Ganti Judul dan ALt sendiri

Saat Semangat Ngeblog Turun Drastis, Dua Hal ini Bisa Membuatmu Bangkit Lagi

Setelah libur lebaran yang cukup lama dan melelahkan, untuk bangkit lagi ke dunia blogging rasanya butuh effort besar. Saat Ramadhan saya masih sangat semangat menulis, Syawal kok malah super melempem. Kompakan sama sisa rengginang di toples kue lebaran😅. Tapi alhamdulilah saya punya dua hal yang cukup membantu memulihkan kondisi saat semangat ngeblog turun drastis seperti sekarang ini. Apa saja sih obat mager ngeblog? Nih, saya spill...siapa tau bisa jadi obat juga buat teman-teman yang sedang dalam kondisi yang sama.

Ingatkan Diri Pada The Strong Why-mu Ngeblog

Klasik banget mungkin soal ini. Strong why/big why lagi. Kalau lagi super mager kadang strong why pun ga langsung ngaruh. Tapi, coba deh balik kondisinya. Sudahlah kali ini magerku lagi super-super, atau kesibukanku lagi ga bisa dikompromikan.

Coba tanyakan hal ini pada dirimu: Beneran mau stop aja ngeblognya? Mau udahan? Yakin mau bye-bye selamanya? Atau ga mau growth dulu, stagnan aja, atau kesehatan blog turun ga papa deh. Demi istirahatin pikiran sementara, fokus ke aktivitas utama yang lebih prioritas.

Tanyakan hal itu bener-bener pada dirimu. Tak apa jika mau istirahat dulu. Mungkin memang kamu sedang butuh saat ini. Seimbangkan dengan pertimbangan lain seperti: emang mau kalah sama teman lain? Emang se-burn out itu kah diriku? Yakin ga nyesel kalo kehilangan kesempatan mendapatkan peluang? Tanya dan tanya lagi dirimu. Barangkali saja kamu sedang capek banget, tapi dengan memikirkan hal-hal tersebut langsung terpantik semangatmu dan motivasi ngeblogmu bangkit kembali. Bisa jadi, kan?

Pantau Aktivitas Grup Komunitas Blogger Yang Kamu Ikuti

Blogger zaman now kebanyakan sudah bergabung dalam komunitas blogger, kan? Malah, bisa jadi ikut beberapa komunitas blog. Paling tidak, kamu punya kedekatan dengan salah satu komunitas itu. Anggota komunitas itu menginspirasimu dan kamu saling kenal dengan mereka.

Teman-teman satu komunitas bisa jadi cermin kita. Apa yang menjadi kelebihan mereka, motivasi dan semangat mereka, biasanya akan mempengaruhi kita juga.

Saya sangat terbantu dengan adanya komunitas ini. Kalau lagi down, saya sengaja nyari-nyari penyemangat di grup, curcol apa hambatan kita dan berharap mendapat suntikan semangat dari teman yang moodnya sedang bagus dan motivasinya sedang tinggi.

Nah, itu dia dua hal yang bisa saya bagikan untuk mendongkrak semangat saat semangat ngeblog turun drastis. Kalo kamu, apa saja mood boostermu? Yuk, berbagi di kolom komentar! Terima kasih.


1 comment

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Heu..heu...heu... Aku akui ... Aku memang semager itu bulan April 😭😭 mau mulai nulis rasanya berat banget. Baca tulisan ini aku tertampar, Mbak 🙈 Hayuuuk, semangatin aku lagi 😁

    ReplyDelete