Ganti Judul dan ALt sendiri

Mengasah Skill Desain Grafis Bersama Akhwat Creative Project (ACP)

 

Komunitas desain grafis muslimah

Jika kamu menyukai desain grafis, bergabung dengan komunitas yang mendukung untuk meningkatkan skillmu akan sangat membantu. Seperti yang telah saya lakukan, bergabung bersama Akhwat Creative Project (ACP) membantu mengasah kemampuan saya di bidang desain grafis. Ada yang sudah kenal dengan ACP?

Berkenalan Dengan ACP

Akhwat Creative Project atau ACP merupakan komunitas desain grafis berbasis smartphone khusus muslimah. Aktivitasnya menggunakan platform WhatsApp dan telegram.

ACP berdiri sejak tahun 2020. Ya betul, itu tepat di masa pandemi Covid-19. Foundernya adalah kak @ayesha.div yang saat ini tinggal di Kashmir. Masa-masa lockdown menjadikan banyak waktu luang di rumah yang kemudian membuatnya berinisiatif membentuk grup belajar desain grafis bersama sesama muslimah secara daring.

Fokus utama saat ACP berdiri adalah edukasi membuat karya desain grafis berupa konten poster dakwah atau ilmu diinul Islam. Konten tersebut biasa digunakan sebagai postingan feed Instagram dan instastory. Kalau kamu menemukan konten dakwah yang melintas di beranda sosial mediamu, mungkin saja salah satunya karya member ACP.

Alhamdulillah ACP mendapat sambutan antusias dari para muslimah yang punya minat belajar desain grafis dengan modal smartphone. Hingga saat ini (tahun 2024), jumlah anggota ACP berjumlah 345 orang. Tingkat usia anggota bervariasi, mulai dari yang usia belasan tahun hingga ada juga yang di atas setengah abad.

Saya sendiri merupakan anggota baru, bergabung pada bulan Agustus 2023. Saya sempat kena sanksi dikeluarkan karena tidak memahami rules komunitas dan akhirnya registrasi ulang pada Desember 2023. Kok ada acara kick member segala? Ah iya, nanti saya ceritakan lebih lanjut.

Selama ini setau saya teman-teman muslimah belajar desain grafis dari kelas-kelas online desain smartphone. Saya pun demikian. Pernah mengikuti kelas desain Pixellab dan Canva, dua aplikasi desain android yang paling banyak digunakan untuk desain grafis smartphone.

Nah, setelah selesai kelas biasanya ya bubar. Di kelas Pixellab yang saya ikuti, ada channel alumni di telegram. Tapi karena kurang interaktif, channel kan satu arah, jadi tidak bisa saling berkomunikasi.

Hadirnya ACP ini menurut saya merupakan solusi bagi muslimah yang benar-benar ingin bertumbuh dalam belajar desain grafis. ACP mendukung upgrade skill desain grafis selama masih menggunakan handphone.

Awal berdiri ACP hanya belajar desain dengan aplikasi Pixellab. Kemudian ketika Canva makin populer, upgrade belajar Canva bareng juga. Dan saat ini ketika semakin banyak yang berminat pada konten video, mulai bahas CapCut, VN juga. Editing photo? Ada juga sharing santai Lightroom, VSCO, Snapseed, aplikasi editing foto yang paling banyak digunakan. Lagi ngetrend desain berbasis AI, ngobrolin AI juga dong. Ilustrasi gimana? Saling sharing tentang ilustrasi dengan aplikasi Medibang, Ibis Paint antar anggota komunitas juga ada.

Meski belum semua diakomodasi admin ACP untuk dijadikan materi, sekedar tanya jawab apa saja soal desain grafis InsyaAllah akan ada yang bantu memberi masukan. Di ACP beberapa anggotanya adalah expert di bidangnya dan ada yang telah membuka kelas desain, jasa desain grafis, kontributor, atau content creator.

InsyaAllah bersama ACP akan bisa belajar desain grafis sesuai tren yang ada. Dan yang penting juga adalah di ACP sangat menekankan aspek syar’i dan legalitas dari karya desain. Jadi admin sering mengedukasi mengenai licensi untuk elemen, font, dan software. Sedangkan untuk edukasi desain syar’i, ACP menyediakan materi berupa video Ustadz khusus membahas tentang ketentuan berkarya seni dan desain dalam tinjauan syar’i.

Syarat Bergabung Dengan ACP

Kelas desain grafis muslimah

Jika ingin bergabung bersama ACP, simak dulu syarat-syaratnya berikut:

  1. ACP melakukan open recruitment anggota baru biasanya setiap 3 bulan sekali. Biasanya ya. Karena kadang juga tergantung pengurus ACP. Jika ingin bergabung, paling aman follow akun ACP di Instagram, dan simak storynya, atau bertanya pada admin via DM.
  2. Ada biaya registrasi sebesar Rp 20.000, sebagai komitmen keanggotaan. Ini berlaku selamanya selama mengikuti peraturan grup.
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Mengirimkan voice note sebagai bukti you are really female
  5. Bersedia mengikuti tata tertib ACP

Peraturan Keanggotaan di Akhwat Creative Project 

Desain pake hape

Untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan komunitas, ada peraturan sebagai pedoman bersama selama interaksi di grup.

  1. Sebisa mungkin aktif di grup dengan menjaga adab dalam berbicara dan bersikap
  2. Dilarang mengirim info komersil yang tidak berhubungan dengan editing
  3. Dilarang SPAM Chat atau STICKER yang tidak penting.
  4. Member baru wajib perkenalan
  5. Wajib mengerjakan tugas desain bulanan
  6. Setiap 3 bulan akan ada “rapotan”. Ada apresiasi berupa piagam bagi yang 3 bulan berturut-turut mengerjakan tugas bulanan
  7. Bagi yang dalam 3 bulan ada tugas yang kosong (tidak dikerjakan) tanpa udzur dan izin, akan menerima konsekuensi yaitu dikeluarkan. Jika ingin bergabung lagi, harus mengulangi registrasi dan komitmen dengan persyaratan awal.
  8. Diperbolehkan keluar sementara dari grup dengan izin dan menyampaikan udzurnya, misal akan umroh, haji, lahiran, kembali ke pondok, study, sakit, terkena musibah. Nanti boleh masuk lagi tanpa registrasi ulang.
  9. Ketika keluar harus izin admin dan dengan adab yang baik.

Peraturan Membuat Konten di ACP

Kelas desain grafis

Sebagai panduan mengerjakan tugas wajib, challenge, dan karya desain grafis lainnya, ACP membuat ketentuan untuk kontennya, yaitu:

  1. Mengambil Faidah, ayat Al-Qur’an, Hadits Shahih, kutipan Ulama yang merujuk pada Al-Qur’an dan Sunnah untuk materi konten dakwah.
  2. Membuat konten dakwah yang sesuai dengan syari’at dan LISENSI yang tepat.
  3. Dilarang keras mengambil element, background gambar, maupun video dari PINTEREST (Pinterest bukan situs penyedia aset ya, hanya sebagai inspirasi ide)
  4. Bebas membuat karya apapun untuk berdakwah seperti poster, typography, video, ilustrasi, hand lettering, dan juga kufi. Hanya saja untuk bagian kufi sebaiknya kita hindari untuk membuat kufi menggunakan ayat Al-Qur’an, dan selain dari itu bebas.

Peraturan ini wajib diikuti saat setoran tugas wajib bulanan, challenge, story of the Day (SOTD) maupun yang berkaitan dengan Akhwat Creative Project.

Jika di luar ACP, maka ACP berlepas diri dan itu bukan menjadi tanggung jawab ACP lagi.

Benefit Menjadi Anggota ACP

Komunitas desain grafis

Apa sih benefit yang kita dapatkan ketika bergabung bersama komunitas desain grafis ACP? Saya akan menyampaikan manfaatnya berdasarkan versi saya:

  1. Menemukan wadah yang tepat untuk belajar desain grafis berbasis smartphone khususnya android yang nyaman, karena semua anggotanya muslimah.
  2. Karena di sini untuk contoh project bersama adalah konten dakwah, jadi sekalian belajar desain, belajar diinul Islam juga. Sebuah nilai plus bagi saya.
  3. Teman-teman muslimah di sini pinter-pinter dan InsyaAllah shalihah, vibesnya positif semoga nular ke saya.
  4. Adminnya sabar dan teliti. Saat koreksi tugas dikasih clue sampai finalnya bagus.
  5. Jadi tau trend di dunia desain grafis, jadi bisa sebagai bekal juga untuk mengaplikasikannya dalam project pribadi saya.
  6. Karena terhubung dengan komunitas desain, kalau penasaran atau ingin tau sesuatu tentang desain grafis, ada wadah untuk bertanya.
  7. Saya secara literasi desain alhamdulilah lebih paham sekarang daripada dulu. Kalau melihat jenis desain tertentu jadi bisa mengenali. Yang model kayak gini jenis flat, icon, ilustrasi, 3d, atau karya AI. Yang gini pake efek apa, jadi lebih tau juga.
  8. Karena mengerjakan tugas wajib, jadi lebih menyadari kesalahan dan kekurangan saya dalam membuat sebuah karya.
  9. Ada Challenge berhadiah membuat desain biasanya saat moment khusus. Hadiahnya akses canva pro satu bulan
  10. Desain story yang bagusa akan dijadikan SOTD (Story of The Day). Oh ya update IG ACP yang rutin biasanya via story. Di instastory ACP adalah hasil karya member ACP yang lolos kurasi.
  11. ACP kadang mengadakan kelas desain kolaborasi berbayar dengan coach desain di bidangnya. Misal kelas CapCut. Ada special discount untuk member ACP.
  12. ACP mengadakan webinar berkala. Bulan ini saya mengikuti yang tema Produktivitas Muslimah dari Rumah. Free loh.
  13. Di ACP banyak entrepreneur di bidang desain, kadang ada sesi sharing tentang usaha jasa desain seperti cara menentukan rate, handle klien, jenis file, mengatur waktu, dan lainnya. Hmm, diam-diam saya kepingin juga. Anak saya tiap pulang dari pondok ngerjain project desain pesanan teman-temannya, saya mah kalah. Dari dulu pingin aja, banyak takutnya.
  14. Nyaman, banyak inspirasi, terus bertumbuh, berusaha lebih baik, saya rasa itu sudah cukup menggambarkan mengapa ACP bermanfaat dan membuat betah.

Utak-atik Desain Biar Makin Mahir

Saya ingin berbagi sedikit tentang kesan saya saat mengerjakan tugas desain di ACP. Membuat desain grafis bagi yang sudah pernah ikut kelas desain terutama, akan terlihat mudah.

Ketika ditunjukkan contohnya dan video tutorialnya, aah keciiil, gampang deh kayaknya. Ehh tapiii...setelah praktek sendiri, lha kok salah muluu. Dan salahnya bukan karena kak admin nyari-nyari kesalahan, tapi memang karena teliti, dan saya, kami member ACP angguk-angguk aja, bener kok bagian itu salah atau kurang gimana gitu.

Untuk tugas yang tinggal nyonto dan harusnya mudah ternyata masih banyak teman-teman dan saya sendiri yang perlu perbaikan. Bagian-bagian yang biasanya salah, kurang tepat dia antaranya:

  • Ukuran kanvas, harusnya pake size story, pake size feed.
  • Background kurang menutupi kanvas
  • Background tidak sesuai dengan elemen
  • Elemen tidak match dengan materi konten
  • Elemen terlalu rame. Desain minimalis lebih terlihat profesional
  • Layout/tata letak kurang balance
  • Font yang huruf T kecilnya menyerupai salib biasanya diminta ganti
  • Shadow kurang ngeblend
  • Opacity perlu diturunkan
  • Warna dilihat kurang sesuai (feelnya bener tapi bingung juga mau gimana ngematchinginnya. Color wheel belum menguasai)
  • Perpaduan font kurang serasi (ini bingung juga, soal font memang butuh jam terbang. Atau amannya pake font yang sudah umum saja. Lagi-lagi Poppins, Monserrate, Anton, dan League Spartan jadi andalan haha)
  • Dan yang sepele seperti typo materi konten saja masih banyak.
  • Tata letak kerapian tulisan juga dikoreksi. Rata kanan, kiri, atau tengah baiknya. Kadang ada kata yang lebih baik geser ke baris bawahnya
  • Posisi watermark, sumber materi konten, judul, harus rapi juga. Ini masih banyak yang suka terlalu mepet atas, bawah, atau samping kanan kiri.
  • Ukuran font, ini kelihatan sepele tapi kalau antara font satu dan lainnya ada yang terlalu besar juga nampaknya kurang rapi.

Itu di antara beberapa faktor dalam desain grafis yang harus diperhatikan. Member ACP berlatih terus membuat desain agar komposisinya bisa enak dilihat like pro.

Desain yang enak dilihat ternyata membutuhkan berbagai penyesuaian dan latihan.

Membuat desain grafis yang bagus membutuhkan banyak latihan. Peran pendamping dan komunitas sangat besar untuk bisa menjadi desainer grafis dengan cita rasa pro meski sebenarnya hanya menggunakan handphone.

Tertarik Bergabung dengan Akhwat Creative Project?

Saya sudahi sampai di sini cerita tentang komunitas desain grafis smartphone khusus muslimah, Akhwat Creative Project ya, teman Fillaah. Semoga cukup memberi gambaran tentang dunia desain grafis yang dinamis ini.

Gimana, apakah kamu juga tertarik untuk mengasah skill desain grafismu bersama Akhwat Creative Project? Jika ya, pantau terus Instagram ACP ya. Kalau ingin bertanya, boleh drop komen di bawah. Insya Allah akan saya jawab. Terima kasih telah menyimak.


2 comments

Ingin memberi tanggapan atau saran? Silahkan drop di comment box. Terima kasih!
  1. Pengeeeen .... Kemarin baru mikir kok aku kek mentok ide buat ilustrasi atau infografis, ya. Keknya butuh belajar lagi. Eeh, ini kalau buat pemula kelas belajarnya dari dasar kan ya? Cuzzz aah, kepoin IG APC . Makasih infonya ya, mbak 🤗

    ReplyDelete
  2. Hmmm sudah terjawab pertanyaanku mengapa mb Liha desainnya bagus-bagus. Ternyata karena ini hihi. Duh kok pengen join juga ya mb. Keren juga sistemnya bisa detail gitu, meski founder nya nggak di Indo. Tolong share infonya lagi ya. Ditunggu.

    ReplyDelete