka ngomongin service ya bu-ibu. Ada tiga hal berkesan dari pelayanan Sebani yang saya perhatikan. Pertama, petugas sampahnya selalu keliling mengecek dan mengosongkan tempat sampahnya. Jadi tempat sampah yang berupa tong-tong besar tidak sampai penuh tumpah ruah isinya. Saya juga baru perhatian, ternyata sampah tempat wisata memang cepat penuh ya. Jenis sampahnya seperti bekas pop mie, gelas minuman, dus makanan sangat banyak. Selama duduk-duduk saja di sana sudah beberapa kali saya lihat tempat sampah dikosongkan.

Hal kedua yang menjadi perhatian adalah saat panas terik siang petugas di sana menyiram area terbuka dengan air semprotan. Wah langsung ikut seger kita yang lalu-lalang di area itu. Dan aroma tanahnya berasa aroma diguyur hujan. Hal sepele yang berkesan.

Hal ketiga yang berkesan adalah paket makan siangnya yang enak. Kami mendapatkan paket makan siang untuk ibu dan anak dari Sebani. Ini termasuk paketan outbond ya. Menu di bento box hitam sekali pakai bertuliskan Sebani itu adalah ayam bakar bumbu merah dengan potongan besar. Bumbunya enak, banyak, dan sambalnya juga mantap. Benar-benar bisa menjadi teman makan siang yang nikmat.

Yuk, Rekreasi Ke Sebani

Nah itu sedikit cerita oleh-oleh saya saat mengantarkan outbond ke Sebani Park 1 Pandaan. Adakah yang sudah pernah ke sana? Atau ada yang pingin ke sana setelah baca review ini? Saya lihat Sebani masih dalam tahap pengembangan. Di area belakang ada alat berat dan banyak pekerja. Semoga pas ke sana sudah ada tambahan wahana atau area baru ya, jadi lebih seru bermain dan eksplorasinya. Sekian ceritanya, terima kasih.
‹ OlderNewest ✓

Post a Comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!